Follow Us @riafasha

Tuesday, January 28, 2014

#1Hari1Ayat - Ramalan Bintang



Artinya : “(dia adalah Tuhan) yang mengetahui yang ghaib, Maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu. Kecuali kepada Rasul yang diridhai-Nya, Maka Sesungguhnya Dia Mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya.” (QS. Al Jin : 26 – 27)

***
"Zodiak kamu apa?" "Udah lihat ramalan bintang kamu hari ini?" percakapan ini nggak sengaja saya dengar dari mahasiswa yang lagi ngobrol di depan toko. Ramalan bintang atau astrologi ternyata udah dianggap umum bagi banyak orang. Padahal jelas-jelas tidak ada yang bisa meramal nasib seseorang, karena segala sesuatunya hanya Allah lah yang tahu.

Dan dari Anas bahwa Nabi saw bersabda,”Yang aku khawatirkan dari umatku sepeninggalku adalah dua hal : mendustakan takdir dan membenarkan (ilmu) nujum.” (HR. Abu Ya’la, Ibnu Adi dan al Khatib. Hadits ini dishahihkan oleh al Albani) –(www.islamonline.net)

Ringkasnya bahwa ilmu ramalan dengan menggunakan bintang untuk mengetahui nasib seseorang, seperti : jodoh, rezeki, kehidupan atau kematiannya termasuk bentuk kemusyrikan yang dilarang agama.

Dan dilarang pula bagi seorang muslim yang telah bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah mendatangi peramal yang menggunakan perbintangan ini dan jika dirinya tidak mempercayai perkataannya maka shalatnya selama empat puluh hari tidaklah diterima Allah dan jika dia membenakannya maka dirinya telah dianggap kufur terhadap al Qur’an yang telah diturunkan Allah swt kepada Rasulul-Nya Muhammad saw.

3 comments:

  1. Subhanallah keren taggarnya, btw kalau arabnya ditulis langsung malah lebih baik say.

    ReplyDelete
  2. Ketika baca2 Al-Qur'an surat An-Najm, yg diawali oleh kalimat sumpah, "demi bintang", & menyimak keseluruhan terjmahan suratnya, saya kepikiran ramalan bintang ini. Catatan: saya blm baca/belajar tafsir. Ayat2 di QS An-Najm secara keseluruhan menegaskan bahwa Allah sumber & kesudahan segala sesuatu. Ada kalimat2 semacam Dialah yang membuat orang tertawa & menangis, Yang menghidupkan & mematikan, Yang menciptakan laki2 & perempuan berpasangan, Yang memberi kecukupan rezeki, dll. Seperti menegaskan jawaban-Nya atas ramalan bintang yg notabene ramalan nasib, jodoh, dsb itu. Jadi penasaran tafsirnya...

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)