Follow Us @riafasha

Tuesday, January 6, 2015

Ini Dia, Blogger yang Akan NgeTrend di 2015

Tahun baru identik dengan sesuatu yang baru. Tahun baru juga selalu menjanjikan dengan trend trend yang baru pula. Itu sudah menjadi lumrah untuk semua bidang kehidupan baik itu bidang kuliner, fashion, pendidikan, teknologi, bisnis, kosmetik dan lain sebagainya. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya keluaran-keluaran produk dalam berbagai bidang yang mengatasnamakan tahun baru.

credit
Lalu bagaimana dengan dunia blog? Apakah Ngeblog akan gitu-gitu aja atau akan melahirkan trend-trend baru layaknya trend fashion yang lagi menjamur. Dulu salah satu pakar pernah mengatakan bahwa blog hanya trend sesaat, apa iya? terlepas dari itu jujur saya akui ngblog bagi sebagian orang memang hanyalah trend sesaat. Kini bisa kita lihat hanya sebagian saja blogger yang konsisten untuk nulis di blognya. Banyak juga blogger yang ngeblog tapi nggak mau nulis alias pakai mesin AGC alias Auto-Generated Content. bahkan beberapa situs blog gratisan dan komunitas blogger dah pada tutup atau sepi. Tapi diluaran sana ternyata juga banyak blogger sejati yang mempertahankan konsistensi ngeblognya hingga bisa mencapai tingkat dimana menulis bukan lagi sekedar nulis tapi kebutuhan yang mendatangkan banyak manfaat termasuk income yang terbilang wah :)

Kini, apakah ini trend atau bukan, segala sesuatu akan selalu memiliki masa trend, berjaya, diam ditempat  lalu mati atau berubah. Media blog telah lama berevolusi dengan adanya mikro blogging, video blogging, foto blogging dan sebagainya. Begitupun dengan tahun 2015, bakal ada perubahan-perubahan yang saya harap baik bagi dunia blog.

Walau bukan ahli dalam memprediksi, tapi berdasarkan pengamatan selama berselancar di dunia blog tahun 2014 lalu, blog-blog ini bakal ngtrend dan bersinar di tahun 2015. apa saja? yuk ikuti.

Citizen Journalism Blog (Blog Jurnalisme Warga)
Harus diakui blog gratis yang disediain media online komersial ini seperti kompasiana ataupun blogdetik sudah malang melintang mengisi dunia blogger. Para anggotanya yang merupakan warga biasa, bukan wartawan profesional di media tersebut, pun sangat aktif menulis, banyak melakukan kegiatan baik online ataupun offline. Tak bisa dipungkiri perkembangannya yang cepat tentu akan semakin meningkat di tahun 2015.

Niche Blog
Blog dengan tema yang spesifik sering menjadi lirikan para pengiklan terutama adsense atau pemberi job review yang mempunyai relevansi dengan isi blog tersebut. Sekarang, sudah semakin banyak para blogger yang memilih untuk konsisten menulis di niche blog dibandingkan General blog alias blog gado-gado kayak punya saya hehee... karena niche blog punya potensi tinggi untuk memberikan sumbangan "klik" dan visitor yang banyak.

Nah, ini nih Blogger dengan tema blog dibawah ini yang mungkin bakal jadi trend di tahun 2015

1. Kesehatan dan Kecantikan. Beauty blogger memang punya tempat khusus di dunia blog. Mereka jadi incaran para produsen kosmestik atau produk kesehatan untuk mereview produk. Mereka juga sering memberikan tutorial kesehatan dan kecantikan untuk dicoba para pembaca. Tahun 2015 sepertinya beauty blogger bakal lebih bersinar.
2. Fashion. Nah, ini blog biasanya berisi foto, info, dan tutorial fashion terbaru, termasuk hijab yang sekarang lagi rame.
3. Food & Drink. blog yang biasanya berisi resep-resep makanan dan minuman ini biasanya selalu ramai dikunjungi. saya termasuk salah satu emak-emak yang suka buka blog makanab4n untuk cari inspirasi memasak di rumah.
4. Traveling. blog yang isinya tentang perjalanan wisata blogger ini juga  tambah ngetrend di 2015. blog mereka bakal jadi referensi para pelancong juga mempromosikan suatu wilayah.
5. Parenting. sekarang udah banyak emak-emak yang bikin blog khusus untuk nyeritain perkembangan anak mereka dengan bahasa yang menarik, juga bonus tips dan trik untuk mendidik anak.
6. Informasi Teknologi. setau saya sejak awal ngeblog, blogger dengan tema blog satu ini selalu ramai dikunjungi karena tips trik juga tutorial plus memberikan link-link download program sangat membantu bagi blogger pemula khususnya.
7. Buku. Nah para blogger buku juga semakin banyak nih, mereka biasanya nulis resensi buku yang dibaca. Malah mereka sering dapat buku gratis dari penerbit yang kepengen bukunya dipromosiin.

Blog Gado-Gado
walaupun trend sekarang adalah niche blog, tapi nggak menutup kemungkinan general blog alias blog gado-gado bisa jadi lirikan visitor dan pengiklan loh. Sudah banyak blogger yang membuktikan walaupun isi blognya nyampur tapi banyak job review yang didapat. Pernah baca sih karena konsisten menulis dan akhirnya visitor plus page rank yang tinggi jadi blognya dilirik walaupun isi nyampur. Semoga saya bisa juga kayak gitu deh :D


Terakhir, apapun jenis blog yang kita punya, semoga tahun 2015 kita bisa tetap konsisten nulis "tanpa  embel-embel" dan jadi Blogger yang bersinar :)

Salam semangat
@chikarein



44 comments:

  1. blog saya gado2 nih hehehe..iya,sekarang banyak banget yg lagi nambah blog niche

    ReplyDelete
  2. sip yang terpenting adalah konsisten dalam ngeblog

    ReplyDelete
  3. blog punyaku gado-gado minumnya es campur hehe
    :D

    ReplyDelete
  4. Wah menarik tuh yang citizen jurnalism, bisa-bisa blogger menggantikan peran wartawan televisi. Hahaha :D

    @IfanAndriP - www.ifantastis.com

    ReplyDelete
  5. Teteup selalu semangat walaupun blogku yang campur-campur :v

    ReplyDelete
  6. saya pilih no 4 yaitu ingin ngembangan blog traveler karena ingin memperkenalkan kampung halaman lewat blog biar ngtren gitu :)

    ReplyDelete
  7. Wah iya nih mbak. Kalau blog yang mengarah ke kebutuhan individu kayakna bakal ramai pengunjung dan jadi tren deh. :D
    Blog aku juga masih gado-gado, mbak.
    Tapi kalau blog gado-gado sebisa mungkin berusaha supaya tulisannya keren jadi bisa narik banyak pengunjung.. :)

    ReplyDelete
  8. nge blog apakah hanya trend sesaat atau gimana yah lihat saja nanti gimana, saya lebih suka menjadi citizen jurnalisme blog deh dari pada niche tapi kalau ada tawaran dan berbayar boleh aja si hehe....ngarep.com

    tema blog yang aku tulis sih yah apa aja sih yang penting mah nulis...eh gado-gado yak ini hehe? kalao mbak lebih sukanya yang mana?

    ReplyDelete
  9. blogger tekno masuk ke blogger IT ya ..asiiiik

    ReplyDelete
  10. Aku mah gado-gado asal terus nulis. Apa aja yang pengen ditulis

    ReplyDelete
  11. tetaplah menulis, selama nafas dan gerak hati masih bisa menari-nari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gus... tulisan tentang ikhlas menulis kemaren manteb, banyak kuambil pelajaran darinya, serius :)

      Delete
  12. Terkait Tren blogger, banyak orang boleh berasumsi beda.
    Dan menurut Mas Ivan, Blogger tak sekedar tren tahunan yang pasang dan surut saat komunitas melejit. Blogger telah berproses pada posisi yang strategis, dan kini pelaku usaha menjadikannya ujung tombak pemasaran melalui strategi Low Budget- High Impact, yang solutif saat berada dimasa sulit.

    ReplyDelete
  13. Wah, niche blog saya sepertinya masuk kategori gado-gado ni hehehe... Apapun niche blognya, yang penting tetap semangat buat nulis dan berbagi informasi.

    ReplyDelete
  14. Benar banget mbak, menulislah tanpa embel-embel. Yang penting blognya tetap update, bukan sekali nulis terus lupakan :)
    Masalah rejeki, itu kesempatan dan harus Alhamdulillah buat kesempatan itu.

    ReplyDelete
  15. Aku berharap juga blog seperti kita yang personal ini bisa juga menjadi lirikan para pengiklan

    ReplyDelete
  16. yap, sepertinya bakalan banyak blog gado gado yang muncul di tahun 2015 hehehe

    ReplyDelete
  17. blog aku juga gado-gado..hihihi tapi tetep usahain semua berhubungan dengan makanan :D

    ReplyDelete
  18. Blog ku juga isinya campur2 kayak sayur asem :D

    ReplyDelete
  19. Blog ku juga isinya campur2 kayak sayur asem :D

    ReplyDelete
  20. yaaaah blog gado2 ada di akhir >.<

    ReplyDelete
  21. Yaahh aku lebih ke gado-gado ajalah, sulit kalau harus mengikuti 1 tema. Hidup blog gado-gado!! hehe

    ReplyDelete
  22. Blogger gado-gado yang penting isinya gado-gado.

    ReplyDelete
  23. wah.. daku spesialis blogger gado-gado nih. xixixixixiixi

    ReplyDelete
  24. Blog Lotek aja.......... blog rujak cingur

    ReplyDelete
  25. Saat ini aku juga tertarik dengan citizen jurnalism dan itu aku tuangkan di blog ku kabardesa.com

    ReplyDelete
  26. Walo blog aku masih campur, tapi aku punya keinginan buat Niche Blog, ntar bahasan nya tentang hukum hihi sharing apa yang dipelajari di kampus :D Salam kenal dari Pekanbaru :)

    ReplyDelete
  27. hasrat hati juga pengen bikin blog yg tematik, parenting atau kuliner, tapi kesampaian sampai sekarang

    ReplyDelete
  28. Dari komen2nya pada suka gado-gado ya :D

    ReplyDelete
  29. Untuk sementara saya masih berkutat dengan waktu yang pas untuk menulis. Mengingat kesibukan saya yang luar biasa dan kadang terkendala pada fasilitas dan juga pasokan listrik sering menyebabkan aktifitas blogging menjadi terganggu

    ReplyDelete
  30. I Love Your Website, I Would Appreciate It For A Good Read This!!!

    ReplyDelete
  31. Saya musti buat kerangka dulu juga kalo nulis blog. Tapi kalo ide pokok kapan saja bisa muncul dan segera ditulis . saat ini masih bertema gado gado

    ReplyDelete
  32. terimakasih gan tentang infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  33. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)