Follow Us @riafasha

Friday, August 24, 2012

Karena Muslimah itu Cantik

Semua wanita ingin cantik

Saya percaya itu. Coba tanya seluruh wanita yang ada di sekitar kita, termasuk sahabat yang baca blog ini smua pasti jawabannya hampir sama, ingin terlihat cantik. Dan itu kenapa banyak wanita berusaha untuk terlihat cantik di depan “orang lain”. Mulai dari merogoh kocek untuk melakukan perawatan ke salon ataupun membeli kosmetik-kosmetik mahal. Tak jarang kadang malah ingin merubah apa yang sudah diberikan Allah SWT, contohnya saja operasi plastic, mau mancungi hidung lah, mau *maaf membesarkan bagian dada, menyambung rambut, atau bahkan yang lebih parahnya lagi operasi virginitas.

Lalu seperti  apakah sih cantik yang sebenarnya? Mata bulat? Hidung mancung? Kulit bersih? Atau muka tanpa jerawat. Saya rasa jawabannya pun akan berbeda-beda. Begitupun jika ditanyakan dengan kaum adam. Berdasarkan “interview kecil-kecilan” yang saya lakukan, baik di facebook maupun di blog kebanyakan mereka mengatakan bahwa kecantikan itu relative, tergantung sudut pandang masing-masing, dan sebagian lagi  beranggapan bahwa kecantikan sesungguhnya adalah kecantikan yang terpancar dari dalam (inner beauty)

Yap! Saya setuju kalau kita menarik satu benang merah menuju suatu kesimpulan kalaulah cantik sesungguhnya itu adalah kecantikan yang terpancar dari hati. Eits, namun perlu digaris bawahi ya. Bukan berarti karena mendefenisikan kecantikan adalah kecantikan karena prilaku, kita tidak merawat diri loh!
Allah suka keindahan dan suka kebersihan.
“Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqas dari bapaknya, dari Rasulullah saw. : Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Mahamulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu” (HR. Tirmizi)”
Nah! Ini harus dicamkan untuk seluruh muslimah. Karena sejatinya pun kecantikan itu meliputi dua hal jasmani dan rohani. Jasmani yang sehat dan juga rohani kuat.

Bolehkan Muslimah Berhias
Waktu saya di kampus, ada yang sempat protes jika seorang muslimah menggunakan kosmetik-kosmetik, katanya sih nanti mengundang zina mata, hati dll. atau akan mengundang fitnah.

Hmm.. menurut saya, yang penting tidak berlebih-lebihan, toh Allah pun tidak suka yang berlebih-lebihan. Kalau kata pemilik Salon Muslimah Senyum Muslim Bengkulu saat saya on air dengan temah Muslimah Cantik  di Radio Jazirah fm “Cantik itu perlu, berpenampilan bersih dan rapi itu sangat penting bagi muslimah, Allah suka keindahan, Allah suka kebersihan, Please jangan berpikiran sempit dengan tidak mau mengggunakan kosmetik misalnya deodorant, pelembab, bedak dll. Kita ini sebagai juru dakwah, apa ia orang akan tertarik mendengarkan kebaikan yang kita sampaikan jika badan kita bau? Wajah kita kucel? Yang penting adalah tidak berlebih-lebihan sahabat muslimah.”

dan setelah saya baca dibeberapa sumber fikih wanita dan bertanya kepada dosen-dosen di kampus, alhamdulillah saya mendapatkan satu kesimpulan bahwa dibolehkan dengan beberapa syarat.
karena Pada prinsipnya, Islam mengajarkan setiap Muslim untuk tampil cantik, menarik, dan memakai pakaian yang bagus, apalagi saat memasuki masjid. Banyak ayat Alquran dan hadits Nabi SAW yang memerintahkan demikian. “Dan Tuhanmu agungkanlah, dan pakaianmu bersihkanlah.” (QS Al-Muddatstsir: 3-4).





Nah! Semenjak itu saya mulai merubah paradigma, mengenai tidak dibolehkannya muslimah menggunakan kosmetik. Kalau kata mba-nya sih yang harus kita ingat adalah, Halal dan Tidak berlebih-lebihan.

Halal vs Haram
Saat ini tidak sedikit muslimah yang “kecolongan” dengan kata bernama halal. Demi untuk menuruti keinginan tampil cantik, kadang apa-apa yang dilarang Allah pun dikerjakan juga. Seperti yang disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW “Akan tiba suatu zaman di mana orang tidak peduli lagi terhadap harta yang diperoleh, apakah ia halal atau haram.” (HR Bukhari).

Di sisi yang lain, kita pun sering kebingungan untuk menemukan produk-produk halal lagi thayyib. Perkembangan teknologi proses pembuatan produk kini semakin maju dan membuat kita sebagai konsumen tidak menyadari akan kandungan bahan produk yang ada di pasaran. Contohnya saja saya, yang memang awam dengan kata-kata berbau kimia yang sering ditemukan di ingrident produk-produk kosmetik. Inilah yang kadang membuat kita secara tak sadar memakai produk yang tidak terjamin kehalalannya.


oh iya sahabat muslimah, saya juga mau kasih sedikit info dari AsySyariah tentang perhiasan yang dilarang bagi wanita. Jangan sampe kita kecolongan, karena zaman sekarang kalo nggak hati-hati bisa kebablasan :)

1. Mencabut bulu/rambut alis atau mencukurnya sampai habis
Cara berhias seperti ini diharamkan,  baik menghilangkannya itu dengan cara dicukur, dipotong, maupun menggunakan sesuatu yang dapat menghilangkan bulu/ rambut tersebut seluruhnya, atau sebagian.

2. Membuat tato
Larangan membuat tato ini umum, sama saja baik tato tersebut pada bagian wajah atau bagian tubuh lainnya. “Allah melaknat wanita yang menyambung rambut dan wanita yang minta disambungkan rambutnya, serta melaknat wanita yang membuat tato dan wanita yang minta dibuatkan tato.” (Sahih, HR. al-Bukhari no. 5940 dan Muslim no. 2124)

3. Mengikir gigi
Mengikir gigi dengan tujuan untuk mempercantik diri diharamkan dalam syariat yang mulia, sebagaimana datang isyarat pelarangannya dari Nabi n dalam hadits Abdullah bin Mas’ud z. Adapun bila gigi-gigi tersebut jelek atau tidak teratur, hingga perlu merapikannya guna menghilangkan kejelekan tersebut atau karena ada kerusakan hingga perlu diperbaiki maka tidaklah terlarang, karena hal ini termasuk dalam pengobatan dan menghilangkan sesuatu yang tampak jelek. (Fathul Bari, 10/385)

Muslimah Harus Cerdas
Nah, untuk menghindari produk-produk yang tidak tejamin kehalalannya. Kita kudu cerdas sebagai muslimah. Perkembangan teknologi harusnya bisa kita jadikan sarana untuk mencari informasi. Jangan Cuma buat facebookan atau twitteran aja *hihiii

 Tinggal buka mbah google lalu Search, ex: Kandungan berbahaya dalam kosmetik atau kosmetik yang dijamin halal, dll. Sahabat muslimah juga bisa sering-sering buka websitenya MUI (LPPOM MUI) nah biasanya disana diinfokan jenis-jenis produk yang sudah diteliti dan dijamin kehalalannya.

nah Tinggal klik halalmui.org sahabat bisa cek produk kosmetik yang insyaAllah halal, disana tertera semuanya mulai dari nomor sertifikat,produsen. Nggak hanya itu bisa di cek juga daftar produk halal yang lain, misalnya kelompok jamu, obat-obatan, flavor dll.. SILAHKAN KLIK DISINI. ^_^

dan saya mendapati kalo wardah masuk kategori yang sudah teruji kehalalannya :)






Saatnya Beralih ke Wardah Cosmetic
Sebenarnya, saya mengenal wardah sudah sejak setahun yang lalu. Saat itu beberapa sahabat dekat saya mengganti seluruh produk kosmetiknya dengan wardah. Saya penasaran dan tanya kok diganti semua.

“Kalo ini dijamin kehalalannya rei, mba udah coba ternyata enak dipake, bahan-bahannya juga ringan, nggak buat pusing, harganya terjangkau!” nah lo malah promosi dia. Saya agak kaget juga, karena biasanya si “mba” nggak pernah betah make kosmetik yang sama dalam jangka waktu lama. Kepalanya suka pusing kalau kosmetiknya nggak cocok. Mungkin bahan yang ada dalam kosmetik itu ngaruh ke kepalanya. Saya juga agak sedikit bingung :D

Waktu itu, saya belum terlalu tertarik untuk mengganti kosmetik yang biasa saya gunakan dengan wardah. Takut nggak cocok. Sudah beberapa kali gonta ganti kosmetik ya kayak gitu, Cuma bagus kalo “kosmetik” nya sedang digunakan. Ehehe..

Terus, secara kebetulan saya nonton TV dan baca majalah. Wew kaget! Liat di acara pencarian bakat di salah satu stasiun TV disana tertera make up by: Wardah, begitupun dengan model di majalah yang saya baca, make up by Wardah. Surprised aja, nggak nyangka produk kosmetik yang satu ini udah dipercaya seluas ini.

Kira-kira awal tahun 2012, saya mencoba beralih ke Wardah Cosmetic, awalnya saya menggunakan two way cake dan moisturizer cream. Hasilnya nggak mengecewakan. Bener kata temen saya, bahan nya ringan jadi enak dipake. Nggak bikin pusing :D dan hingga sekarang saya mulai mengganti seluruh produk kosmetik saya dengan wardah, ada beberapa yang jadi favorite, diantaranya lightening day cream, lightening day cream, luminous face powder,dan acne treatment gel (ini biasanya kalo lagi pms jerawat saya suka muncul eheh).



Cantik Fisik aja Nggak Cukup
Ok! Sekarang kita nggak usah bingung untuk mencari produk yang dijamin kehalalannya.
Eits! Tapi nggak selesai sampai disitu dong. Cantik fisik aja nggak cukup. Benarkah? Ia dong. Percuma kalau fisik kita bagus tapi akhlak kita bobrok  semoga kita dilindungi oleh Allah dari Aklhak yang buruk. Untuk itu kenapa setiap becermin kita dianjurkan untuk berdoa.

“Segala Puji Bagi Allah, Ya Allah. Sebagaimana Engkau telah memperindah tubuhku, maka perindahlah pula akhlakku.”


Aamiin ya Allah.

Kecantikan yang anggun dan menarik adalah umpama bidadari syurga yang tersebarlah kecantikan dan keanggunannya pada setiap muslimah didunia ini. Ketika seorang muslimah yang shalihah, memahami akan hakikat kehidupan di dunia, dan ketika hatinya digenangi oleh keimanan dan makrifat tentang Allah Subhanahu wa Ta’ala, dalam memurnikan ibadah hanya untuk-Nya semata, hatinya selalu takut dan terikat dengan Rabb-Nya, mentaati-Nya dalam keadaan sendirian ataupun dihadapan banyak manusia.

So, kita kudu berlomba untuk menjadi bidadari bumi yang insyaAllah akan menjadi bidadari di syurga kelak. Dan sungguh jika seorang muslimah menghiasi dirinya dengan pakaian sabar, istiqamah,qana’ah, maka insya Allah tempat terpuji akan menuggu kita ,yaitu syurgaNya. Itulah hakikat cantik dalam Islam, Maka bila kini kita telah tersadar utuk mempercantik diri secara lahiriyah, mempercantiknya dengan busana dan kosmetik dan polesan kulit yg sesuai aturan Allah, maka mari kita sadarkan diri kita untuk mempercantik batiniyah kita dengan sabar, tawakal, lebih dekat dg Allah SWT maka dengan sendirinya akan lahirlah amalan yg akan menampakkan kecantikan dari dalam (inner beauty) amalan yg juga di ridhoi Allah SWT aamiin…




karena semua muslimah itu cantik
Yuk mempercantik diri dengan yang halal, dan mempercantik hati dengan akhlak terpuji ^_^
Salam sayang untuk seluruh sahabat Muslimah


Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog #KosmetikHalal yang diadakan oleh BLOGdetik, LPPOM MUI, dan Wardah dalam rangka mensosialisasikan Halal is My Life


sumber:
http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/ceklogin_halal/produk_halal_masuk/1309
http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/khazanah/12/02/17/lzjfsy-fikih-muslimah-berhias-tabarruj-bolehkah-2habis
http://asysyariah.com/dibalik-perhiasanmu.html
http://ciricara.com/2012/07/09/ciricara-ciri-dan-cara-mengenali-kosmetik-halal
http://www.wardahbeauty.com/id

9 comments:

  1. sudah cantik pakai kacamata firmoo ditambah kosmetik wardah nih :)

    ReplyDelete
  2. Mbak Chika cantik banget euyyy...
    Hari terakhir ya kemarin lombanya? Kayaknya banyak bener yang posting Wardah hehe...
    Semoga menang ya...

    ReplyDelete
  3. saya neh, saya suka heran kenapa orang suka pakai tato? trs alis juga dicukur habis trs diganti pakai tato...sdh sakit bayar mahal dan dilarang agama lagi..

    Islam itu mneyukai keindahan, dan merawat diri dengan menggunakan kosmetik yg secukupnya itu menurut saya juga bagian dr bersyukur karena kita menjaga amanah jasmani yang diberikan pada kita..

    Sukses ya kontesnya..kita saingan neh.

    #mohon maaf lahir dan bathin :)

    ReplyDelete
  4. Wardah, adalah salah satu kosmetik yang mulai diminati di lapak saya, apalagi pas puasa kemarin, penggunanya makin bertambah.

    Dan kecantikan akan makin bertambah pesonanya jika kita selalu menjaga wudhlu

    sukses kontesnya ya Non

    ReplyDelete
  5. Yang penting cantik hatinya. :)
    Semua wanita cantik..

    ReplyDelete
  6. Mbak chika cantik bener... :)
    sukses ya mbak bwt kontesnya !!!

    ReplyDelete
  7. huaaah.... :)
    pasti laki-laki beruntung banget ya kalo ada yg berhasil menyunting mbak chika.... XD

    ReplyDelete
  8. Mba Rey... bahasannya ada yg kurang tuh... Coba tolong dibahas jg buat cowok yg pengen jd seorang muslim yg indah yg ganteng luarnya jg... Boleh ga.. Atau gmana tu hukumnya...

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)