#1Hari1Ayat - Say No to Galau

7:27:00 PM



"Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: "Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita". Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS: At-Taubah : 40)"

***
 
Saya punya adek yang bantu di toko. Bukan adik kandung sih. Tapi sudah saya anggap keluarga sendiri. Ada banyak perubahan dari dirinya, bisa dibilang nggak seperti yang orang-orang kenal sebelumnya. Dulu kata orang-orang, dia orangnya positif dan ceria. Sekarang sih masih ceria, tapi sudah terasuki virus galau nya anak-anak muda. Saya, suami, dan teman-temannya sudah sering menasehati. Hasilnya mengejutkan, langsung semangat setelah dimotivasi, namun beberapa menit setelah itu ia kembali galau. Galaunya nggak ketulungan. Tiba-tiba ketawa, nangis, dan marah sendiri. Kadang terlalu sering mengeluh. Saya jadi kasihan dengannya.

Memang manusiawi manusia itu diliputi kegalauan dan kegundahan hati. Jangankan kita manusia biasa, Rasulullah saja pernah mengalami kegalauan pada tahun ke -10 masa kenabiannya. Pada masa itu beliau ditinggal wafat oleh pamannya Abu Thalib dan disusul istri tercintanya Khadijah.

Jangan Galau. Innallaha Ma'Ana! Ayat ke -40 surat At-Taubah ini perlu kita resapi. Setiap orang punya masalah, tapi yakinlah kalau Allah nggak pernah ninggalin kita. Allah juga sudah memberikan solusi untuk menghadapi kegundahan hati yang kadang kita fikir nggak ada obatnya. Bersabar, Berpikir Positif, dan Mengingat Allah sebenarnya adalah kunci dari semua kegalauan yang ada. Sungguh dengan mengingat Allah hati kita akan menjadi tenang. Bukan begitu?

 So, La Tahzan Ukhthi, Inallaha Ma'Ana
Allah bersama kita :)

dedicated for my little sister, Ade, Get Well soon dear
Jangan Galau, Innallaha Ma’ana!

Jangan Galau, Allah Bersama Kita! Inilah 4 Ayat Anti Galau!

Oleh: Zakariya Hidayatullah
Mahasiswa STID Muhammad Natsir
Zaman sekarang berbagai masalah makin kompleks. Entah itu komplikasi dari masalah keluarga yang tak kunjung selesai, masalah hutang yang belum terbayar, bingung karena ditinggal pergi oleh sang kekasih, ataupun masalah-masalah lain. Semuanya bisa membuat jiwa seseorang jadi kosong, lemah atau merana.
“Galau!!” merupakan sebuah kata-kata yang sedang naik daun, di mana kata-kata itu menandakan seseorang tengah dilanda rasa kegelisahan, kecemasan, serta kesedihan pada jiwanya. Tak hanya laku di facebook atau twitter saja, bahkan di media televisi pun orang-orang seakan-akan dicekoki dengan kata-kata “galau” tersebut.
Pada dasarnya, manusia adalah sesosok makhluk yang paling sering dilanda kecemasan. Ketika seseorang dihadapkan pada suatu masalah, sedangkan dirinya belum atau tidak siap dalam menghadapinya, tentu jiwa dan pikirannya akan menjadi guncang dan perkara tersebut sudahlah menjadi fitrah bagi setiap insan.
...Jangankan kita manusia biasa, bahkan Rasulullah pun pernah mengalami keadaan keadaan galau pada tahun ke-10 masa kenabiannya...
Jangankan kita sebagai manusia biasa, bahkan Rasulullah Muhammad shalallahu alaihi wasallam pun pernah mengalami keadaan tersebut pada tahun ke-10 masa kenabiannya. Pada masa yang masyhur dengan ‘amul huzni (tahun duka cita) itu, beliau ditinggal wafat oleh pamannya, Abu Thalib, kemudian dua bulan disusul dengan wafatnya istri yang sangat beliau sayangi, Khadijah bintu Khuwailid.
- See more at: http://www.voa-islam.com/read/tsaqofah/2012/04/18/18704/jangan-galau-allah-bersama-kita-inilah-4-ayat-anti/#sthash.PxtdH4vl.dpuf


You Might Also Like

1 komentar

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)

Instagram

IBX583D9E221356E

Like us on Facebook

Flickr Images