Siomay Ikan Saus Kacang

11:06:00 AM

Siapa yang tidak tahu siomay :D Jajanan satu ini memang bikin ketagihan. Saya termasuk penggemar siomay, baik siomay udang, ikan, ataupun ayam. Seringkali saya "nitip" dibeliin siomay bandung yang kebetulan ada di kampus tempat suami bekerja.

Suatu waktu suami ngomong ke saya, kenapa nggak saya coba bikin aja, daripada beli terus. *eh iya juga. Walhasil pagi ini saya udah siap pagi-pagi untuk beli bahan siomay dan membuat siomay dengan segala keterbatasan ilmu memasak saya hehehe...

Ini pertama kalinya saya bikin siomay setelah searching resep sana sini, dan dikombinasikan akhirnya jadi deh. Rasanya sih lumayan, kalo saya pribadi ratingnya 3/5 :D masih banyak yang kudu diperbaiki.

Oh ya ini penampakan siomay ikannya


Resep Siomay Ikan
BAHAN
  • 400 g Ikan tenggiri giling
  • 2 btg Daun bawang
  • Tahu Goreng dikeruk isinya
  • 100 g Sagu
  • 50 ml Air es
  • Bawang Putih haluskan
  • 1/2 sdm Garam
  • 1 sdt penyedap (optional)
    Saus Kacang
  • 150 g Kacang tanah goreng
  • Bawang Putih, Bawang Merah
  • 4 bh Cabai merah
  • 1 sdm Gula pasir
  • 1/2 sdm Garam
  • 500 ml Air
  • 3 sendok air asam jawa

  • Pelengkap saat makan: Jeruk, kecap manis, cabe halus/saos sambal
CARA MASAK
  1. Saus: Haluskan kacang tanah, bawang, cabai merah, garam, gula, dan air.
  2. Masak adonan saus kacang hingga mengental, angkat, dan sisihkan.
  3. Iris-iris daun bawang.
  4. Campur ikan tenggiri giling, daun bawang, sagu, garam, penyedap, bawang putih halus, dan air es, aduk rata.
  5. Isi tahu dengan adonan, jika masih ada sisa adonan bulatkan menggunakan sendok
  6. Kukus ± 20 menit hingga matang. Angkat dan sajikan dengan saus kacang . 
*resep dari berbagai sumber

Silahkan kalau teman-teman mau coba buat dirumah ^_^   
Saya mau makan siomay nya dulu hehehe

You Might Also Like

4 komentar

  1. Hehehe.. Aida hobby makan tapi gak hobby masak Kak.. hehe..

    semoga plan ke depan mau belajar masak ah, biar di sayang suami..

    ReplyDelete
  2. dari tampilannya sepertinya enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, gx seenak dibanding siomay2 yang dijual mba :D

      Delete
  3. Kk jg dulu gx hobby masak hehe, nah muulai suka masak malah wakttu udah nikah heheh

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)

Instagram

IBX583D9E221356E

Like us on Facebook

Flickr Images