Sehat Ala Chika ^^

7:26:00 AM


Sehat itu Mahal
J Pendapat yang satu ini ternyata bener banget. Bayangkan saja jika kita sakit, harga berobat ke rumah sakit berapa? Beli obat berapa? Belum lagi untuk perawatan dan pemulihan tubuh. Mungkin sebagian dari kita menganggap remeh pentingnya kesehatan, tapi kalo kita udah mulai sakit, baru deh kita menyesal karena tidak menjaga dan mengabaikan begitu saja kesehatan tubuh kita. Namanya juga manusia ya^^ sering lupa hehee

Ada hal-hal kecil yang kadang terlewatkan dalam kehidupan kita. Semua itu ternyata dimulai dari kebiasan-kebiasaan kecil yang ternyata berdampak buruk bagi tubuh kita. Mulai dari makanan yang tidak di jaga, terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak sempat berolahraga, kurang minum air putih dan lain sebagainya. Kebiasaan-kebiasaan buruk ini ternyata sudah menjadi warna hidup kita dan kadang tidak kita sadari. Nah gimana merubah kebiasaan ini? Ya tentunya dengan mengganti kebiasaan itu dengan kebiasaan baik yang bermanfaat^^


Kalau chika sendiri punya kiat-kiat khusus dalam menjaga kesehatan ^^ Menjaga kesehatan itu bukan hanya dengan olahraga berat seperti yang kita bayangkan (seperti aerobic, tinju, sepak bola, volli :p dll). Tapi menurut chika menjaga kesehatan itu meliputi seluruh aspek kehidupan kita, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi ^^ Betul nggak?? Betul aja deh **maksa**


*Mulai dari bangun tidur, chika biasanya bangun pagi (sebisanya sebelum subuh) agar tubuh terasa segar^^ jangan lupa gosok gigi, biar kuman-kuman di gigi pada kabur :p. selanjutnya berolahraga ringan di teras rumah, misalnya senam, lari-lari kecil, atau sekedar jalan santai di kompleks sekitar rumah. Meski kelihatan sepele, tapi ternyata ini bisa membuat tubuh lebih segar untuk menjalankan aktifitas kerja kita yang seabrek. Apalagi untuk pekerja kantoran yang pergi pagi pulang petang, gx punya waktu untuk olahraga, jogging dan jalan santai bisa jadi alternatifnya^^

*Setelah olahraga ringan, yang perlu diperhatikan adalah Makanan dan Minuman.
Pertamanya, sarapan pagi. Nah yang satu ini jangan sampai terlewatkan, walaupun hanya segelas susu dan roti (ala chika) tapi sangat bermanfaat untuk stamina kita dalam melakukan aktifitas. Apalagi yang aktifitasnya butuh banyak tenaga dan pikiran. Contohnya aja pelajar, kalo gx sarapan pagi, biasanya suka menguap di kelas saat Ibu Guru lagi menjelaskan pelajaran^^.


*Selanjutnya Makan Siang yang Bernutrisi,
di zaman yang serba instan ini, kebanyakan dari kita lebih memilih makanan cepat saji yang memang sih kelihatannya enak, tapi punya efek kurang baik bagi tubuh kita. Kita mengabaikan nutrisi tubuh, kita Cuma berfikir makanan enak dan cepat^^ Gx mesti mahal kok, dengan lauk ikan, sayur, buah toh sudah lumayan :D . begitu juga dengan makan malam, karena keletihan bekerja kita lebih memilih untuk tidak menyantap makan malam atau menggantinya dengan ngemil atau makan gorengan. Lalu apa yang akan dicerna oleh tubuh kita kalau kita tidak makan?? ^^ Mari pikirkan bersama …


Oh ya... Air putih juga jangan sampai ketinggalan. Yang satu ini biasanya tak pernah lari dari tas chika^^ hehee.. abisnya bisa dehidrasi kalo kekurangan minum air putih. Karena 2/3 bagian dari tubuh kita terdiri dari air, jadi air merupakan elemen yang sangat penting dalam tubuh kita. Setiap hari kita kehilangan 1,5 liter air melalui kulit, paru-paru, dan ginjal(sebagai urine atau air seni). Hilangnya air dalam tubuh harus diganti dalam jumlah yang cukup, jadi tubuh akan terlindungi dari keletihan, sakit kepala, kulit yang kering dan mood buruk. Nah kalo sahabat mulai badmood atau bawaannya mau marah, cepetan deh minum air putih. Selain menyegarkan ternyata bisa pikiran kita lebih fresh^^ selain itu sebagai pengganti suplemen chika biasanya mengkonsumsi madu dan sari kurma^^, karena emang nggak cocok ama yang namanya obat kimia, bisa-bisa denyut jantungnya gx normal, dan banyak komplikasi lainnya.

*Istirahat yang cukup
jangan mendzholimi tubuh kita dunk, apalagi membiarkan tubuh tanpa istirahat, jahat banget kita ama tubuh kita sendiri :D biasakan istirahat yang cukup, agar tubuh tetap segar,,,^^


*Bersepeda Santai dan Jalan Santai
Yupyyy… nah yang ini favorite chika banget^^
Maklum deh, kocek anek kuliahan, gx punya duit lebih untuk ikut pelatihan senam atau fitness. Jadi cari yang murah, mudah, namun kaya manfaat^^
Pernah chika menerapkan “100 hari jalan kaki”, awalnya sih supaya menghemat ongkos, namun ternyata chika dapat double manfaat^^ selain memang bisa menghemat kocek, chika merasa lebih bugar, karena jalan kaki dari rumah-kampus, kampus-rumah setiap harinya^^ Kolesterol-kolesterol dan lemak-lemak yang menumpuk perlahan berkurang… Nah selanjutnya bersepeda, sekarang dah jarang dikerjain, karena sepedanya rusak hihiii…. Bersepeda bisa dilakukan semua kalangan, karena memang terjangkau. Manfaat-manfaatnya bisa sahabat cari di mbah google deh hihi… mulai dari mengurangi resiko penyakit jantung, menjaga tingkat kolesterol dalam darah, meningkatkan kebugaran dan tenaga dan banyak lainnya deh^^

*dan yang terakhir... kudu jaga lingkungan kita^^ okehh...
jaga dari sampah-sampah yang menumpuk agar bisa terhindar dari penyakit...
biasakan mandi setiap hari, biar kuman-kuman pada kabur...
yuppp Be Healthy, Eat Well, Live Well


Oke… sekian dulu deh cerita chika.. tumben-tumben nih cerita soal kesehatan. Hehee.. abisnya chika ikutan Giveaway di Fanda and Fitness.. Cerita seadanya chika menjaga kesehatan… Kalo sahabat gimana??? Ekekee… silahkan ramein kolom komentar^^

moga aja bisa dapetin The Kite Runner ^^ hihiii....

You Might Also Like

16 komentar

  1. *jaLan2 subuhnya jangan terLaLu jauh sebeLum subuh, nanti bisa dicurigai Pak Hansip.

    *porsi sarapannya disesuaikan porsinya, jangan sampai mentung apaLagi sampe nahbah 3 kaLi. nanti yang ada maLah kekenyangan dan jadi ngantuk

    *sambiL makan siang, banyak minum air putih pake es dan di kasih sedikit sirup biar Lebih segar maknyus.

    *istirahatnya cukup tidur aja, dari siang sampe magrib dan seteLah insya sampai subuh.

    *apaLagi kaLau kemanapun seLaLu jaLan kaki, misaLnya jaLan kaki dari bengkuLu sampe jakarta.

    *sampah2 yang menumpuk hendaknya dibersihkan, yakni di buang ke kaLi.

    ---huahahahahaha---

    saLam sukses untuk kontes "Giveaway di Fanda and Fitness". semoga berhasiL.

    ReplyDelete
  2. yup, setuju... sehat itu mahal >.< ndak kao dah sakit ndak enak dech mau ngapa2in, jadi harus jaga kesehatan diri...

    wah semoga dapet yah give away nya ^^
    semangaaaat ^^

    ReplyDelete
  3. Wah salut tuh ma program 100 hari jalan kakinya!
    And thanks yah udah ikutan giveawaynya...

    ReplyDelete
  4. Kalo saya sepertinya kurang minum air putih.
    Secara di daerahku sini dingin.
    Brrrrrrrrrr :p

    ReplyDelete
  5. huaaaaaaaa....
    Aku bangunnya selalu telat :p
    Gimana nih???

    ReplyDelete
  6. wah.. trik-triknya lumayan keren tuhh.. apalagi jalan kaki!!
    keren....

    ReplyDelete
  7. hhihihhiihih.. hampir semua tulisan chika belum saya jalanin.. moga bisa.. :)

    ReplyDelete
  8. the kite runner bukannya novel lama tentang Afghanistan ya?

    ReplyDelete
  9. wah..sip sip chik...

    semoga menang ya lombanya...:)

    ReplyDelete
  10. @om rame
    - jah ia om, kalo malem2 ,, nanti jadi kalong hihi
    - wakaka.. bisa2 meledak perut chika…
    - hahaa.. sekalian ama es degan om
    - kalo gitu chika nanti bo2 selamanya :p
    - maknyosss om… bisa2 nyampe sana dah tinggal title aja :p
    - moh ahh om…. :p
    makasih om rame.. chik menang^^

    @Inge
    Betul nge…
    Kalo sakit baru deh kerasa
    Makasih ya^^
    Semangat juga buat inge

    @Mba Fanda…
    Hihiii…
    Makasih juga mba
    Sering2 adain lomba yahhhh

    @Yudi
    Iya yah
    Kalo banyak minum
    Bisa2 mau ke wc terus ikikii

    @Blog santai
    Lain kali dibiasaiin bangunnya pagi2 ^^
    Pasti bisa kok

    ReplyDelete
  11. @Return to My Blogg
    Hehee.. makasih yaaa
    Yuk jalan kaki :D

    @Arif Chasan
    Wahh iya yah :D
    Ya moga bisa dijalanin dehh

    @kezedot
    Makasih…
    Salam juga :D

    @millati bae
    Iyah mba … :D

    @Windflowers
    Ekekee..
    Alhamdulillah chika menang mba^^

    @Ra-Kun
    YUuukk :D

    ReplyDelete
  12. :nyimak: hm.... baca aaah~~ haha

    ReplyDelete
  13. @rizky
    silahkannnn hehheee

    @Ra kun
    makasih dah berkunjung^^

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)

Instagram

IBX583D9E221356E

Like us on Facebook

Flickr Images