Follow Us @riafasha

Friday, August 3, 2012

Feel Free : Because It's Me


There is a pleasure in the pathless woods
There is a lapture on the lonely shore
There is society, where no intrudes
By the deep sea, and music in its roar
I love not a man less, but nature more
~lord byron


Laut memancarkan kilau, sinarnya menembus ruang dimana aku kini berdiri mematung, mengintip dari celah jendela terbuka. Indah, tak ada kata lain untuk sebuah panorama pagi yang bercengkrama diantara deburan ombak yang memburu. Lalu mentari mengintip malu-malu di balik batu cadas nan angkuh diujung lautan. Aku pun tersenyum, ada bahagia yang tak terlukiskan kuraskan. Ini seperti rasa yang yang dirasakan seorang Cristoper dalam In to the Wild, aku pun merasakannya. Alam memang punya cara yang khas untuk menawarkan kebebasan dan impian.

sejalan dengan kata Arswendo Atmowiloto Kebebasan adalah, tidak melakukan perbuatan yang kita sesali nanti sekaligus, harus berani melakukan perbuatan yang kita kenang ulang nanti.

Mungkin yang paling berperan akan pikiran ku tentang kebebasan adalah Ayah, tidak seperti Ibu yang seringkali membelikan ku gaun ataupun mainan ala-ala perempuan. Ayah membiarkan aku untuk memilih, memilih pakaian yang aku kenakan, memilih mainan apa yang ingin kumainkan, memilih dengan sapa aku akan berteman. Mungkin karena ayah adalah seorang perantau yang sudah pernah mencicipi susahnya hidup dari aceh hingga kalimantan, bisa mengerti arti kebebasan sesungguhnya.

Dan aku begitu bersyukur, ketika ayah memperbolehkan mengikuti segala kegiatan yang kusuka, kegiatan yang kumau selama itu baik untukku.
"Bersyukurlah, ayahmu sekarang adalah ayahmu!" begitu selalu kata Ibu. Sejak SMP ayah tidak pernah marah jika aku harus menampilkan drama atau baca puisi di acara-acara teater hingga larut malam.

"Setiap pilihan punya konsekuensi, kakak memilih A dan kakak harus tau akibat dan manfaatnya, lakukanlah apapun selama itu baik. Satu pesan ayah, jangan pernah berbohong, jangan kecewakan ayah ibu, sekali ayah ibu terkecewakan, mungkin akan susah percaya untuk selamanya." Hal inilah yang selalu kupegang hingga saat ini. Apapun yang akan kulakukan, sejauh apapun itu, semuanya dengan izin ayah dan Ibu :)

Well, aku adalah perempuan yang suka tantangan. Walaupun aslinya cengeng dan manja :D
Suka kebebasan dan anti diatur dengan cara yang otoriter. Setelah menyelami dunia teater di SMP. Beranjak SMA aku mulai mengikuti dunia Kepalang Merahan.

"Selamilah hingga dalam, jangan tanggung-tanggung, jangan takut," ahaaa. ini ambisi yang sedikit berlebihan. tapi ini sedikit berhasil, aku paling anti setengah-setengah. Jika sudah masuk kedalam suatu bidang, aku harus menguasainya, mendapat ilmunya, dan mengambil manfaatnya. 6 Bulan bergelut di dunia PMR, mengantarkan aku ke JUMBARA Nasional di Palembang.


Kegilaanku untuk mencoba "hal-hal baru" semakin memuncak ketika masuk ke Universitas. Tidak direstui ibu merantau ke Jawa, membuat ambisiku memuncak -.-'. Tidak di Jawa Bengkulu pun jadi.
Mulai dari bergabung ke Club Pecinta Alam Muhammadiyah yang dikenal dengan Hizbul Wathan, aku semakin mencintai alam. Alhamdulillah, saat itu aku diutus kampus untuk mengikuti pelatihan Nasional SAR (Search and Rescue) yang diadakan di Kaliurang, Yogyakarta dan juga nge-camp di Gunung Merapi. Eh, satu hal yang membuat saya tertawa sendiri saat mengingatnya yaitu: Saya naik merapi pake ROK ahahahaa... belum lagi petualangan dengan ular, dan juga misi penyelamatan korban hilang di gunung merapi, it was so amazing ^_^

Peserta pelatihan SAR di depan Rumah Mbah Marijan (chika yang pake jilbab abu2 panjang)


Kecintaanku dengan gunung juga tidak berhenti sampai disitu, aku mencoba mendaki Gunung Dempo, Pagar Alam  (Palembang) bersama teman-teman lainnya, dan lagi-lagi saya naik gunung pake rok hahahaa... Gunung Dempo menurut ku lebih menantang, bukan apa-apa, ketinggiannya sih nggak terlalu, tapi medan yang dilewati penuh dengan tantangan, mulai dari hutan lumut hingga tanjakan terjal mencapai kemiringan 90 derajat yang memaksaku naik menggunakan tambang.



saya dan teman-teman di starting point

puncak merapi yang bersebelahan dengan dempo

it's me (di depan kawah)

kawahnya keren kan ^_^
nah ini tanjakannya ^_^
 
Arghh... gunung memang buat ketagihan. Hingga sekarang pun, gunung jadi salah satu tempat favorite ku.

Banyak lagi kegiatan yang ku lakukan selama ngampus,

^ Jadi Relawan Gempa Sumbar, nah yang ini ceritanya teman-teman bisa baca disini




^Perwakilan MTQ Nasional Mahasiswa di Lhoksmawe Aceh,
di depan baiturahma
ahaa ini pengalaman yang menyenangkan, bayangkan dari Bengkulu-Aceh aku dan teman-teman naik mobil. Bikin mabuk, tapi penuh petualangan, karena letak Aceh yang diujung sana, kami jadi bisa mampir-mampir dan melewati hampir seluruh provinsi yang ada di Sumatera. Foto-fotonya banyak sih, tapi saya tampilkan saja satu, saat mampir sholat subuh di Masjid Baiturahman. Masjid ini begitu menenangkan, semoga bisa kesini lagi.

Uhumm, sebenarnya saya ini pendiam loh *lol* tapi jika kalau disuruh ngomong, susah berhentinya ahahaa... itulah kenapa aku juga memilih aktivitas sebagai tukang ngomong alias Penyiar di Radio Kampus, Jazirah 104,3 fm.  Orang-orang nggak akan tau nama asliku, :)) panggilan bekennya kalau di kampus itu "Rei"

on air in Jazirah fm
A'ade and me

selain jadi tukang ngomong di radio, aku juga kadang-kadang jadi tukang ngomong dilapangan. Termasuk saat outbound ataupun DEMO. hihiii lucu bener ingat yang ini, aku pernah jadi orator buat nurunin salah satu dosen yang terindikasi melakukan pelecehan di kampus. Nama Ria Mustika Fasha pun jadi black list di mata Bapak itu. :D
pasti tau dong saya yang mana :D
Kampus memang menawarkan impian yang menyala-nyala, sungguh merindukan masa-masa di kampus. Dan aku tidak pernah menyesal sekalipun awalnya kampus ini bukan yang aku harapkan awalnya. Namun, Allah benar-benar memberikan yang terbaik, banyak ilmu, banyak pengalaman dan juga petualangan yang ku dapat. Bahkan aku berhasil membangun Usaha Digital Printing di kampus karena berhasil memenangkan Proposal Kewirausahan Mahasiswa Dirjen Dikti Kopertis Wilayah II dan mendapatkan bantuan usaha Rp. 35 juta.

and the last
Selain kegiatan-kegiatan di atas, hobby ku lainnya adalah Ngeblog-nulis-Ngontes. ^_^ banyak hal yang bisa didapatkan dari nulis, mengekspresikan diri, menambah ilmu, belum lagi bonus-bonus lainnya seperti hadiah yang didapatkan dari lomba kepenulisan ataupun dari GA2 di blog.

beberapa buku antalogiku yang sudah terbit


Ada yang bertanya? apa yang kulakukan sekarang?
ehemm.. sebenarnya setelah di wisuda, aku mengajar di salah satu universitas Bengkulu, Poltekes, namun entah mengapa jalan membawa ku ketempat yang lain. Tempat Penuh Senyuman dimana aku sekarang. Bukannya, tidak mau ditempat kerja yang lama. Tapi, aku dan teman ku ingin mencoba sesuatu yang baru, membangun dari awal. Bersusah-susah dahulu, insyaAllah nanti akan berhasil.

Aku dan seorang teman membangun PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) yang programnya ada PAUD, MDA, BimBel, TPA dll.
"Menjadi berarti, bermanfaatlah untuk orang lain, bukan manusia yang akan membalasnya, Allah yang akan membalasnya, yakinlah itu," Semangat ini yang kubawa kesini. Tidak mengambil keuntungan dari PKBM, namun untuk kehidupan sehari-hari, kami "dagang" apa yang bisa dijual. asal halal ^_^

chika bersama Gege (murid PAUD)
Dan ketika disuruh mengkekspresikan diri dengan warna yang disuguhkan Sony VAIO E14P, aku memilih yang ini

calm and independent. Dilengkapi dengan generasi ketiga Intel Core i7 CPU dengan AMD Radeon HD 7670M GPU diskrit (VRAM 1GB), notebook ini bakal pas banget sama aku ahahaa...

Aku yang menyukai kebebasan untuk apapun yang akan ku lakukan dan jalanku sendiri. Warna putih dengan semburat biru yang menenangkan cocok untuk siapa pun yang mencintai kebebasan. Because it's me ^_^

sebaik-baiknya kebebasan adalah kebebasan positif yang bukan hanya membawa manfaat untuk dirinya, tapi juga untuk orang-orang disekitarnya ^_^ be free and useful


*tulisan ini dibuat untuk diikutsertakan dalam Kontes Sony VAIO yang diselenggarakan oleh Female Daily dan Sony Indonesia.

15 comments:

  1. wewww.... luar biasa perjalanan kehidupan mbak penanti hujan ini.... semoga sukses selalu ...

    saya juga seorang pendaki.. meski bukan aktifis organisasi.. Insya Allah tahun depan mau ke kerinci.. kalo boleh mohon ditunjukin jalannya... hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh keren mau kerinci??? ngikut donk........... :D

      Delete
  2. wow Chika ini ternyata banyak persamaan ya dengan saya. sama-sama pernah siaran radio, cuma bedanya saya cuma pandusiar radio amatiran. Trus sama-sama juga pencinta alam, kalau yang ini mah mungkin sampai nafas kita ada kita tetap pencinta alam kan Chik?

    bedanya cuma satu deh kayaknya kalau naik gunung saya gak pakai rok hahaha

    sukses kontesnya Chika.. saya dukung artikel ini jadi jawaranya.. sukses..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahhh uncle Lozz penyiar radio juga ya,,,
      yuppy kalo soal pecinta alam dah jadi jati diri kayaknya :D

      ahahaa y aneh aja kalo um Lozz pake rok toeng2...

      aamiin... makasih doanya uncle Lozz :D

      Delete
  3. moga menang ya. Kamu perempuan yg aktif sekali... Sudah pernah menyentuh tanah jawa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. :)

      tanah jawa? itu kan waktu chika ke merapi t4 mba marijan di jawa :D

      Delete
  4. asyik ya bisa naik2 gunung gitu chika. maaf loh aku baru bisa mampir kesini sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mba asyik banget

      ehee gx apa2 mba Lid :D

      Delete
  5. ulasan yang komplit dan panjaaaaangg banget, tapi cukuplah bercerita tentag segala pernak pernik-nya.dan terakhir, alhamdulillah ternyata sudah bayak buku-nya yang terbit ya..selamat dan sukses dalam berlomba ya...salam ramadhan :)

    ReplyDelete
  6. Sekarang ngajar niih kesibukannya? :P

    ReplyDelete
  7. setuju mbak.. kalau ingin mengetahui sesuatu memang harus seperti itu.. bukan sekedar 'katanya' dll, melainkan benar2 menyeburkan diri ke dalam sesuatu tersebut.. keren mbak kegiatannya :( saya jadi malu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, chika jg dari dulu pensaran nya besar ^_^

      loh kok malu?

      Delete
  8. mau nangis lihat tentang sumbar... ah.. cengengnya.
    smg menang ya dx...

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)