Follow Us @riafasha

Sunday, March 6, 2011

Kuliah Tahsin

assalammualaikum^^
siang semua...
bingung ni chika mau cerita dari mana hehee...

Pagi ini seneng banget, karena chika memulai perkuliahan pertama.. eh bukan nya chika lagi nyusun skripsi ya? hee iya.. tapi ini kuliah yang lain :D yaitu kuliah membaca Al-Quran.. tahsin ini bisa dikatakan ilmu membaca Al-Quran mulai dari makhorijul huruf, tajwid dll.
kenapa mau ikutan kuliah tahsin??? bukannya dah bisa baca Al-Quran...

hmm.. begini... kebanyakan dari muslim dan muslimah merasa telah bisa membaca Al-Quran itu sudah cukup, padahal kita belum tahu apakah bacaan kita benar atau tidak. Sebagian dari kita bahkan melalaikan Al-Quran sebagai sebuah bacaan dan pedoman hidup. hayoo... satu hari berapa suratkah yang kita baca???

Tadi sempat ngedenger ceramah ustadz nya yang menyinggung QS Al Furqan ayat 30
dan Rasul (Muhammad) berkata." Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al-Quran ini diabaikan"
ternyata Al-Quran telah memprediksikan bahwa kaum muslimin nantinya akan mengabaikan Al-Quran itu, baik mengabaikan untuk membacanya, mempelajarinya bahkan mengamalkannya.

Seorang sahabat bertanya, "Kenapa harus belajar tahsin, bukankah yang lebih penting kita membaca dan mengamalkannya." Ya pernyataan itu benar, tapi bagaimana mungkin kita bisa menikmati bacaan kita jika tidak membacanya dengan benar. malah mungkin arti ayat-ayat yang kita bacakan malah berbeda. Begitu juga ketika kita merasa begitu bosan dan letih ketika membaca AlQuran padahal baru 1 lembar, hal ini disebabkan oleh bacaan kita yang belepotan. -.-' aduh malu banget chika ama diri sendiri...

Alhamdulillah berkat informasi seorang teman, chika dengan semangat mendaftar, eh taunya harus test dulu, biar bisa dibagi, kita masuk level berapa, level dasarkah, atau level yang lebih tinggi... setelah di tes chika taunya bacaaan chika selama ini masih banyak yang salah ckckck... dan akhirnya masuk level...... *rahasia ah.. malu hehe....
Ustazahnya menyampaikan apabila kita telah lulus level tahsin, maka bisa lanjut ke level talaqi dan tafidz.. subhanallah... ^^ Semoga perlahan-perlahan chika bisa menghafal Al-Quran amin ya Allah..Semoga dimudahkan... karena malu banget chika >.< Ngaku muslim tapi kok gx cinta dengan Al-Quran...

Yuk sama-sama memperbaiki bacaan Al-Quran kita, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. :) InsyaAllah jika niat kita baik maka akan dimudahkan... sebelum ngeblog gx ada salahnya baca 1 halaman Al-Quran, InsyaAllah ngeblognya jadi barokah... amin...^^


Rasulullah SAW bersabda:
"Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya" (HR. Bukhari)


*terimakasih teman-teman yang sudah menyemangati :) kepenatan itu berangsur menghilang, dan chika telah menemukan obat paling mujarab atas semua itu :)  

28 comments:

  1. Assalamualaikum dik...

    hmmm.. nah loh... aku jadi malu nih, ngerasa klo baca al quran masih belepotan... hiks...

    nanti aku kuliah tahsin sama dik chika saja ya....

    ReplyDelete
  2. Subhanallah, jarang-jarang ada yang berkeinginan mengikuti tahsin Al Qur'an di masa kini.
    Semoga kita dimudahkan dalam mengenal, dan mencintai AL Qu'ran sehingga kita bisa merasakan dengan benar setiap dialog dengan Al Qur'an pada dasarnya adalah penempatan diri kita di dalamnya.

    ReplyDelete
  3. asalamualaikum ..

    heu heu .. apalagi saya .. kenal TUhan aja baru kemarin sore.. semakin semangat untuk belajar..

    T_T ... *malu*

    ReplyDelete
  4. makin banyak aja nih blogger yang ngelarin skripsi.. :)

    ReplyDelete
  5. sama kayak si tukang colong... rupanya makin banyak blogger yang lagi sibuk skripsi... :(

    ReplyDelete
  6. mksih yah udah berkunjung...
    kuliahnya hebat.,,,tapi sayang yah ,masih banyak yang melupakannya...

    ReplyDelete
  7. Wah..bagus tuh Non, jangan kayak Bang Pendi ! baru bisa baca Alif, Ba, Ta....aja dah sombong...hehehe

    ReplyDelete
  8. Salam kenal yah, sdh lama ingin bisa belajar baca Al-Quran dengan baik dan benar, enak banget kl dengar2 Murottal jadi ingin bisa spt itu, tapi belum dapat tempatnya.

    ReplyDelete
  9. anak muda yang langka... :D

    ReplyDelete
  10. yups, Alquran adalah Obat dari segala masalah, semangat terus ya chika tahsinnya..

    ReplyDelete
  11. waaaaah Al-quran itu penenang relung hati paling dua jempol deh ;D ayo semangat chika.

    ReplyDelete
  12. Hehe jadi malu sendiri *ngumpet di bawah kasur* Semangat ya! :D semoga semangatnya menular ke anak muda yang lain.

    ReplyDelete
  13. aku juga pengen Chika, hapal Al-Qur'an

    ReplyDelete
  14. wah wah....
    hebat!!! sekarang ibadahmu sungguh mulia sekali chika.....!!!

    dan chika, aku jadi inget curhat seorang sahabat yang berjalan2 ke jawa timur mampir ke salah satu pesantrennya...
    disana dia mengikuti kelas baca quran...
    dan kamu tahu surat apa yang dibaca ??
    al fatehah... dan ternyata,
    semua orang (aku yakin) belum benar2 bisa membaca al fatihah yang tepat...
    itu aja ternyata memakan waktu lebih dari satu mnggu untuk bisa lulus al-fatihah...
    wow!!1

    chika.. semangat yah!!!

    ReplyDelete
  15. wow, Chika keren bangeeeeet
    belajar al quran!!!

    iri deh

    ReplyDelete
  16. vote for chika :)
    dukung chika supaya cepat hafal ya

    ReplyDelete
  17. duuh diingetin lagi kalo emang kudu belajar Quran.. iya, saya ngerasa masih lemah di tajwid, di tartil.. gitu2 masih kuraang >.<

    ReplyDelete
  18. Assalamualaikum!
    Senanhg saya dengernya! semoga ada banyak orang yang seperti anda dizaman ini! bukan hanya dari daerah anda tapi dari semua daerah dan kalangan didunia.

    ReplyDelete
  19. ada kuliah tahsin online tidak?

    ReplyDelete
  20. betul chika, trus guru ngaji aku pernah bilang kalau kita salah mahroj hurufnya atau salah panjang pendeknya artinya juga bisa salah

    ReplyDelete
  21. Assalamualikum..
    Jangan pernah berhenti untuk masalah satu ini, karna bukan buat siap2 melainkan buat bekal kita...

    ReplyDelete
  22. berkunjung lagi (ada posting baru di blogku)

    dan tetap semangat belajar quran-nya

    ReplyDelete
  23. wooww,
    keren ya chika, masih mw blajar tahsin.
    Klo d kmpus aku, tahsin diberikan cuma2 sewaktu tingkat pertama. Seminggu bs 3x tergantung ustadz atau asistennya..

    tapi ketika masuk tahun ke dua, aku jga mulai ketinggalan dengan kuliah ini, karena biasanya malam hari atau start setelah maghrib.
    Jadi merasa malu2 bnget klo ternyata cika yg udah mw skripsi aja masih ikutan tahsin..

    ReplyDelete
  24. @Nyayu Amibae
    Waalaikumsalam mba^^
    Hihii kita jadinya sama2 malu donk :D
    Hehe.. chika juga masih belajar kok, yuk belajar sama2 :D
    @Djangan Pakies
    Yup semoga dimudahkan
    Chika pengen banget bisa mencintai Al-Quran seperti mencintai diri sendiri pak ies

    @Brigadir Kopi
    Waalaikumsalam
    Harus memanfaatkan waktu kita sebaik2nya^^

    @TUKANG CoLoNG
    Hehe iya yah dirimu juga lagi nysuun skripsi^^

    @Noeel-Loebis
    Ya dunk kudu semangat^^

    @f4dLy :)
    Yup sama-sama
    Biar gx lupa mari sama2 mengingatkan

    ReplyDelete
  25. @Noor's blog (inside of me )
    Hihi bang pendie merendah nih

    @tien honey
    Banyak kok mba kalo mau belajar^^
    Bisa online juga

    @Eks
    Hihii langka apanya nih

    @Nadia Meutuah
    Yup harus semangat dunk^^

    @☺☺☺
    Iyah gx bisa ada yang bisa nenangin selain itu^^

    @Nutrisi
    Eh ngapain ngumpet chika juga baru belajar kok

    @Ajeng Sari Rahayu
    Yupp yuk sama2 berlomba2 hafal alquran^^

    ReplyDelete
  26. @W i e d e s i g n a r c h
    Amin semoga diterima amalan ini^^
    Yup.. chika aja mulai belajar lagi kayak baca iqro gitu^^
    Hehee.. banyak makhrojal huruf kita yang salah

    @Elsa
    Hehe semua orang bisa mba melakukannya^^
    Asal mau

    @Lidya
    Amin.. makasih banget semangatnya^^

    @Gaphe
    Iyah.. karena hidup ini pasti akan berakhir ^^

    @Anak Shaleh
    Waalaikumsalam..
    Dohh chika kok jadi rasa dipuji2 gitu hehee
    ^^ jadi malu
    Padahal masih belajar :D

    ReplyDelete
  27. @r10
    Sepertinya ada, ntar coba chika tanyain ya

    @Celotehan
    Yupp.. itulah pentingnya belajar dengan benaR^^

    @IbuDini
    Iya,bu,,, karena tak ada yang bs dibawa selain amalan kita

    @tito Heyziputra
    Chika dulu juga pernah belajar tahsin lewat sebuah organisasi
    Tapi gx kondisif karena ustazahnya jarang dating
    Tidak ada kata terlambat untuk belajar :)

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)