Follow Us @riafasha

Monday, February 2, 2015

Manfaat Gaya Hidup Aktif

Hidup di era serba canggih seperti sekarang ini memang dilematis. Di satu sisi kemudahan dalam segala hal bisa didapat karena banyaknya teknologi yang serba instan. Namun disisi lain, kita menjadi manusia yang terbiasa dengan sesuatu yang cepat dan instan sehingga kadang mengabaikan dampak negatif yang akan terjadi. Contohnya saja makanan cepat saji yang dengan mudah bisa didapatkan dimana saja tanpa harus menunggu lama sangat digandrungi walaupun jelas-jelas membahayakan bagi tubuh kita. Contoh lainnya, karena banyaknya kemudahan transportasi dan teknologi kita menjadi malas untuk bergerak dan beraktivitas, hanya untuk ke warung yang jaraknya tak seberapa kita lebih memilih untuk naik motor atau mobil. Ke pasar pun malas karena sering memesan makanan siap antar. Efeknya berbagai macam penyakit timbul karena tidak menjaga makanan dan kesehatan tubuh kita. Mulai dari lemak yang bertumpuk dalam tubuh, kekurangan gizi, jantung, kolesterol, kanker dan penyakit lainnya yang kebanyakan disebabkan karena makanan dan gaya hidup tidak sehat.

Tentu kita tidak mau jatuh sakit. Untuk itu baiknya mencegah sebelum mengobati. Mencegah sebelum timbulnya sakit tentu lebih murah dan mudah dibanding harus menghabiskan banyak uang, waktu dan tenaga jika sakit itu timbul. Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut adalah degan bergaya hidup sehat. Gaya hidup sehat adalah segala upaya untuk menciptakan kehidupan yang sehat dan menghindari kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan.

credit
Gaya hidup aktif yang sehat menjadi sangat penting karena mempunyai banyak manfaat untuk hidup kita diantaranya :
1. Kesehatan mental menjadi baik. Kita akan merasa tenteram, aman dan nyaman, memiliki rasa percaya diri, hidup seimbang, serta tidur menjadi nyenyak.
2. Mencegah berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, darah tinggi, diabetes, dan kanker yang merupakan endemik di masyarakat modern saat ini. Menurut American Cancer Society, makan makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur juga bisa membantu mencegah perkembangan kanker, bahkan pada orang dengan risiko genetik yang meningkatkan resiko untuk penyakit ini.
3. Berpenampilan lebih sehat dan ceria, karena dengan banyaknya mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga kita akan terlihat awet muda dan segar.
4. Berenergi dan berstamina. Menurut Science Daily, olahraga dengan intensitas rendah bisa mengurangi kelelahan hingga sebesar 65 persen dan meningkatkan energi hingga 20 persen

6 comments:

  1. olah raga secara teratur, PR buat aku :)

    ReplyDelete
  2. iyapp, kalau kita aktif kayak gitu kita bakal sukar untuk sakit. daya tahan tubuh jadi lebih kuat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, tapi jangan lupa istirahat yang cukup ;)

      Delete
  3. Kalo saya, olah raga renang menjadi satu keharusan. Paling tidak, seminggu 2x. Minimal jarak tempuh 4000 meter. Plus kurangi makan di luar. Masak sendiri itu jauh lebih bagus. Kecuali untuk kerjaan review lho...

    @nuzululpunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo saya pak renang itu malah kelemahan saya, gx jago hehe
      saya lebih milih jogging aja yang ringan
      atau senam pak
      klo soal makanan saya dan suami memang jarang makan di luar, sbisanya masak apa yang diinginkan

      Delete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)