Mengelilingi Pantai Bengkulu : Permata yang Terpendam

11:11:00 AM

Mengunjungi Provinsi Bengkulu, tidak afdhol rasanya jika tidak mengunjungi pantainya. Memang belum banyak orang tahu tentang wisata pantai di Bengkulu. Padahal Provinsi Bengkulu berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia dan memiliki garis pantai yang panjang dan menawan. Jika kita berkeliling Provinsi Bengkulu maka sepanjang perjalanan akan menemui keindahan pantai yang eksotis.

Kali ini saya akan mengajak pembaca jalan-jalan di Kota bengkulu dan menikmati pesona pantai yang membentang dari Pantai Jakat hingga Pantai Panjang. Tidak perlu khawatir soal lokasi, pantai di Bengkulu sangat mudah dijangkau dengan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota dan penginapan. Jadi have fun to follow me.

Eh tunggu, sebelum travelling ke pantai, ada beberapa perlengkapan yang harus disiapkan biar disana kita bisa total untuk mengeksplor pantai.

yeayy, I'm ready to go
1. Tas sandang yang nantinya diisi cemilan, air mineral, dan jangan lupa Liang Teh Cap Panda yang bisa menyegarkan mengingat kondisi pantai yang sedikit panas.
2. Matras. Memang saya sedikit aneh karena bawa matras ke pantai :D Tapi biasanya saya suka nongkrong di bawah pepohonan yang ada di pantai sambil menikmati pemandangan.
3. Kamera Canon. Yup yang ini jangan lupa, bawaan paling penting untuk mengabadikan momen indah.
4. Ada baiknya menggunakan lotion/sunscreen dan membawa topi serta kacamata untuk menghindari panas secara langsung.
5. Agar fleksibel, saya menggunakan motor untuk mengelilingi pantai Bengkulu.

Pantai Jakat 
Pantai jakat terletak sekitar 1 km dari pusat kota Bengkulu. Pantai ini termasuk salah satu pantai yang sering dikunjungi masyarakat karena sangat cocok untuk dijadikan arena rekreasi. Pantai akan terlihat membludak oleh wisatawan ketika sore hari karena cuaca yang tidak terlalu panas dan ombak yang tidak terlalu besar sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berenang.

Ramainya pantai jakat,  potokito
Pantai jakat akan semakin menawan karena banyak kapal nelayan tradisional yang berlabuh. Arena wisata pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas permainan seperti banana boat, penyewaan pelampung renang, dan  jet ski yang juga dilengkapi dengan penjaga pantainya. Bagi wisatawan yang tidak mau bermain air juga bisa duduk di tenda-tenda di pinggir pantai yang biasanya ada penjual es kelapa atau jagung bakar.



karena termasuk phobia kedalaman laut dan tidak bisa berenang, saya hanya bisa menikmati saja pengunjung yang begitu senang bermain di air. akhirnya saya memutuskan untuk mencari lokasi yang agak sepi untuk duduk dan juga foto-foto :D

akhirnya menemukan tempat sepi :D
Pantai Tapak Paderi
Selanjutnya kita menikmati  tapak paderi yang jaraknya bersebelahan dengan pantai jakat. Pantai Tapak Paderi memiliki pesona alam yang luar bisa, terutama pada saat matahari terbit dan terbenam.

matahari terbit
saya dan matahari terbit :D

tapak paderi masih sepi saat matahari terbit


kita  dapat menikmati pemandangan di sekitar pantai dari tengah danau buatan yang terletak di pinggir pantai dengan menggunakan perahu yang memang disediakan di tempat ini.
Yang juga membuat tapak paderi menjadi spesial adalah karena adanya Fort Malborough yang dibangun pada saat penjajahan pemerintahan Inggris di seberang Pantai Tapak Paderi. Di sore hari maka pengunjung mulai akan ramai.

wisata air dengan perahu bebek
tapak paderi

oh ya baru-baru ini, dibangun tugu pers tepat di depan tapak paderi dalam rangka memperingati hari pers nasional tahun ini yang telah diadakan di bengkulu. tugu pers dengan rangkaian bunga raflesia dan pena di atasnya menambah menarik minat wisatawan untuk datang ke Bengkulu.


Pantai Panjang Bengkulu
Ini bukan pantai terakhir yang ada di Bengkulu. Hehehe.. tapi ini adalah akhir dari wisata keliling pantai yang saya lakukan. Pasti pada bingung kenapa disebut pantai panjang? yaaa memang karena pantai nya puanjaaanggg banget. Membentang sepanjang 7 km dengan pasir putih dan kumpulan pohon cemara laut yang berjejer rapi dipinggiran pantai yang oleh orang Bengkulu disebut pohon "Ru", bikin pantai ini indah banget, nggak kalah deh sama pantai Pataya Thailand.

keindahan pantai panjang
beberapa pengunjung menikmati susasana pantai

Saya dan suami sering kesini sekedar untuk jalan-jalan atau ngadain acara refreshing bersama teman-teman. Kebetulan hari minggu kemaren ada acara halal bihalal jadi tambah lengkap deh jalan-jalan keliling pantai. Kawasan pantai panjang ini juga sudah direnovasi oleh pemerintah sehingga wisatawan lebih mudah untuk menikmati pantai dari atas jalan saja. Pantai panjang juga sangat strategis karena disekitar kawasan sudah ada Bengkolen Indah Mall, restauran, hotel dan cottage. Bagi pecinta "gowes" di kawasan ini juga ada penyewaan sepeda loh...
suami dan teman2 bermain bola



Oh ya satu hal yang perlu diperhatikan saat mengunjungi pantai panjang adalah larangan untuk mandi, karena kondisi ombak di pantai panjang yang tidak stabil dan agak cenderung ganas. Jika musim liburan dan banyak pengunjung yang tidak mengindahkan peringatan pemerintah, seringkali terjadi banyak nya orang yang tenggelam di pantai ini.



Setelah puas menikmati pantai, saya kehausan dan merasa tenggorokan agak panas. Untunglah di tas sedia Liang Teh Cap Panda,  minuman cincau yang bisa meredakan panas dalam. Kebetulan ada Ibu Linda dan Pak Novian yang juga saya kasih liang teh cap panda.




ahh segarnyaaa

Indonesia memang negara maritim yang kaya akan potensi alam lautnya. Namun Indonesia akan menjadi miskin jika menyia-nyiakan kekayaan alamnya, apalagi merusaknya. Tidak bisa dipungkiri, bahwa kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga potensi alam menjadikan alam kita menjadi kotor dan rusak. Padahal kita termasuk negara yang beruntung karena Allah sudah memberikan potensi luar biasa untuk kita syukuri dan kita lestarikan.

Untuk itu yuk jaga pantai kita, dari hal kecil misalnya jangan merusak, jangan buang sampah sembarangan apalagi di laut, lakukan penanaman pohon dan aksi bersih-bersih pantai :)

saya , guru, dan murid SD Mahira melakukan aksi pungut sampah di pantai

Semoga Indonesia makin dikenal dengan keindahan alamnya, keramahan masyarakatnya, dan kecerdasan bangsanya. Hidup Indonesia!!!

https://www.facebook.com/notes/liang-teh-cap-panda/blog-contest-travelogue-wisata-pantai-di-indonesia/733911136647959

You Might Also Like

4 komentar

  1. wah,namanya unik banget mbk,baru tahu hehe...asik pantainya :)

    ReplyDelete
  2. Sekitar 13 tahun lalu, Saya pernah ke pantai Panjang Bengkulu, waktu lagi main ke rumah saudara. Cantik pantainya.. Waduh, jadi kangen mau kesana lagi. :)

    ReplyDelete
  3. jalan-jalan seger apalagi pakai cap panda ya :) semoga menang ya. Maaf banget baru bisa bw lagi

    ReplyDelete
  4. Yang minum liang teh cap panda nikmat bangget....

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)

Instagram

IBX583D9E221356E

Like us on Facebook

Flickr Images