Follow Us @riafasha

Saturday, December 18, 2010

Catatan Pencarian Jalan Pulang


Rinai mengakhiri penghujung tahun
Dalam diam diri menghitung-hitung perjalanan selama ini
Adakah kealpaan semakin alpa
Atau nista semakin meraja
Tidak… semoga !!
Hidup adalah sebuah perjalanan, tempat persinggahan menuju rumah abadi. Ibarat kita ingin melakukan sebuah perjalanan yang panjang. Hidup di dunia ini adalah tempat mempersiapkan segala kebutuhan-kebutuhan yang akan kita perlukan di perjalanan nanti. Bayangkan jika kita tidak mempersiapkan apapun J apakah yakin perjalanan kita itu akan lancar tanpa hambatan??? Atau malah menemui berbagai rintangan yang itu tak akan kita ketahui. Namun sebaliknya jika kita sudah mempersiapkan segala bekal itu, InsyaAllah semuanya akan berjalan seperti yang kita inginkan…!! Lalu sejauh mana persiapan sahabat??? Sudah siapkah ketika kereta terakhir itu menjemput?? Wallahualambishowab J chika pun tak tahu, apakah chika sudah siap atau tidak. Padahal kereta itu mungkin akan tiba-tiba menjemput kita.
Tak terasa Tahun baru Hijriah sudah berjalan perlahan tapi pasti, dan Tahun Baru Masehi sebentar lagi kita temui. Memang sangat tak terasa, begitu saja kesempatan untuk mempersiapkan bekal di dunia ini berkurang 1 tahun. Yang kecil  menjadi remaja, yang remaja menjadi dewasa, yang dewasa menjadi tua. Dan banyak di antara kita yang telah mendahului menjumpai Sang Pemilik Arsy.
Begitupun chika, sebagai salah satu hamba Allah yang diberi kesempatan untuk hidup hingga saat ini. Di umur 20 tahun ini, harusnya sudah cukup menjadikan diri lebih matang, lebih pintar untuk melihat perjalanan yang singkat. 20 tahun bukanlah waktu yang pendek untuk menjadi sebuah pembelajaran. Namun, begitulah manusia, gudangnya salah dan khilaf. Semoga kesempatan yang tersisa nanti bisa menjadi media perbaikan diri.
Sebagai manusia yang diberikan fikiran dan hati harusnya banyak hikmah dan pelajaran yang didapatkan selama 1 tahun ini. Karena tidak mungkin semua kejadian itu terjadi tanpa ada kehendak Allah disana. Berawal dari sebuah mimpi dan keyakinan, apapun akan bisa kita capai, asal Allah meridhoi. Yupp!! Chika percaya itu, Karena chika telah merasakannya sendiri.
Diam-diam chika bermimpi ingin mempunyai usaha digital printing sendiri. Setelah diutarakan dengan teman-teman yang lain, mereka selalu bilang “selesaikanlah kuliahmu, jangan terlalu banyak bermimpi, cukuplah habis kuliah jadi PNS”. Kalo boleh “ngudek-ngudek” isi kepala mereka, chika pengen udek-udek -.-‘ Tapi, Allah membantu untuk membuktikannya, ada-ada saja jalan yang terbuka ^^ mulai dari dipertemukannya dengan orang-orang hebat, hingga kesempatan mendapatkan dana hibah dari Kopertis Wilayah II sebesar Rp. 35 juta untuk membangun sebuah unit usaha mahasiswa J Lalu semua orang terkejut, ini bukan hanya mimpi anak kuliahan, tapi ini adalah buah mimpi akan tekad dan keyakinan. Walau belum besar dan alat-alatnya belum lengkap J  chika yakin usaha ini akan maju. InysaAllah. Yang perlu diperbaiki hanyalah keseriusan dan kedisiplinan yang selama ini agak kurang. Maklum, anggota usaha yang namanya “J Design Printing”
ini semuanya mahasiswa, jadi kalau semuanya kuliah, walhasil tokonya terpaksa ditutup hehehe >.< Promosi juga harus terus ditingkatkan…. Karena mungkin ada mahasiswa yang belum tahu, kalo dikampus ada usaha design printing, yang menerima pesanan (mug, pin, spanduk, piagam, kartu undangan, kartu nama, kartu anggota, id card, juga ada jual pulsa, rentalan, jual alat tulis dsb) **nah lho ini sekalian promosi** hehee :p
Namun chika tidak akan melupakan mimpi untuk menjadi seorang guru ^^ karena ini adalah panggilan hati yang tak akan chika tinggalkan. Bukankah keren ya guru yang jadi pengusaha?? Amin… hehehe..
Alhamdulillah, berawal dari pelajaran English For Young Learners (EYL) cerita nya disini. Chika dan teman-teman membuka sebuah course kecil-kecilan^^ namanya ABaTa Course. Selain mengajarkan Bahasa Inggris, juga mengedepankan pendidikan Islam yang sekarang sudah semakin tergerus. Semoga Course ini bisa berlanjut sampai menjadi sebuah course yang besar. Amin…
Namun, ada beberapa hal yang mesti kami pikirkan bersama, diantaranya masalah tempat yang masih menjadi kendala, karena masih menggunakan tempat kost temen wkekee… semoga dana bisa terkumpul untuk mendirikan course beneran^^
Alhamdulillah juga, siaran di Radio masih lancar-lancar saja. Cita-cita chika untuk ikut Lomba PKM di Palembang tercapai baru-baru ini, mendapatkan juara II. Dan berharap Tahun Depan Kembali terpilih untuk menjadi salah satu perwakilan kampus mengikuti MTQN Mahasiswa di Makasar ^^ (karena tahun 2009 lalu chika mewakili MTQ ke Aceh)
Sebenarnya banyak hal yang masih ingin diceritakan, tapi kepanjangan gx ya??? Kalo gx, ya lanjuuut!! Ternyata bukan hal yang seneng-seneng aja yang chika dapatkan ditahun ini L
Ada juga kejadian-kejadian yang membuat hati miris jadinya. Chika ternyata terlalu sibuk dengan urusan-urusan chika, yang akhirnya mengabaikan sosialisasi dengan teman-teman. Baru terasa akhir-akhir ini, banyak teman yang sedikit menjauh,L bukan menjauh sih, tapi memang sepertinya tak ada waktu untuk bertemu.. hikss L Begitu juga dengan keluarga, chika merasa dzolim dengan keluarga, karena sedikit sekali waktu yang chika gunakan untuk menyenangkan ayah, ibu, membantu adik-adik .
Chika juga merasa makin menjauh denganNya. Banyak malam yang terlewatkan walau hanya sekedar untuk curhat denganNya. Diri kadang terasa begitu hampa, merasa sendiri dalam keramaian. Itu mungkin disebabkan dengan aktifitas yang banyak lalu tidak bisa mengatur waktu >.< semoga Tahun depan tidak seperti ini lagi… jadi sangat merasa bersalah, ketika waktu untukNya tersita oleh kegiatan dunia.
Di akhir cerita ini ada sebuah harapan yang besar dari sekian banyak pencapaian dan kelemahan yang chika hadapi. Semua hal ini Allah ridhoi, karena tanpa ridho Allah semua yang telah dilakukan selama ini percuma.  Berharap tahun depan, mimpi-mimpi yang chika list, satu persatu diijabah oleh Allah. Dan semua kesalahan yang ada perlahan akan chika tambal agar menjadi Indah.  Amin….

sebenernya tulisan ini mau diikutkan di lomba K.U.M.A.T di blogcamp ..tapi ternyata chika salah liat... jadi telat mau ikut lomba... yo wisss..^^ diposting aja tulisannya kan sayang heheee

4 comments:

  1. Sayang gak diikutkan di KUMAT, padahal keren abiz.!

    ReplyDelete
  2. huwaaaaa telat yah say... >.<
    banyak hal bisa diambil dari tulisanmu ini... salah satunya untuk terus belajar dan berusaha, walau mungkin banyak orang disekeliling kita yang coba mengecilkan hati kita

    semangaaaaat chika ^^/

    ReplyDelete
  3. @inge / cyber dreamer
    iyah nge telattt >.<
    hue huee...
    tak apalah sambilan belajar nulis
    alhamdulillah kalo ada yang bisa diambil^^

    semangat!!!

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)