Follow Us @riafasha

Friday, January 10, 2014

#1Hari1Ayat- Mau Pintar Kok Ngepek

"Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al- Mujadila :11)

***

Pagi tadi saya dibuat geleng-geleng kepala oleh tingkah pola beberapa orang mahasiswa. Mereka malu-malu minta tolong memfoto-copy lembaran kertas. Terkesan agak aneh. Mereka berkata "Mba tolong fotocopy-kan kertas ini, diperkecil ya mba." Lalu dengan santai saya melayani kemauan mereka. Biasanya untuk menghemat uang mahasiswa biasanya meminta dua lembar kertas dijadikan satu.

Setelah selesai saya berikan kertas yang sudah difotocopy kepada mereka. Mereka malah protes. "Mba lebih kecil lagi." Heh?? emang keliatan kalo lebih kecil lagi. Mereka nyengir malu-malu. Saya langsung tembak "Buat "ngepek" ya?? kalo lebih kecil lagi nggak bisa dek." Mereka kecewa lalu pergi, mungkin mencari fotocopyan lain yang mau memperkecil lagi kertas mereka.

Well, sebenarnya saya bisa saja memperkecil bahkan seukuran semut sekalipun. Tapi saya malas, meladeni mahasiswa model begituan. Bahkan ada yang sudah mempersiapkan contekan dari empat hari sebelum hari ujian. usaha nya gx gitu juga kali. Mau pintar??? makanya belajar.  Akhirnya yang jadi kena semprot saya adalah adek yang ada di fotocopyan. 

Allah sudah menganugrahkan akal pikiran yang luar biasa pada kita. Begitu luar biasanya, manusia bisa menciptakan benda-benda yang luar biasa. Lalu kenapa mahasiswa-mahasiswa itu hanya menghafal tatacara sholat saja harus menyiapkan contekan yang begitu rapi yang akan mereka simpan di balik jilbab.  Entahkan sistem pendidikan yang salah, ataukah penanaman nilai kejujuran sekarang sudah benar-benar nggak ada. hufftthh... Semoga Allah memberikan mereka petunjuk, untuk memaksimalkan potensi otak :( 

*ngepek: membuat kopelan kecil yang nanti akan dicontek

4 comments:

  1. shame on them!
    jangan mau mbak kalau ada lg yang minta fotokopi buat contekan.

    ReplyDelete
  2. sering di fotokopian liat begituan, apalagi kalo musim ujian

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)