NgeBlog dapat apa?

10:21:00 AM

Ada yang bilang, males ah ngeblog saya nggak dapat apa-apa!
Lihat tuh si "itu" dia ngeblog dan ikut lomba menang terus, bejibun  hadiahnya!
Lihat tuh si "ini" dia ngeblog kebagiaan job review terus, dolarnya ditabungan tambah banyak!
Atau lihat tuh si "anu" dia ngeblog bisa jalan-jalan gratis dan buat buku!
Nah saya, kok nggak dapat apa-apa!

Sahabat blogger yang saya sayangi, *dengan ekspresi mario teguh
Saya pun bertahun-tahun merasakan hal yang sama, dari era tahun 2008 saya ngeblog dengan segala macam domain termasuk multiply, wordpress, blogdetik, blogspot dll hingga sekarang kadang ada terbesit rasa iri dengan orang lain yang sudah melejit dengan blognya, kenapa kok pencapaian saya ngeblog ya gini-gini aja dan membuat mood nulis semakin berkurang.

Setelah mengalami pasang surut semangat nulis dan ngeblog, saya jatuh pada satu kesimpulan bahwa yang membuat saya sering mengalami penurunan semangat menulis adalah niat yang salah.
Ya, niat saya ngeblog belum benar-benar lurus, hehee yah masih terbawa iming-iming materi, ingin dapatin uang, dapetin hadiah, dikenal orang, pengen eksis dan lain sebagainya. Nah, niat yang begitu kadang bikin saya dan mungkin pernah sahabat blogger rasakan menjadikan kita blogger yang nggak fokus, nulisnya musiman, atau malah hilang timbul dari peredaran. Semangat mudah kendor karena mungkin nggak menang lomba, komentar di blog sedikit, visitor semakin jarang dll.

Untuk menjadi blogger dengan niat yang lurus memang nggak mudah ternyata, perlu semangat dan konsistensi yang tinggi supaya nggak tergoda dengan penyakit malas. Saya sedang mencoba untuk berubah walaupun kadang masih juga sering kalah. Untuk mensiasatinya, saya juga buat blog nggak hanya di blogspot, supaya nggak mudah bosan. Jadi kalo jenuh di blog ini, ngisi di blog lain :) begitu seterusnya.

Lalu bagaimana dengan lomba-lomba nulis di blog? Nah ini juga salah satu awalan untuk pemacu biar saya semangat nulis, walaupun blogger sebenarnya nggak ada lomba yo tetap nulis hehehe...
Saya buat list semua lomba yang pengen saya ikuti, dan diguyur satu persatu. Walaupun dari berpuluh-puluh lomba hanya satu dua nama saya yang nyangkut itu nggak jadi masalah, karena saya udah kebal dengan kekalahan hehehe...

Namun sahabat ternyata tidak selamanya kita kalah, kalau kata suami saya "masa iya kesungguhan kita diganti Allah sama hal biasa-biasa aja"? ternyata ada-ada saja rejeki silih berganti datang melalui blog.

Lalu ngblog dapat apa?
Awal ngeblog saya cuma berani ikutan giveaway kecil-kecilan, hadiah pertama saya ngeblog hanyalah sebuah buku bekas karangan Sidney Sheldon yang hingga sekarang masih saya simpan. Kalo nggak salah itu hadiah dari lomba menulis tentang buku yang menginspirasi kita.



memang hanya buku bekas, tapi buku ini punya tempat tersendiri di hati saya, karena bermula dari sini saya makin semangat ngeblog. setelah itu banyak lagi yang saya dapatkan dari blog, buku gratis yang banyak, voucher belanja, kosmetik, kacamata, tas,sepatu, pulsa mukenah, power bank, dompet uang, kamera digital,  dan lain sebagainya. Bahkan tahun 2014 saya dapat hadiah yang agak lumayan yaitu berupa Iphone dari lomba nulis di kompasiana juga uang pembinaan yang lumayan karena menang lomba blog sun anugrah caraka.

Kesemuanya itu saya pandang sebagai bonus dari bertahun-tahun saya ngeblog. Mungkin baru sedikit dibanding blogger kondang lainnya yang sudah bisa menjadikan blog sebagai profesi meraka, tapi walau baru kecil-kecilan begitu saya syukuri :)
Hadiah hanyalah bonus, yang penting di blog saya banyak teman yang kadang tidak disangka-sangka begitu baiknya seperti keluarga sendiri, malah salah satu blogger pernah membantu saya saat kesulitan keuangan :)
Blog juga semakin menumbuhkan kecintaan saya terhadap dunia tulis menulis. Semoga semakin banyak kebaikan yang saya dapatkan dari ngeblog.

Kalo sahabat blogger, Ngeblog dapat apa? share donk!

You Might Also Like

13 komentar

  1. ngeblog lah dari hati,, maka akan merasakan yang terbaik,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaALlah mbak, aku jg lagi coba terus ngeblog dr hati

      Delete
  2. Uhuk!!!
    Saya kok kesindir ya. Hahahhaa.
    Tapi emang bener banget saya masih ngeblog dengan tujuan materi makanya gini2 aja. :(((((

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kadang masing tujuan materi, ini masih belajar utk bs ikhlas dan terus semangat

      Delete
    2. hehe saya jg kadang masih krn tujuan materi mbak,
      yuk sama2 berubah

      Delete
  3. Kl saya niat awal ngeblog ya nulis.share pengalaman jd guru bk..alhmd ssmpai saat ini niatnya msh g berubah.kl dpt job review itu bonus menurut saya hehe...terus dpt apavdr ngeblog??jujur..dpt byk pngetahuan dan teman.itu yg plg kerasa smpi skrg hehe...

    ReplyDelete
  4. saya ngeblog dapet temen baru buat diajak bertualang

    ReplyDelete
  5. Wah inspiratif kisahnya, emangat untuk terus ngeblog, mba. :D

    Kalau aku selama ngeblog dapat julukan "anti-mainstream" di kampus. Lalu pernah dapet uang, makan gratis, & jalan-jalan juga sih pas gabung bareng temen-temen #BloggerBDG. Tapi sayangnya jarang banget dapet hadiah kalau ikutan lomba. :')

    Salam hangat,
    Sandra Dewa http://sandradewa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. benar sekali bang niat dan pola pikir kita yang langsung mencari materi dan yang enak nya yang membuat kita kadang gagal. semangat bang...

    ReplyDelete
  7. Harus betul-betul niat ya. Sip, deh. Semangat! ;)

    ReplyDelete
  8. @wihikan, iya banyak temen baru yg didapat
    @sandra, kemudahan2 itu mungkin bonus karena kita rajin ngeblog ya
    @lapakmedan, iya semoga niat saya bisa diluruskan
    @dini, iyah semangat jg

    ReplyDelete
  9. saya mengalami peningkatan semangat ngeblog saat seorang teman lama saya rupanya diam-diam sering baca blog saya. hingga suatu hari dia chat kesaya katanya dia termotivasi dengan pencapaian ngeblog yg saya lakukan. padahal kualitas tulisan saya di blog juga enggak keren-keren amat.

    Saya mengambil pelajaran. rupanya walaupun tidak bagus, tetapi kita konsisten berkarya ada juga yang apresiasi. gara-gara pengakuan teman itu saya jadi semangat belajar nulis lebih baik lagi...

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)

Instagram

IBX583D9E221356E

Like us on Facebook

Flickr Images