Tahun baru identik dengan sesuatu yang baru. Tahun baru juga selalu menjanjikan dengan trend trend yang baru pula. Itu sudah menjadi lumrah untuk semua bidang kehidupan baik itu bidang kuliner, fashion, pendidikan, teknologi, bisnis, kosmetik dan lain sebagainya. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya keluaran-keluaran produk dalam berbagai bidang yang mengatasnamakan tahun baru.

credit

Lalu bagaimana dengan dunia blog? Apakah Ngeblog akan gitu-gitu aja atau akan melahirkan trend-trend baru layaknya trend fashion yang lagi menjamur. Dulu salah satu pakar pernah mengatakan bahwa blog hanya trend sesaat, apa iya? terlepas dari itu jujur saya akui ngblog bagi sebagian orang memang hanyalah trend sesaat. Kini bisa kita lihat hanya sebagian saja blogger yang konsisten untuk nulis di blognya. Banyak juga blogger yang ngeblog tapi nggak mau nulis alias pakai mesin AGC alias Auto-Generated Content. bahkan beberapa situs blog gratisan dan komunitas blogger dah pada tutup atau sepi. Tapi diluaran sana ternyata juga banyak blogger sejati yang mempertahankan konsistensi ngeblognya hingga bisa mencapai tingkat dimana menulis bukan lagi sekedar nulis tapi kebutuhan yang mendatangkan banyak manfaat termasuk income yang terbilang wah 🙂

Kini, apakah ini trend atau bukan, segala sesuatu akan selalu memiliki masa trend, berjaya, diam ditempat  lalu mati atau berubah. Media blog telah lama berevolusi dengan adanya mikro blogging, video blogging, foto blogging dan sebagainya. Begitupun dengan tahun 2015, bakal ada perubahan-perubahan yang saya harap baik bagi dunia blog.

Walau bukan ahli dalam memprediksi, tapi berdasarkan pengamatan selama berselancar di dunia blog tahun 2014 lalu, blog-blog ini bakal ngtrend dan bersinar di tahun 2015. apa saja? yuk ikuti.


Citizen Journalism Blog (Blog Jurnalisme Warga)
Harus diakui blog gratis yang disediain media online komersial ini seperti kompasiana ataupun blogdetik sudah malang melintang mengisi dunia blogger. Para anggotanya yang merupakan warga biasa, bukan wartawan profesional di media tersebut, pun sangat aktif menulis, banyak melakukan kegiatan baik online ataupun offline. Tak bisa dipungkiri perkembangannya yang cepat tentu akan semakin meningkat di tahun 2015.


Niche Blog
Blog dengan tema yang spesifik sering menjadi lirikan para pengiklan terutama adsense atau pemberi job review yang mempunyai relevansi dengan isi blog tersebut. Sekarang, sudah semakin banyak para blogger yang memilih untuk konsisten menulis di niche blog dibandingkan General blog alias blog gado-gado kayak punya saya hehee… karena niche blog punya potensi tinggi untuk memberikan sumbangan “klik” dan visitor yang banyak.

Nah, ini nih Blogger dengan tema blog dibawah ini yang mungkin bakal jadi trend di tahun 2015

1. Kesehatan dan Kecantikan. Beauty blogger memang punya tempat khusus di dunia blog. Mereka jadi incaran para produsen kosmestik atau produk kesehatan untuk mereview produk. Mereka juga sering memberikan tutorial kesehatan dan kecantikan untuk dicoba para pembaca. Tahun 2015 sepertinya beauty blogger bakal lebih bersinar.
2. Fashion. Nah, ini blog biasanya berisi foto, info, dan tutorial fashion terbaru, termasuk hijab yang sekarang lagi rame.
3. Food & Drink. blog yang biasanya berisi resep-resep makanan dan minuman ini biasanya selalu ramai dikunjungi. saya termasuk salah satu emak-emak yang suka buka blog makanab4n untuk cari inspirasi memasak di rumah.
4. Traveling. blog yang isinya tentang perjalanan wisata blogger ini juga  tambah ngetrend di 2015. blog mereka bakal jadi referensi para pelancong juga mempromosikan suatu wilayah.
5. Parenting. sekarang udah banyak emak-emak yang bikin blog khusus untuk nyeritain perkembangan anak mereka dengan bahasa yang menarik, juga bonus tips dan trik untuk mendidik anak.
6. Informasi Teknologi. setau saya sejak awal ngeblog, blogger dengan tema blog satu ini selalu ramai dikunjungi karena tips trik juga tutorial plus memberikan link-link download program sangat membantu bagi blogger pemula khususnya.
7. Buku. Nah para blogger buku juga semakin banyak nih, mereka biasanya nulis resensi buku yang dibaca. Malah mereka sering dapat buku gratis dari penerbit yang kepengen bukunya dipromosiin.

Blog Gado-Gado
walaupun trend sekarang adalah niche blog, tapi nggak menutup kemungkinan general blog alias blog gado-gado bisa jadi lirikan visitor dan pengiklan loh. Sudah banyak blogger yang membuktikan walaupun isi blognya nyampur tapi banyak job review yang didapat. Pernah baca sih karena konsisten menulis dan akhirnya visitor plus page rank yang tinggi jadi blognya dilirik walaupun isi nyampur. Semoga saya bisa juga kayak gitu deh 😀

Terakhir, apapun jenis blog yang kita punya, semoga tahun 2015 kita bisa tetap konsisten nulis “tanpa  embel-embel” dan jadi Blogger yang bersinar 🙂

Salam semangat
@chikarein

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *