Hanya ada Dua Tipe Manusia

9:22:00 AM


Ada yang pernah dengar ungkapan judul di atas. Apa hayooo yuupp anda benar, kalo yang pernah nonton my Name is Khan pasti inget kata-kata ini

Di dunia ini hanya ada 2 jenis manusia. Manusia baik dan manusia jahat. (My Name is Khan)
Kali ini bukan ingin membahas Film My Name is Khan lho :p hanya mengambil kutipannya saja, karena film ini dah lumayan lama. Chika cuma teringat aja, dan tergerak untuk sedikit mengulasnya dengan gaya chika yang semaunya hahaa (*biasanya juga semaunya aja*)

Kutipan di atas, sepenuhnya chika setujui. Manusia itu cuma ada dua
Yang Jahat
dan Yang Baik....
sedangkan agama, etnis, suku, harusnya tidak menjadi alasan untuk sebuah perbedaan, Apalagi di Indonesia yang memang manusianya beraneka ragam.

Kenapa tiba-tiba mau membahas ini??? pasalnya pagi tadi secara tidak sengaja melewati dua orang yang sibuk saling menghujat agama masing-masing :(

Please deh!! Harusnya agama bukan lagi jadi perdebatan. Keyakinan itu masing-masing. Jadi jangan saling memusuhi, menghujat, apalagi saling mencaci Kepercayaan dan keyakinan masing-masing... toh Negara aja menjamin kebebasan beragama.. asal aja jangan jadi orang gx bertanggung jawab, seenaknnya mengganti tata cara beragama yang udah ada...

jangan sampai pikiran-pikiran Adolf Hitler yang tega membantai kurang lebih 6 juta kaum Yahudi .. atau tragedi pembantaian kaum muslim Bosnia Herzegovina pada tahun 1995 terjadi lagi...
atau teman-teman blogger masih ingat perang suku yang terjadi di Negara kita sendiri...
Tragedi Sampit (Dayak vs Madura) semoga tidak ada lagi hal-hal seperti ini :(

Kita harus berhati-hati dalam kata dan perbuatan kita. Kadang Pemicu nya hanyalah masalah sepele. Tapi masalah agama, adalah masalah keyaninan, dan semua orang bisa sensitif karenanya. Jadi kalau bisa dihindarkan deh perdebatan-perdebatan seperti ini :( kecuali dialog antar agama yang tujuan nya memang untuk mempererat persatuan dan kesatuan.. setuju gx sihh??

Hmmm... untunglah masalah-masalah seperti ini belum pernah terjadi ama chika...
Walaupun chika juga punya banyak teman beda agama...

Jadi inget si Rudi Lau :p
hehe temen SD penganut Budha yang taat, ternyata dia malah lebih menghormati chika sebagai seorang Muslim, waktu main ke rumahnya karena ada tugas bersama. Dia malah tidak memberikan makanan yang ada dirumahnya, dibelikan makanan diluar gitu :D katanya ingin menghormati tatacara Islam dalam makanan. Takutnya tidak standar Islam begitu... (padahal waktu SD chika belum ngerti masalah begituan) hahaa...

Trus juga Inget Natalie dan Carent
Temen se-SMP penganut Kristen yang taat.
Biasanya setiap hari kalau waktu dzuhur tiba, guru Agama mulai heboh koar-koar yang muslim disuruh sholat berjamaah dimasjid. nah chika malah ngumpet biar bisa main bola >.< Tapi... Natalie dan Carent malah marah-marah ke chika... bilangnya gini "Kamu ini katanya Islam, Sholat sana... nanti masuk neraka " (nah lho...) akhirnya karena malu chika ikutan juga sholat berjamaah hahaaa... *dasar bandel*

Nah ada juga Beli Wayan
Seorang teman yang ditemui saat Jumbara Nasional di Palembang, Asli Bali dan Penganut Hindu...
Sewaktu di Stadion Jaka Baring, chika kesusahan mencari masjid untuk sholat, karena luasnya stadion, jadi gx tau letaknya dimana. Beliaulah yang membantu mencarikan masjid wkekee

dan mereka semua nya adalah orang baik.. tanpa harus melihat Agama atau sukunya^^

Kalau sahabat blogger yang lain??? punya pengalaman tidak enak soal perbedaan agama???

Semoga tidak ya :) jangan sampe deh.. memecah-memecah kita...

You Might Also Like

22 komentar

  1. daku tipe yg baikkk dunkkkk ;) xiixix

    ReplyDelete
  2. yang komen di atasku: amiiiinnn...amiiinnn...amiiinnnn

    ReplyDelete
  3. Konflik sampit itu kayaknya antara dayak-madura.
    Dulu pakies justru 5 tahun pernah ngajar di SMA Katolik, merekapun sangat menghargai. Lakum dinnukum waliyaddin

    ReplyDelete
  4. setuju....btw, pengumuman pemenangnya ntar malam aja deh. Chika sptnya menang nih. siap2 kasih alamat lengkap, no telpon dan nama jelas ya.

    ReplyDelete
  5. wah temen2 mbak chika semuanya pada baik2 ya... walaupun beda agama, semuanya pada punya toleransi yang besar..

    ReplyDelete
  6. Iya Chika setuju banget...
    Oia,, Sampit itu kalo nggak salah Dayak Vs Madura kan.. hehehe

    ReplyDelete
  7. saya pilih jadi orang baik :D

    ReplyDelete
  8. Asyiknya jika kita bisa hidup rukun dg teman2 yang berbeda agama dg kita...

    ReplyDelete
  9. Asyiknya jika kita bisa hidup rukun dg teman2 yang berbeda agama dg kita...

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah punya teman yg beragama Hindu/Budha...

    ReplyDelete
  11. Tq ya sudah ngasih komentar, padahal blognya belum launching nich nunggu tanggal 5 januari.

    Tapi nggak apa-apa Tq bangets friend. Mie Instan Versus Sendala Jepit Reborn kembali.

    Koreksi "Tragedi Sampit (Dayak vs Maluku) semoga tidak ada lagi hal-hal seperti ini :("

    Bukan Dyak Vs Maluku, tapi dayak Vs MAdura. Maklum ane orang asli Sam[it hehehe :)

    ReplyDelete
  12. yupz.. kata-kata ibunya rizwan kha emang bener.. hehe.. :)

    sampe sekarang alhamdulillah gak pernah ngalamin konflik agama.. :) n moga jangan deeh.. :)

    ReplyDelete
  13. bener koreksi si pakies, peristiwa sampit itu antara Dayak dan madura :) btw soal perbedaan keyakinan memang menyangkut hak azasi setiap manusia. Sma aku dulu juga dari beragam suku dan agama, tapi kita selalu bersatu n gak pernah ngungkit2 mslh keyakinan masing2. Semoga kita semua selalu menyunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

    ReplyDelete
  14. kalo temen yang beda keyakinan banyak...tapi Alhamdulillah masih bisa rukun

    ReplyDelete
  15. di facebook sering terjadi rusuh antar agama..

    ReplyDelete
  16. @liekasim
    Amin juga :D

    @Djangan Pakies
    Ehh iya pak ies chika salah tulis wkekee…
    Wahh pengalaman yang luar biasa yah^^

    @Sang Cerpenis bercerita
    Yupp
    Hehe dah chika lihat mba dan dah dikirim alamatnya
    Makasih mba^^

    @saidiblogger
    Yupp Alhamdulillah bisa punya teman2 seperti itu :D

    @ajengdewie
    Yupp
    Ehh iya jadi malu salah nulis :D

    ReplyDelete
  17. @fb
    Chika juga :D

    @catatan kecilku
    Iyah mba emang asyik^^

    @the others....
    Hehee kalo chika dah lumayan banyak^^

    @Indahnya Kebersamaan
    Ha baru launching tanggal segitu :D
    Okeh chika tunggu
    Ehh iyah maaf chika salah ketik :D

    @Arif Chasan
    Semoga gx terjadi lai hal2 kayak gitu^^

    ReplyDelete
  18. @waroeng coffee
    Ehh iyah doohh jadi malu nih salah ketik wkekee…
    Yupp/./ jangan saling mengusik keyakinan masing2
    Jalani aja :)

    @bippi
    Syukurlah kalo begitu^^

    @TUKANG CoLoNG
    Wahh yang bener?? Bahaya tuhhh

    @Lone Fighter
    Siip setuju banget^^

    @mbah jiwo
    Apanya yang berat mbah :D

    ReplyDelete
  19. aku mau jadi manusia baik aja Tante!!!

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)

Instagram

IBX583D9E221356E

Like us on Facebook

Flickr Images