Membaca Biografi Kartini

8:18:00 AM

membaca figura cakrawala dalam sejarah buku-buku berdebu
menyibak kenangan lusuh yang terlupa
pada olesan makeup menor
membongkar selaksa ketakperdayaan masa lalu
sembari mengenang revolusi yang pernah hinggap
dalam lipatan kening berminyak


membaca biografi kartini
kita menyaksikan berjuta harap telah terangkai
pada teriakan serak ibu di dapur, memutar keangkuhan menara diskriminasi
hingga di seantero dinding kota dan real etalase
yang terpampang hanyalah emansipasi
spanduk-spanduk mengetik pada koran dan media massa
dahsyat tenggelam dalam semangat kebebasan


membaca biografi kartini
mendengar kesaksian anak negeri yang mencongak kedepan
merasai berjuta hati bocah yang tercabik-cabik
menanti elusan lembut ibu yang tak pernah pulang
menjadikan keangkuhan kembali hadir
bertameng emansipasi
masa kanak-kanak mengubur air mata
hingga generasi tak mengerti kasih


membaca biografi kartini
kita pun tak mengerti

skarang.. emansipasi... untuk apa sebenarnya??


*ini pernah dipost disini atau gx ya :D
lupa hehe.... puisi tahun 2009 ^^

You Might Also Like

14 komentar

  1. mantab surantap....


    yah sewajarnya emansipasi tidak dijadikan tameng untuk meraih kebebasan yang mengabaikan kewajiban-kewajinab dan kodrat sebagai seorang wanita yang memiliki banyak peran, sebagai anak, istri, dan ibu :)
    salam hangat

    www.invishandbiz.blogspot.com
    www.belajar-puisi.blogspot.com
    www.puisi3cinta.wordpress.com

    nuewbie nih ahah

    ReplyDelete
  2. kayaknya udah dipublish di Kartini digital ya
    ndak apa puisi itu bagus kok. sapa dulu dong kreatornya

    ReplyDelete
  3. Hmm.. saya aja baru tahu kalau ada puisi ini :D hihihi

    ReplyDelete
  4. Baru baca sekarang aku. Emansipasi untuk mencerdaskan wanita. Termasuk cukup cerdas untuk mengasuh anak. Istri Nabi, Siti Khadijah ra pandai berdagang, Siti Aisah ra pandai menghapal semua ucapan dan tindakan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam...

    ReplyDelete
  5. yang penting maknanya Chik, ndak masalah sudah di post berapa kalinya :)

    ReplyDelete
  6. Salam

    Pa kabar chika..

    Wah, selamat hari kartini yach, mgk dah lewat sy ngucapin tapi puisi yg chika buat satu bukti apresiasi dan insprirasi tuh...

    Salam kawan

    ReplyDelete
  7. keren chika,...mba ir pikir, chika jg kartini modern kita :)

    ReplyDelete
  8. puisinya bagus ...saya bdak bisa bikin puisi..

    slamat hari kartini

    ReplyDelete
  9. belum telat kan mengucapkan hari kartini :)

    ReplyDelete
  10. kartini, bisakah wanita skarang bisa spt dia..

    ReplyDelete
  11. banyak inspirasi dari Kartini. Masalahnya, kartini-kartini sekarang banyak yang kebablasan mendefinisikan emansipasi. hemm.. jika saja pada baca biografi kartini yak?

    ReplyDelete
  12. wah, selalu salut sama orang2 yg pinter nulis puisi:)

    ReplyDelete
  13. kartini jaman sekarang online teruuus :p

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)

Instagram

IBX583D9E221356E

Like us on Facebook

Flickr Images