#1Hari1Ayat - Mengejar Ilmu

7:37:00 PM


"Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadila :11)

Hari ini buka puasa agak terasa terburu-buru. Biasanya selepas sholat magrib saya akan makan bersama suami setelah itu cerita-cerita tentang banyak hal. namun, saya tahu hari senin malam itu jadwalnya suami ikut kajian Bulughul Maram bersama Ust.Syamlan,Lc.

Mungkin banyak teman udah pernah dengar tentang Bulughul Maram. Bulughul Maram adalah kumpulan hadits karya al-Hafizh Ibnu Hajar yang banyak dijadikan istinbath hukum fikih oleh para fuqaha dan disertai keterangan derajat kekuatan hadits. Sistem penulisannya diurutkan berdasarkan urutan pembahasan bab fikih. Di akhir kitab dimasukkan pembahasan penting tentang adab, akhlak, dzikir dan doa.

Dalam Bulughul Maram akan tampak keindahan tehnik penulisan hadits Ibnu Hajar; seringkali beliau menampilkan hadits yang paling shahih dan kuat, meringkas hadits yang panjang, membahas panjang lebar tentang penisbatan periwayat hadits, memberi keterangan derajat hadits dengan memberi isyarat dari ilalnya. Di antara kehebatannya adalah ketika beliau menyertai hadits dengan potongan dan tambahan yang muncul dari sebagian jalur sanad hadits yang berfungsi sebagai pengikat lafazh mutlak (taqyid al-muthlaq), perinci lafazh mujmal (tafshil al-mujmal), dan penghilang pertentangan (raf'u at-ta'arudh). Dengan keistimewaan tersebut banyak ulama yang mengkaji, mensyarah, dan menerapkan manhajnya. Bahkan buku tersebut telah diterjemahkan ke beberapa bahasa asing.

Nah, biasanya sih kajian ini dilakukan berkelompok. Tapi hari ini kajiannya di masjid raya, mungkin lebih umum karena juga jamaahnya juga dari banyak kalangan. Saya kepengen ikut tapi lagi kurang fit disuruh dirumah aja hehe.

Saya jadi salut sama suami, yang mencari ilmu kemana-mana. kata beliau sayang kalau dilewatkan, karena  memang ilmu itu harus dicari dan dikejar, terutama jika ada ahlinya yang mau berbagi dengan gratis tanpa imbalan. Bayangkan banyak orang rela mengeluarkan uang demi mencari ilmu, masa kita dikasih gratisan nggak mau :D

You Might Also Like

1 komentar

  1. Jangan cuma duniawi yang dikejar ya, tapi ilmu agama juga harus dikejar

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)

Instagram

IBX583D9E221356E

Like us on Facebook

Flickr Images