Makanan untuk Memperlancar dan Memperbanyak Asi

1:00:00 PM

ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Dengan memberikan asi ekslusif berarti Ibu telah memberikan kehidupan terbaik bagi buah hati. Menyusui juga punya manfaat yang sangat besar bagi kesehatan Ibu dan juga buah hati. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi ASI selama minimal 6 bulan akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dan perkembangan kecerdasan yang lebih baik.

Berikut beberapa manfaat menyusui
1. Mencegah penyakit pada bayi terutama konstipasi berupa pup yang keras akibat kekurangan cairan pada bayi.
2. Mengurangi resiko kegemukan dan diabetes
3. Mengurangi resiko terkena infeksi, seperti infeksi pernafasan, kuping atau saluran cerna
4. Meningkatkan perkembangan bicara
5. Mencegah penyakit kanker payudara dan ovarium pada Ibu
6. Merangsang produksi hormon oksitosin yang membantu ikatan antara anda dan bayi.

Sejauh ini saya telah mempraktekkan pemberian ASI eksklusif pada anak saya, Ubay. alhamdulillah sampai saat ini berjalan lancar. namun kadang, produksi ASI saya menurun yang disebabkan aktivitas sehari-hari yang membuat letih, juga asupan makanan saya yang kurang bergizi. Mungkin ada sebagian Ibu yang pernah mengalaminya. Setelah mencari tahu dan bertanya ada beberapa makanan yang bisa memperlancar dan memperbanyak ASI, sebagian sudah saya terapkan :)

Buah Pepaya

credit
Pepaya, baik buahnya ataupun bunganya, mengandung vitamin A dan vitamin C, serta beberapa mineral penting misalnya kalium, asam folat, dan enzim papain. Enzim ini membantu pencernaan protein. Ibu menyusui membutuhkan banyak protein untuk memproduksi ASI. Selain itu, pepaya banyak mengandung cairan, sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan untuk memproduksi ASI.

Bayam
Sayuran Hijau adalah cara tradisional untuk meningkatkan suplai susu. Tidak hanya menyediakan gizi yang cukup akan tetapi sayuran mampu dicerna. Sayuran hijau seperti  bayam merupakan sumber mineral dan vitamin serta phytoestrogen yang diyakini untuk meningkatkan laktasi. Bayam kaya akan kandungan vitamin B6, protein, thiamin, asam folat, kalsium, kalium dan Vitamin yang dibutuhkan tubuh. Vitamin B6 akan membantu dalam menyediakan persedian produksi ASI anda. Selain itu bayam merupakan sumber asam folat yang merupakan nutrisi penting untuk ibu hamil dan juga menyusui.


Daun Katuk
credit
Daun katuk sudah lama dikenal sebagai makanan yang memperbanyak ASI, karena mengandung protein yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI. Ibu menyusui membutuhkan protein sekitar 20 gram lebih banyak daripada biasanya. Dalam kondisi normal, wanita membutuhkan sekitar 40 gram protein setiap harinya. Jadi dalam kondisi menyusui, dibutuhkan sekitar 60 gram protein setiap hari. Saya biasanya buat bening daut katuk dicampur dengan jagung yang juga bisa jadi booster ASI.

Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang sehat dan dikenal untuk mendukung produksi ASI. Bahkan di beberapa negara merupakan camilan wajib  yang sangat baik untuk ibu yang ingin meningkatkan pasokan susu. Almond dan kacang mete adalah kacang terbaik untuk anda yang sedang menyusui. Anda juga dapat menambahkannya ke hidangan manis dan gurih ketika bosan mengkonsumsi kacangan-kacangan secara langsung setidaknya tidak membuat anda bosan. Selain itu anda dapat memilih kacang kedelai atau olahan kacang kedelai yang membantu anda dalam menyediakan produksi ASI. Kalau Ibu saya mengajarkan untuk mengkonsumsi kacang hijau setiap hari. Caranya cukup mudah, hanya direbus (tanpa santan) lalu disajikan dengan susu. ^_^

Wortel
Wortel banyak mengandung vitamin A, beta karoten, serta enzim Phytoestrogens yang dapat memperbanyak ASI. Minum 1 gelas jus wortel sebelum makan siang dapat menambah produksi ASI pada sore hari.

Air
credit
Terakhir jangan lupa minum air 10-12 gelas sehari agar produksi ASI lancar

Semoga Bermanfaat
@chikarein


referensi
bidanku.com
ayahbunda.com
id.theasianparent.com


You Might Also Like

0 komentar

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)

Instagram

IBX583D9E221356E

Like us on Facebook

Flickr Images