Follow Us @riafasha

Tuesday, March 24, 2015

Ekosistem Blogger, Bikin Ngeblog lebih Berarti

Finally, LBI2015 menaiki anak tangga terakhir. Alhamdulillah, saya pribadi bisa mengikuti kompetisi ini hingga pekan terakhir tanpa absen. Yeayyy ^_^ apapun hasilnya, sejauh ini saya sudah merasa menang karena bisa mengalahkan kemalasan selama 12 pekan lamanya dan bisa meningkatkan semangat ngeblog saya yang sempat anjlok saat mengandung dan pasca melahirkan Selamat juga untuk teman-teman yang sudah berhasil melalui LBI2015 hingga akhir. Kita semua adalah pemenang!

sumber gambar : google.com


Namun kekhawatiran panitia setelah kompetisi ini berakhir memang sangat beralasan, semangat blogger profesional mungkin akan tenggelam bersama berakhirnya kompetisi LBI2015. Kekhawatiran yang sama dengan yang saya rasakan, karena selama dua belas pekan mengikuti LBI2015 saya masih bertahan karena terpengaruh dan termotivasi dengan semangat sesama peserta.
Layaknya sebuah ekosistem yang terdiri dari berbagai komponen, LBI dan pesertanya saling mempengaruhi satu sama lain. LBI tanpa peserta tentu tak akan berjalan kompetisinya, dan begitupun sebaliknya.

Harapan untuk menjadi blogger profesional layaknya tak pupus sampai disini. Seorang blogger profesional tentu punya banyak cara untuk mempertahankan konsistensi ngeblognya hingga ia bisa dikenal karena kualitasnya yang mumpuni. Tentu kita yang nantinya sebagai alumni LBI2015 tidak menginginkan semangat yang telah dibangun selama tiga bulan ini hilang begitu saja dan kita kembali menjadi blogger sederhana seperti yang dikatakan panitia hidup segan mati tak mau.

Membangun ekosistem blogger merupakan salah satu cara agar kita tetap bisa mempertahankan semangat ngeblog. Ekosistem blogger terdiri dari bayak komponen yang saling mendukung termasuk blogger itu sendiri ataupun komunitas blogger. Layaknya sebuah ekosistem dalam istilah IPA, ekosistem bia terbentuk karena berkumpulnya berbagai komponen hidup maupun tak hidup. Ekosistem blogger pun bisa terbentuk karena berkumpulnya para blogger dan komunitas yang mempunyai minat yang sama ataupun berbeda.

Ketika ekosistem itu sudah terbentuk, tentulah blogger secara pribadi akan merasakan manfaatnya. Diantaranya bisa bertemu dengan banyak blogger yang menawarkan ilmu dan wawasan baik seputar dunia blogger ataupun hal lain, pun tidak menutup kemungkinan kita bisa juga berbagi akan ilmu yang kita punya. Pemikiran akan terbuka luas dengan semakin luasnya ekosistem yang kita bentuk.

Sekalipun menjadi blogger profesional butuh waktu yang lama dan saya pribadi pun lebih nyaman dikatakan sebagai blogger biasa yang menjadikan blog sebagai hobi, membangun ekosistem tentu tak akan mendatangkan rugi. Karena sejatinya hidup akan sepi jika sendiri, membangun ekosistem blogger membuat hidup kita lebih berwarna, lebih ceria, dan lebih berarti. Ngeblog pun semakin menyenangkan hati :)


16 comments:

  1. judulnya menarik hati banget,jadi inget biologi hehehe...ngeblog itu menyenangkan ^^

    ReplyDelete
  2. Berpartisipasi membangun ekosistem akan mendatangkan keuntungan, karena ekosistem ada karena budaya saling tolong menolong :)

    ReplyDelete
  3. Hehe semoga sukses, dan LBI bisa kopdar

    ReplyDelete
  4. Semoga kita tetep istiqomah ngeblog walau LBI udah selesai :D @RuriOnline

    ReplyDelete
  5. Ya ngeblog jd mnynangkan ktika ada org dari ekosistem blogger bilang keep happy blogging
    mksh untuk ucapannya, selamat jg untuk mbak krn jd pmenang
    aku mohon maaf atas segala kesalahan
    terima kasih untuk semua
    dan
    tetap
    Semangat blog ya mbaak
    Semoga silaturahmi ttp trjalin
    hehe
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Dengan kita mengikuti kmounitas mungkin akan terasa lebih blogger :)

    ReplyDelete
  7. semua ada ekosistemnya termasuk blogger ya? :D

    ReplyDelete
  8. betul kita nyamannya dimana itu yang kita lakukan

    ReplyDelete
  9. aku nunggu kakak ngajakin bikin kumpulan blogger bengkulu loh :p hihiii

    ReplyDelete
  10. Betul konsistensi ngeblog memang harus dipertahankan,

    ReplyDelete
  11. Wah Quote yang bagus....... mengalahkan kemalasan selama 12 pekan... tets e gud word.

    @rizalarz

    ReplyDelete
  12. kepanjangannya LBI itu apa ya kak?

    ReplyDelete
  13. Hore! Semakin semangat ngeblog, mbak! :D

    ReplyDelete
  14. kita tidak bisa membangun sistem sendirian karena sejatinya sistem ada karena adanya interaksi satu dengan lainnya.

    @f_nugroho

    ReplyDelete
  15. Ekositem blogger stabil dan dinamis manakala masing-masing komponen membentuk kerja sama yang mutualisme, Hehehehe

    @ririekayan

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)