Follow Us @riafasha

Monday, January 27, 2014

Ikan Bakar Bumbu Kuning (Liputan dan Resep)

assalammualaikum
Hai apa kabar semua. ^_^
sebenarnya ini postingan nya telat hehee. Hari sabtu malam minggu tepatnya tanggal  25 Januari 2014, saya dan suami mengundang adik-adik saya untuk silaturahim ke rumah plus acara bakar ikan. Sebenarnya udah lama punya niat untuk bikin acara ini, tapi saya sering kurang fit jadi baru terlaksana sabtu kemarin. Kebetulan saya udah jarang ngumpul sama adik-adik, jadi kangen seru-seruan sama mereka.

tiud,Dian, Dea (sepupu_, Saya (yang pake jilbab Putih), Suami, Bayu

Nah, kami mulai bakar-bakarnya selepas isya, sebelumnya saya udah buat bumbu ikannya dan ikannya didiamin dulu deh di bumbu. Sambil nunggu ikannya dibakar saya buatin adik-adik tahu isi. Saya kira pada kurang suka, taunya eh langsung diserbu dan ludes..




Nah, setelah udah kenyang makanin tahu, saatnya acara utama yaitu bakar ikan, yeayyyy.

dari kiri atas (Bayu, Tia, Saya, Dian)

Sebagai tukang bakarnya itu suami saya hehee, yang lain cuma mejeng buat foto aja :D


 
Taraa, inilah hasil ikan bakarnya, luamayan juga bumbu buatan saya hehe...
Oh ya, sekalian saya bagi-bagi resepnya, ini resepnya udah saya padukan antara berbagai resep,

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning
Bahan
1. Santan Kental secukupnya (kalo saya beli rp. 5000)
2. Ikan Nila 2 kg (bisa disesuaikan porisnya) karena kami banyak jadi beli banyak hehe

Bumbu Halus
3. Lengkuas
4. Jahe
5. Kunyit
6. Kemiri 1
7.  4 siung Bawang Merah
8. 3 siung bawang putih

9. 1 batang serai
10. 2 lembar daun jeruk dibuang tangkainya
11. 1 lembar Daun Kunyit
12. Jeruk Nipis 1 buah
13. Garam Secukupnya
14. Penyedap (jika suka)


Cara Membuat
1. Bersihkan ikan Nila, lalu lumuri Jeruk nipis dan garam. diamkan
2. Masukkan bumbu halus, serai, daun jeruk, daun kunyit, dan santan dalam kuali, masak hingga mendidih, tambahkan garam secukupnya, masak tapi jangan terlalu kering,
3. Campurkan ikan ke dalam bumbu yang sudah dimasak, diamkan selama 15 menit- 1 jam
4. Siapkan panggangan.
5. Bakar ikan hingga matang,
6. Sajikan, bila suka bisa disajikan dengan sambal hijau ^_^

Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)