Follow Us @riafasha

Thursday, February 26, 2015

Liburan Musim Dingin di Jepang Impian Saya


Saya sedang duduk di bawah pohon dengan pemandangan hamparan salju yang putih bersih. Banyak anak-anak tertawa bahagia karena begitu semangatnya bermain ski. Salju memang dingin, tapi suasana disini begitu hangat. Disamping saya, Ubay anak saya dan suami sedang asyik bercengkrama sesekali mengambil foto untuk jadi kenangan seketika kembali ke Indonesia. Kami sedang berada di Gala Yuzawa, salah satu destinasi impian untuk liburan dan berwisata saat musim salju di Jepang. Untuk menghangatkan tubuh, saya mengambil termos berisi teh hijau khas Jepang lalu menyeduhnya ke dalam sebuah poci. Aroma dan uap teh membuat saya nyaman. Lalu saya mendekatkan mulut saya, namun..... Uhhh panas!!



Dan saya terbangun! Ternyata hanya mimpi :(

Sejauh ini Jepang memang hanyalah sebatas mimpi indah saya. hehe.. Tapi tak ada salahnya bermimpi, karena mimpi itu gratis. Siapa tahu dengan banyaknya mimpi dan do'a yang kita minta pada Allah Yang Maha Kaya, salah satunya diijabah.. aamiin...

Sebenarnya banyak sekali destinasi wisata yang saya impikan. Salah satunya adalah Jepang, negara yang terkenal dengan gunung fuji, bunga sakura, teh, masyarakat dan budayanya. Selama ini saya menikmati keindahan Jepang hanya dengan menonton anime dan filmnya terutama One Piece yang jadi favorite saya, membaca baik itu dari majalah Halo Jepang yang dikirimkan kepada saya setiap bulannya, status dan liputan teman-teman di sosial media, atau menonton langsung di televisi tentang liburan di Jepang. Bukan tanpa alasan Jepang menjadi salah satu negara favorit dan paling diminati oleh wisatawan. Namun begitu banyak kelebihan dan pesona Jepang yang membuat kita terkagum-kagum.

Jepang Memiliki Beberapa Musim



Empat musim di Jepang selalu punya pesona tersendiri. Musim semi yang indah dan ceria dengan bermekarannya sakura menjadi pilihan untuk barbeque bersama di bawah indahnya pemandangan. Musim panas yang cerah di Jepang biasanya dinikmati dengan berwisata ke pantai dan melihat banyaknya festival musim panas seperti festival kembang api. Musim gugur yang eksotik dengan perubahan warna daun menjadi kuning, merah, oranye. Serta musim dingin yang menyenangkan dengan bermain salju di arena ski, mengunjungi Sapporo Yuki Matsuri dikota Hokkaido lalu menikmati ratusan patung salju dan pahatanes yang menghiasi dari Taman Odori, lapangan di Satoland, dan jalanan utama di Susukino, atau mengunjungi Gala Yuzawa yang hanya 77 menit dari tokyo.

Transportasi Jepang yang Canggih



Tidak diragukan lagi, Jepang punya Transportasi yang begitu canggih. Jika kita pernah menonton Doraemon Stand By Me, saya pikir itu hanyalah impian masa depan orang-orang Jepang. Namun ternyata Tokyo dan banyak kota lainnya di Jepang satu sama lainnya saling terhubung dengan moda transportasi yakni kereta canggih dan terkenal cepat di negeri ini setidaknya ada tiga jenis kereta yakni kereta lokal, kereta bawah tanah dan kereta super cepat. Kereta api super cepat disebut dengan Shinkansen. Semua orang dapat mengandalkan lintasan kereta api supercepat ini untuk bepergian. Tentu jangan membayangkan kondisi kereta api di Jepang sama dengan kereta api di Indonesia yang masih semrawut dengan jadwal yang sering molor.
Selain itu ada Japan Rail Pass yang dikeluarkan JR menawarkan nilai lebih dan kenyamanan. Rail Pass ini disediakan hanya untuk wisatawan dan harus dibeli di luar Jepang. Ini memberikan pemegangnya perjalanan tak terbatas dengan kereta api. JR dan bus-bus yang berafiliasi serta kapal ferry JR Miyajima. Semoga Indonesia bisa belajar banyak dari Jepang yah!

Masyarakat, Budaya, dan Kuliner



Jepang punya masyarakat yang ramah, tertib dan tepat waktu. Suatu kelebihan yang membuat banyak orang senang berkunjung ke Jepang. Jepang pun sangat kaya dengan kebudayannya. Sebut saja Kabuki di Jepang yang begitu kental dengan seni tradisionalnya, Kabuki dimainkan hanya oleh pria. Para penonton dapat menyaksikan kostum yang mencolok dan pose khusus yang disebut “mie”. Teater khusus kabuki yang disebut Kabukiza merupakan puncak keindahan arsitektur Jepang. Saya pun tertarik dengan kadou yang merupakan seni merangkai bunga ^_^ Ingin juga ikut minum teh bersama orang Jepang dengan menggunakan kimono.

Aduhh bercerita tentang hebatnya negeri Sakura memang nggak ada habisnya deh. Jika saya dikasih kesempatan ke Jepang Gratis pasti mau banget, apapun musimnya :D Apalagi kalau diajak wisata ke Jepang pada saat musim dingin. Aduh nggak kebayang gimana senangnya!

Lalu Seperti Apa Liburan Musim Dingin Ideal di Jepang Menurut Saya?
Biasanya musim dingin di Jepang berlangsung dari Desember-Februari. Sepanjang musim dingin ternyata di Jepang tetap berlangsung kegiatan menarik dan banyak juga wisatawan yang berkunjung. Jika saya berkesempatan mengunjungi Jepang di Musim Dingin banyak hal yang ingin lakukan dan banyak tempat yang ingin saya kunjungi. Apa saja? Yuk simak impian musim dingin ideal di Jepang versi saya :)

Mengunjungi Sapporo Snow Festival, Hokkaido Jepang



Festival Salju di Sapporo sudah sangat dikenal oleh wisatawan dunia dan ini merupakan salah satu acara paling populer selama musim dingin di Jepang. Festival Salju Sapporo dimulai pada tahun 1950, ketika siswa SMA dibangun patung salju di Taman Odori beberapa . Sejak itu berkembang menjadi besar, acara dikomersialkan, menampilkan salju spektakuler dan patung es dan menarik lebih dari dua juta pengunjung dari Jepang dan di seluruh dunia . Snow Festival digelar pada tiga tempat: Odori Site , Susukino Situs dan Tsu Dome Site. Saya suka baca tentang berita pembuatan patung salju dan yang menjadi favorite saya adalah patung salju bertema One Piece. Kepengen banget foto di depan situs ini ^_^

Asahikawa Winter Festival, Hokkaido


Asahikawa terkenal Asahikawa, dikenal sebagai situs kebun binatang di utara Jepang, memegang Festival salju disini dikenal dengan ukuran patung saljunya yang besar.  Sebagai contoh, sebuah patung yang mewakili Suwon Puri di kota Suwon, Korea, memiliki volume 103.591 m3 dan tertulis dalam Guinness World Records sebagai struktur salju terbesar di dunia. Patung-patung salju utama di festival ini konon menggunakan enam ton salju. Duh kayak serasa di film-film negeri salju deh.

Lake Shikaribetsu Kotan, Hokkaido


Dauan Shikaribetsu merupakan merupakan desa es yang dibangun di atas danauh salju. Ada pondok es dilengkapi dengan kursi, meja dan tempat tidur, sebuah bar es dengan counter dan gelas yang terbuat dari es, serta teater es dan ruang es, yang dibangun di atas es untuk acara tersebut. Mandi udara terbuka di atas es adalah atraksi yang populer juga, dan saya ingin sekali berendam di mata air panas di bak bulat yang merupakan satu-satunya hal yang tidak terbuat dari es di sini.







Wisata Salju di Onsen


Kusastsu Onsen saat Musim Dingin
Onsen atau pemandian air panas adalah destinasi wisata yang sangat indah ketika musim dingin. Berendam dalam air hangat alami akan jadi sangat mengasyikkan sambil memandangi pemandangan yang dipenuhi oleh hamparan salju. Banyak sekali Onsen yang ada di Jepang diantarnya Nyuto Onsen, Minakami Onsen yang memiliki pemandian outdoors terluar dan terbesar di Jepang, juga Kusatsu Onsen di Prefektur gunma memiliki volume mata air panas yang besar dan secara konsisten mampu bertahan sebagai tujuan onsen terbaik bagi wisatawan.

Satu hal lagi yang menarik tentang Onsen di Jepang adalah Jigokudani Monkey Park, Onsen ini menjadi unik karena kita bisa berendam dengan air panas dengan monyet-monyet liar gunung yang hidup liar di sekitar onsen tersebut. dan tidak perlu takut untuk mandi bersama mereka karena mereka sangat ramah dan fotogenik.



Tokamachi Snow Festival, Niigata Prefecture



Kota Niigata Prefecture Tokamachi, dikenal karena saljunya yang banyak dan dianggap sebagai pencetus festival era salju modern. Tokamachi ini terkenal dengan patung-patung salju seni dipamerkan di Festival Salju Tokamachi tahunannya. Pada tahun 2012, festival ini akan berlangsung dari 17-19 Februari, menampilkan patung salju yang menggambarkan berbagai dewa tradisional Jepang ditampilkan di seluruh kota. Di panggung besar yang terbuat dari salju, telah tercatat oleh Guinness World Records pada tahun 1982. Akhir dari festival ini adalah akan diadakan kembang api dengan patung salju sebagai latar belakang.

Mengunjungi Benteng Himeji



Well, jalan-jalan ke Jepang kayaknya agak kurang kalau tidak mengunjungi Himeji castle. Tidak seperti kebanyakan istana di Jepang, sejak abad ke-14, Himeji Castle belum pernah hancur. Baik oleh api, peperangan ataupun gempa bumi. Hingga menjadikannya sebagai contoh arsitektur terbaik di zaman feodal Jepang.  Eksotik banget deh liat Benteng Himeji yang dipenuhi oleh salju. Pakai kimono dan berfoto disana pasti bakal seru dan mengasyikkan.

***
Eitt masih ada satu destinasi wisata yang bakalan bikin liburan musim dingin di Jepang jadi ideal. Tapi saya tahan dulu, karena kita sebaiknya menikmati kulinernya untuk membuat perut hangat!

Mencicipi Kuliner Khas Musim Dingin di Jepang
Jika saya berkunjung ke Jepang saat musim dingin, tentunya saya akan mencari makanan yang hangat agar nyaman. 

1. Yosenabe

Sup memang selalu lekat sebagai sajian yang paling pas dimakan saat musim dingin. Seperti sup tradisional khas Jepang yang satu ini yosenabe. Yosenabe adalah sup yang isinya beragam seperti udang daging, sayur telur dan tahu yang dimasak dalam hotpot.Yang unik biasanya menu ini bisa dimasak diatas meja sambil langsung dimakan dalam keadaan masih sangat panas. Selain menghangatkan tubuh menu satu ini sangat mengenyangkan. Bagi wisatawan musim bisa memilih restoran halal untuk menyantapnya.

2. Ramen

Ramen menjadi sajian wajib dan selalu lekat dengan cuaca dingin. Sajian mie ini memang paling enak dinikmati untuk menghangatkan badan. Tak hanya dapat dibuat sendiri, biasanya orang Jepang akan keluar di malam hari untuk pergi ke kedai ramen menikmati sajian mie panas khas ini. Namun bagi yang muslim harus hati-hati memilih ramen karena rata-rata ramen berbahan kaldu "pork". Nah untuk Ramen Halal saya pernah baca Shocking Japan karya Junanto Herdiawan yang merekomendasikan warung ramen bernama "Kaijin" Warung ramen seafood ini lokasinya di daerah Shinjuku. Tak jauh dari pintu keluar tenggara (South East Exit).

3. Yakizakana

Yakizakana atau ikan bakar merupakan hidangan populer di resto Jepang menggunakan kompor khas Jepang, bukan oven. Musim dingin di Jepang menjadi sangat tepat untuk menyantap ikan sebanyak-banyaknya. Ikan-ikan Jepang, pada musim dingin, akan mengandung banyak lemak karena banyak menumpuk lemak di tubuhnya untuk mempertahankan dirinya dari serangan udara dingin. Dengan tumpukan lemak tersebut maka rasanya terasa sangat lezat. Salah satu ikan yang mudah ditemui di musim dingin adalah sanma,  apalagi dibakar dengan bumbu khas Jepang. Ikan ini paling mantap bila dimasak dengan bumbu garam saja. Ketika dibakar, kandungan lemak di tubuhnya akan meleleh mencair memenuhi seluruh permukaan kulitnya.

Karena saya seorang muslim tentu saya akan hati-hati untuk memilih makanan. Tapi nggak perlu khawatir, banyak juga restoran halal dan store untuk muslim yang bisa saya nikmati yang tersebar di beberapa daerah di Jepang. Berikut di antaranya
1. Merah Putih Kafe
    Alamat : Shin Okubo Initial House 304, 2-10-9 Hyakunincho, Shinjuku-ku Tokyo
2. Rasa Malaysia
    Alamat : 4F, Hashimoto Bldg., 1-6-6, Kabukicho, Shinjuku-ku, Tokyo
3. Istanbur Saray
    Alamat : Matsuki Building 3F, 534-28 Ebisu-cho, North of kawaramachi Sanjo st, Nakagyo-ku, Kyoto
4. Halal Food Hokkaido
    Alamat :  2-1-101, Higashi 4-chome, Hachiken 6 jo, Nishi-ku, Sapporo-shi, Hokkaido

Informasi Tempat Ibadah untuk Muslim di Jepang
Saya awalnya ragu ketika mengingat Jepang mempunyai warga yang mayoritasnya nonmuslim. Namun ternyata tidak perlu khawatir, ada juga masjid di Jepang. Ada dua mesjid yang cukup besar dan terkenal di Jepang yaitu Mesjid Camii Tokyo yang berlokasi di dekat stasiun Yoyogi Uehara, Tokyo dan Mesjid Kobe di kota Kobe.

Mesjid Camii Tokyo
Mesjid Camii Tokyo merupakan masjid terbesar di Jepang yang berdiri di atas tanah seluas 734 m2 dengan total luas bangunan 1477m2. Ornamen arsitektural mesjid ini sangat indah sehingga orang Jepang non-muslim pun banyak yang berkunjung untuk melihat keindahannya. Mesjid ini juga merangkap sebagai pusat kebudayaan Turki. Sedangkan Mesjid Kobe adalah mesjid tertua di Jepang, yang dibangun pada Oktober 1935. Mesjid ini terletak di Kitano-cho, Kobe. Walaupun pada tahun 1995 kota Kobe dilanda gempa besar yang menewaskan ribuan jiwa tetapi bangungan mesjid ini tidak mengalami kerusakan berarti.


Yang Tidak Boleh dilupakan : SHOPPING
Bagi pencinta belanja seperti saya, pasti nggak mantap rasanya jika tidak berburu barang untuk oleh-oleh dan juga jadi kenangan seketika pulang ke Indonesia. Jepang punya banyak barang bermerk dari seluruh dunia. Tentunya jika belanja langsung ke Jepang akan mendapatkan harga yang lebih murah :D Ada banyak tempat belanja yang bagus:

Ginza


Ginza yang ada di Tokyo selain menjadi pusat perbelanjaan di mana pemilik merek ternama di seluruh dunia membuka toko unggulannya, juga menjadi tempat berkumpulnya show room merek jepang terkemuka. Di Ginza juga banyak terdapat department store, sehingga benar-benar menjadi daerah pusat belanja di Jepang



Toko 100 Yen
Kebanyakan toko 100 Yen di Jepang menjual berbagai macam barang dengan harga sama, yakni 100 Yen. Selain itu, di toko obat Matsumoto Kiyoshi, obat-obatan dan kosmetik dapat dibeli dengan harga murah. Agar bisa mendapatkan buku, majalah, dan komik Jepang dengan harga murah, marilah kita membelinya di toko buku bekas. Di seluruh daerah di Jepang terdapat chain store buku bekas yang dinamakan Book Off, yang mana buku Jepang dapat dibeli dengan harga mulai dari 105 Yen sampai dengan sekitar 50% dari harga barunya.

Nakamise Dori & Oriental Bazaar


Nakamise Dori
Jika ingin membeli cenderamata, kedua tempat ini tidak boleh dilewatkan. Nakamise adalah sebuah jalanan yang terdapat di sekitar Kuil Asakusa, dengan panjang sekitar 250 meter, dan dipenuhi kios-kios yang menjual berbagai jenis cenderamata khas Jepang, seperti yukata, kipas, dan berbagai jenis makanan ringan lokal. Di sini saya bisa mengerahkan keahlian menawar Anda.

Dari Nakamise, jangan lupa mampir ke Oriental Bazaar, salah satu toko suvenir terbesar di Jepang. Terdiri dari di tiga lantai, saya bisa menemukan hampir semua jenis cenderamata di sini, mulai dari kimono antik yang pengen banget saya beli, vas, lemari, hingga boneka Jepang. Oriental Bazaar menyediakan staf yang fasih berbahasa Inggris, dan dapat mengirimkan barang hasil belanjaan  yang berat-berat (lemari, kursi, dan sebagainya).

***
Menghabiskan Hari di Gala Yuzawa "Snowy Wonderland"
Wah perut sudah hangat setelah menyantap makanan jepang yang lezat. Beribadah dan membeli oleh-oleh pun sudah. Satu lagi destinasi selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi ketika menikmati Liburan Musim Dingin di Jepang adalah GALA YUZAWA. Yup nggak lengkap rasanya liburan tanpa bermain salju, dan menikmati olahraga seperti ski atau snowboard.


Pasti teman-teman dah pada tahu bahwa Gala Yuzawa sudah terkenal dengan keindahan arena ski nya. Gala Yuzawa merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi para turis yang ingin merasakan kegembiraan liburan musim dingin di Jepang. Ski resort ini hanya berjarak 77 menit dengan shinkansen dari stasiun Tokyo. Mencapai “snowy wonderland” ini tidak perlu mengganti kereta karena dengan shinkansen bisa langsung tiba di Gala Yuzawa Ski Resort. Di gala Yuzawa kita pun bisa menikmati pemandangan dengan menggunakan gondola.

Pasti tertarik kan untuk mengunjungi gala Yuzawa. Jika ingin pergi ke Gala Yuzawa nggak usah bingung. Karena sudah banyak travel agent yang memudahkan untuk wisata ke sana. Salah satunya Tokyo Rail Days Indonesia yang di kelola oleh JR East yang tergabung dalam Japan Rail Group.

Oh ya bagi yang ingin menikmati salju di Gala Yuzawa, sekarang sedang ada promonya hingga tanggal 28 Februari 2015. Buy 1 Get 1 Free. Wah jangan sampai ketinggalan loh. Kita bisa memilih paket bermain Saljunya di Gala Yuzawa. dari harga US$129-US$-224  untuk orang dewasa dan US$ 64- US$ 112 untuk anak-anak.

Saya membayangkan saya akan menaiki kereta shinsaken yang nyaman lalu menikmati keindahan Gala Yuzawa. Aamiin.. moga jadi kenyataan

Untuk info lengkap mengenai Gala Yuzawa dan info pemesanannya silahkan berkunjung kesini
Website : http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
Fanpage FB : https://www.facebook.com/id.jprail 

***

Wahh senangnya jika bisa menikmati Liburan Musim Dingin di Jepang seperti impian saya. Semoga bisa benar-benar mengunjungi Jepang! aamiin..
Kalo teman-teman punya nggak impian Liburan Musim Dingin di Jepang? Jangan Lupa ke Gala Yuzawa ya ^_^




Referensi:
http://japan-magazine.jnto.go.jp/
http://j-cul.com/
http://jepang.panduanwisata.id/
http://www.jalan2kejepang.com/
http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
https://www.facebook.com/id.jprail
http://www.jnto.or.id/muslim_visitors.html

Sumber Gambar
http://google.com
http://www.jp-rail-id.com/products/gala-yuzawa/
https://www.facebook.com/id.jprail
http://www.jnto.or.id


40 comments:

  1. yap, jepang memang penuh dengan sejuta keindahan. kalau saya sendiri pingin banget nonton teater akb48..
    hahahaha, kasihan banget kalimat pembuka posting. ternyata cuma mimpi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kasihan, tolong doain yaa biar bisa jd kenyataan hehee

      Delete
  2. Destinasinya lengkap mbak, semoga bisa menikmati musim dingin di Jepang yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak sebenarnya destinasi yg lain heheh...
      aamiin, makasih doany mb

      Delete
  3. Replies
    1. makasih ollyvia, moga kamu beruntung juga

      Delete
  4. semoga tidak hanya mimpi, bisa berlibur musim dingin di Jepang

    ReplyDelete
  5. Buat aku, Jepang itu negara super canggiiiiihhhh....
    Sejauh ini cuma dapet foto2 dari temen yang kebetulan lanjut sekolah di sana.
    Pengen juga deh, ke sana. Pengen icip dorayaki sama ramen... #lho salah fokus... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah selama iini aku juga cm bisa nikmati lewat foto2 orang hehe
      moga nanti bisa ketemu doraemon ya disana *nahloh

      Delete
  6. AMIIIN, semoga impiannya bisa jadi kenyataan :)

    ReplyDelete
  7. aamiin,semoga bisa sampe jepang bareng2 yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, mbak samo ubay n kak eka,
      kalo ade maunya ama baim wong kan hhihi

      Delete
  8. Dari dulu saya pengen banget ke Jepang kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ikutan jg kontesnya sapa tau beruntung

      Delete
  9. Penasaran pingin ke masjid Camii spt yg di foto itu :)

    ReplyDelete
  10. membaca postingan ini, jadi teringat Film Naruto yang bikin anak perempuan dan laki2ku selalu bertengkar karena rebutan remote...wis pokoke gut lak ngontesnya semoga menang mbak.... :)

    ReplyDelete
  11. Moga menang yaa....klo nulis selengkap dan sebagus ini aku menyerah

    ReplyDelete
  12. Kalo aku ke jepang pengen liat pembuatan anime dengan mata yang ada di kepala ku sendiri :D

    ReplyDelete
  13. semoga menang yaa. cuma bisa mendoakan hehehe

    jangan lupa main ke banyuwangi yaa

    ReplyDelete
  14. Amin
    keren mba tulisannya
    detil
    aku juga udah buat tepat deadline term 1
    Karena pingin ke Jepang

    Katanya di stasiun ada line dan huruf braille untuk tuna netra
    aq mau raba deh
    hehe

    semoga mimpi kita terwujud ya mbak
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Pngen ke jepang....
    Bnget. Moga terkabul...

    ReplyDelete
  17. Ah Jepang gitu ya..Alam, budaya, dan kulinernya serba istimewa. Amin. Insya Allah sampai kesini Mbak :)

    ReplyDelete
  18. Semoga menang kompetisi sehingga mimpi terwujud.

    ReplyDelete
  19. Wuih lengkap bingits info Jepang nya mbak. Semoga jadi ksana yaaa ^^

    ReplyDelete
  20. pingin juga ke jepang,berendam di onsen dan naik raill pass hehe

    ReplyDelete
  21. mau juga donk ke Jepang... semoga impian kita terwujud ya Mak. Kalau aku pengen nyobain wisata sejarahnya Mak. Salah satu wisata sejarah yang pingin aku kunjungi udah aku tuliskan juga di blog ku loh. Ini linknya ya. Mampir ya Mak LIBURAN MENYENANGKAN BERSAMA PASANGAN DI JEPANG nm,m,mmhttps://menarahati.wordpress.com/2015/03/01/liburan-menyenangkan-bersama-pasangan-di-jepang/

    ReplyDelete
  22. never ending story of jepang ya, mbaak.
    Semoga sukses buat lomba blognyaa :)

    ReplyDelete
  23. Bunga sakura jepang 2015 :
    http://www.cheriblossom.com

    ReplyDelete
  24. Bunga sakura jepang 2015 :
    http://www.cheriblossom.com

    ReplyDelete
  25. pecinta Jepang nih :))

    semoga menang lombanya ya :))

    ReplyDelete
  26. Saya doakan semoga keturutan ke jepang, semoga rejeki lancar, sehingga bisa jalan-jalan ke jepang, syukur-syukur ke korea juga, :D Lebih bersyukur lagi, kalo ada oleh-oleh juga buat kita-kita. lebih syukur lagi kalo ada rejeki lebih sehingga bisa ngajak saya juga, AMIN.. AMIN.. AMIN..

    ReplyDelete
  27. Jdi pengen ksana juga...tapi gk ada dana...hehe

    ReplyDelete
  28. Wah jadi pengen ke Jepang juga nih....
    Semoga menang yaa...

    ReplyDelete
  29. Kenyataan hari ini adalah buah dari mimpi kita dimasa lalu, dan semoga kenyataan masa depan adalah kumpulan harapan kita di hari ini.

    Semoga Alloh mengabulkan hajat baik Mbak Rei.
    Tetap semangat dan selalu menebar inspirasi.

    ReplyDelete
  30. Jepang selalu menawarkan keceriaan hihihi saya kepengen banget bisa menikmati musim salju di jepang juga maaak :D
    wuiiiiiiih ngiler pake bangetlah liat gambar2 dan ilustrasi tentang jepangnya :D

    ReplyDelete
  31. Jadi tambah ngiler aja ingin ke jepang
    klo jadi ke jepang kota pertama yg ingin di kunjungi akihabara :D

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)