Follow Us @riafasha

Thursday, January 30, 2014

#1Hari1Ayat - Boros Masalah Keuangan



“dan orang-orang yang apabila membelanjakan harta mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak pula kikir, dan adalah (pembelajaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.” (QS. Al Furqaan : 67)

Sifat boros kadang susah kita sadari. Umunya dalam rumah tangga, istri adalah pemegang dan pengatur keuangan. Semuanya kadang memang diserahkan sebagai tanggung jawab istri. Saya waktu di awal memang kadang susah mengatur dan mengendalikan kebutuhan yang penting dan yang tidak penting. 

Mungkin banyak para istri yang memperlakukan uang seperti memperlakukan waktu yang apabila disia-siakan (seolah-olah) nanti akan kembali lagi. Toh setiap bulan suami akan gajian. Padahal, masalah keuangan adalah masalah yang sangat sensitive dan bisa jadi penyebab percekcokan.

Alquran menyatakan bahwa sifat pemboros itu merupakan sifat setan. Karena itulah, istri yang tidak pandai menjaga keuangan suaminya, boros dalam berbanja sangat dekat dengan sifat ini. Maka hendaknya sebagai seorang istri kita perlu belajar tentang kecerdasan financial sehingga ia mampu membuat skala prioritas tentang apa yang perlu dan apa yang tidka perlu, apa yang mendesak dan apa yang masih bisa ditunda.

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)