Follow Us @riafasha

Thursday, May 12, 2011

Antalogi Para Blogger?

entah kenapa saat melihat teman-teman penulis yang hampir setiap bulan nerbitin buku, chika jadi iri banget (iri nya sampe jantung berdetak-detak nggak jelas), sampe chika nggak bisa tidur, duhh.. "kapan aku bisa menjadi penulis produktif ya" bertanya-tanya pada diri sendiri. Yang tulisannya bisa menginspirasi orang banyak, seperti tulisan trilogi laskar pelangi andrea, atau tulisan 5 menaranya kak fuadi. Aku kadang membenci suara hati sumbang seperti ini, yang seolah tidak percaya pada kemampuan diri sendiri.


Lalu suara hati yang lain membisikkan sesuatu yang mengejutkan... "Kamu bisa kok, kamu hanya kurang usaha dan berbuat kebaikan," aku mengerenyit. betul juga... suara hati yang lain membakar "Ayo, lanjutkan... jangan buat hidup mu sia-sia," yang lain meniupkan genderang "Ayo semangat" dan jadilah tiap menitnya aku membangunkan suara hati kreatif penyemangat...


Trus inti postingan ini apa toh? (maaf ya yang nulis sedikit ngalor ngidul)

Suara hati yang nomor sekian menawarkan ide sederhana yang mungkin bisa saja di terima, bisa saja diabaikan, atau malah ditolak mentah-mentah... Bikin Buku Antalogi Para Blogger yuu! begitu kata suara hati itu sedikit ragu-ragu...

Para Blogger kan jago-jago nulis, kenapa nggak coba salah satu tulisan mereka di kumpulkan dalam satu buku dan dikirim ke penerbit, asyik bukan! walaupun belum ketemu muka dengan orang-orang nya, tapi bisa bertemu satu tulisan dalam buku. Ini juga mendorong semangat untuk menerbitkan minimal satu buku selama hidup hihii...

Yup.. aku pribadi mengiyakan pendapat suara hati sumbang itu... Bagaimana teman-teman blogger???

Terus kira-kira temanya apa? bentuknya seperti apa? cerita pengalaman blogger kah? cerpen kah? atau seperti apa? punya idekah??? tolonglah bantu suara hati sumbang yang masih ragu-ragu ini

mungkin dengan dorongan para blogger, Chika Rei bisa menentukan jalan nya nanti hihii....
biar nggak tambah bingung, mari jawab pertanyaan berikut
1. Chika Rei berencana mau buat Antalogi tulisan para blogger, gimana setuju atau nggak?
2. Kira-kira jenis tulisannya gimana? Cerpen atau Narasi Biasa atau Esai?
3. Kira-kira temanya apa? tentang blog kah? atau tentang friendship? atau tentang love? atau lainnya?

jika pertanyaan itu sudah dijawab, maka mungkin chika sedikit sudah ada bayangan untuk mengadakan kompetisi nya, dan akan mengambil beberapa tulisan terbaik yang akan kita coba untuk diterbitkan^^

16 comments:

  1. ayo lanjutkan proyeknya....
    sepertinya aku cuma bisa mendoakan aja....
    hehehehe,,maap gak bsa bantu apa2...

    ReplyDelete
  2. 1. tentu saja setuju sekali mbak, karena saya aja belum pernah nemu yang gituan, atau mungkin juga masih sedikit yg buat gitu..

    2. saya pribadi sih sukanya sama artikel yang bercerita dengan bahasa dan istilah2 baru para blogger yang keren, cerpen kayaknya lebih oke..

    3. ketiga tema itu saja disatukan mbak, pasti bagus..

    smangat..! :)

    ReplyDelete
  3. Artikel/narasi biasa aja mbak.. Tentang persohibloggan.. ^_^

    ReplyDelete
  4. setuju sekali karena menjadi pemcau kreativitas dalam berkarya,
    kalo pakies sih masih harus belajar dulu

    ReplyDelete
  5. wah sepertinya ide bagus tuh....

    ReplyDelete
  6. wah boleh tuh. hayuk lah. laksanakan. gimana klo modelnya kayak novel gitu. ya isinya cerita sehari-hari yg inspiriring, bisa kejadian lucu, perjuangan hidup, cinta-cintaan, atau sebuah makna hidup (motivasi), aku pengen isinya macem-macem, biar menarik harus berunsur komedi tapi ga semata-mata komedi, melainkan pake isi.

    nah cerita sehari-hari setiap orang kan beda-beda. kumpulin deh jadi satu, terus diedit dan digabung.

    yg pertama mba chika mendingan bikin sub-subnya dulu deh, misal
    1. cinta-cintaan (judul...?)
    2. persahabatan (judul...?)

    nah tar para bloger nyumbangin ceritanya masing-masing deh dimasukin sesuai sub-subnya itu. :D

    #maaf kepanjangan. hanya saran. :P

    ReplyDelete
  7. 1. setuju bgt tuh...
    2. kalo menurut aku sih, gmn kalo cerpen aja.. coz aku punya byk ide cerita utk cerpen nih..
    3. kalo temanya, campur sari aja, alias campuran gitu, gak musti bertumpu pada satu tema, kalo bertumpu pada satu tema, trs ada yg tertarik ingin ikutan sayangnya tema cerita yg ia punya lain, itu akan mematahkan semangatnya, jd lbh baik bebas aja, yg penting mempunyai nilai makna tersendiri dlm ceritanya.

    gmn?oke gak? ayo kita lanjutkan proyeknya...
    trs soal pendanaan gmn tuh?

    ReplyDelete
  8. keren--keren.. suara hatinya..
    tinggal di lanjutkan aja..

    1. Setujulah, pastinya
    2. Kumpulan kisah menarik, kumpulin aja crita2 (bebas, mau cerpen, ato fiksi, ato ilmiah, ato wisata,, apa aja dr temen2 blogger)
    3. Tema nya dibuat kayak raditya dika aja, jadi tiap bab ntar berbeda, dibagi per jenis tulisan. Jadi kyak kumpulan cerita2 sobat blogger

    MAAJJUUUU TERUS, MW IKUTAN NYUMBANG AHHH,, haha

    ReplyDelete
  9. asal temen2 lain setuju. aku mah sikaaaaaat

    ReplyDelete
  10. Aku udah pernah bikin Buku bareng 50 Blogger lain koQ Chik hhe... Temanya tentang Cinta Waktu itu, aku lupa Judulnya apaan tapi bukunya emank gak beredar di Toko Buku, jadi khusus untuk dibaca sama anak2 Komunitas aja haha... :D

    klo mau bikin buku gitu mending jangan ambil tema tentang Blogging... aku juga mau ikutan lagi koQ klo diajak haha... :D

    huh... ngomongin buku, ampe sekarang koQ bukuku sendiri malah gak kelar2 ya hahaa....

    Maaf sebelumnya baru bisa berkunjung Chik, 2 minggu kemaren mesti ke Alor soalnya

    Semangat N happy blogging

    ReplyDelete
  11. usul ah, gimana kalo isinya naratif aja, misalnya review chika menceritakan sisi-sisi tulisan blogger yang unik berikut isinya. terserah persepsi chika dan tentunya dengan gaya chika yang sekarang,, fresh dan welcome. sukses ya.. :)

    ReplyDelete
  12. Setujuuu...temanya ini aja
    "why do I write blog" ;p

    ReplyDelete
  13. Laras disini mencoba menjawab..
    1. setujuuuuu. nanti Laras diikutkan ya kak? hihi
    2. menurut Laras apa aja deh. bisa esai, bisa cerpen, atau apapun. tinggal gimana aja ngaturnya.
    3. temanya macem2 gmn? misal bab 1 ttg love, jadi di bab 1 itu ditulis tulisan ttg love yg bagus2 dari para penulis.

    sekian dulu jawabannya. nilainya brp bu guru? hehe. semoga bs membantu ya kak ^^d
    keep writing :)

    ReplyDelete
  14. Aku pernah baca di blog Kimsanada, dia pernah ingin mencoba menerbitkan buku. Saran dari penerbit, bikin tema. Misalnya Raditya Dika tentang cinta, Naked traveler tentang traveling.

    Chicken soup of the soul, cerita pendek yang menyentuh hati. Kalo aku sih lagi seneng ngebahas masalah indigo. Banyak komentar sama Ninda, sama-sama peka, hehehe. Ini di blogku satunya
    http://amiratnawatiutami.blogspot.com/

    ReplyDelete
  15. 1. adek setuju kak
    2. kayknya bagusan cerpen,
    3. temanya kayknya bagus juga kalo konflik antara teman yang terjadi gara2 salah seorang temannya saling perang postingan di blog. haha

    ReplyDelete
  16. eh kok komentarku ilang ya? -_-'

    diapus kah? atau efek maintenance blogger kemarin?

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)