Follow Us @riafasha

Wednesday, January 7, 2015

Resep Gulai Tauco

Gulai tauco adalah salah satu favorit saya ehehe, bikinnya memang perlu waktu lebih lama dibandingkan bikin sambel, tapi sekali-kali bolehlah dicoba. Kebetulan hari ini saya lagi istirahat dan nggak ketoko, akhirnya masak-masak deh dirumah.

Secara umum bumbu gulai tauco ini kayak biasa sih. Tapi kalo resep saya lebih sederhana (resepnya diajari sama ibu) :D




Bahan:
1. 4 potong tahu putih, dipotong dadu
2. 1 potong tempe, dipotong dadu
3. 2 ons buncis, iris serong
4. 10 buah cabe hijau iris serong (kalo mau lebih pedas saya tambahkan cabe rawit dan cabe hijau lebih banyak)
5. Jeroan (hati ayam) * ini tambahan ya, kadang-kadang saya tambahin udang, atau ikan goreng
6. 4 siung bawang merah, iris halus
7.  2 siung bawang putih iris halus
8. 3 cm jahe, digeprek
9. 1 batang serai, dikeprek
10. 1 lembar daun salam
11. 2-3 sendok tauco (sesuai selera
12. Garam secukupnya
13. Minyak untuk menggoreng
14. Santan dari 250 gram kelapa

Cara Membuat
1. Goreng Tahu, Tempe, Ikan/ayam/udang lalu sisihkan
2. Panaskan minyak secukupnya, tumis bawang merah bawang putih, jahe, serai, daun salam, dan cabe hingga layu dan harum.
3. Masukkan buncis hingga berubah warna
4. Tuangkan santan, diaduk hingga mendidih, lalu masukkan tauco diikuti tempe tahu
5. Tambahkan garam secukupnya, atau penyedap (jika suka)
6. Aduk-aduk hingga matang.
7. Angkat dan Sajikan :)

Semoga bermanfaat ^_^

11 comments:

  1. uwah lihat gambarnya jadi laper hehe
    pengen coba itu resepnya

    ReplyDelete
  2. Uwaaa smpi skrg q pnasaran sm yg namanya tauco mbk...pnasaran wujud asli dan rasanyaa..sedep beneerrr mssakannya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah nyobain mba? Wuhuu yuk main kerumah ku, ntar mamaku buatkan :p

      Delete
    2. wahh ahli masak mbk hm zwan nongol, coba aja mbak, klo disini banyak kok yg jual tauco

      Delete
  3. Aaaa aku suka banget Jeroan, kalau di sini sering di bilang hati Ampela. hihihi pasti enak banget, dari tampilan aja udah kelihatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehe insyaALlah enak kalo makan disaat laper hehe

      Delete
  4. Mbak, kalau bahan yang tertulis di atas ndak semua dimasak gimana ? cuma beberapa ? Masih bingung, yang dimaksud tauco =,= hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo untuk lauk pauknya bisa diganti kok mbak, kalo tauco itu lain kali deh saya post gimana bentuknya :D

      Delete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)