Follow Us @riafasha

Tuesday, April 14, 2015

Bakso Kuah Ikan Homemade ala Ummi

Siapa yang suka bakso??? ayo angkat tangan. Hehee.. Saya juga penyuka bakso. banget... Walaupun harga bakso sudah semakin naik dan cukup merogoh kocek untuk membelinya tapi tetap saja saya nggak jera makan bakso. Yah, bisa dikatakan salah stau makanan favorit saya. Sering ada keinginan untuk buat sendiri, tapi waktu itu saya masih terkendala sama minimnya alat hehe.. maklum ibu rumah tangga baru yang masih nyicil beli peralatan dapur.

Tapi hari ini saya kepengen banget nyobain bikin bakso, biar harga agar irit bikinnya bakso ikan, ikan nya pun bukan ikan tenggiri yang biasa dipake orang hehe.. saya bikin dari ikan laut yang harganya lebih murah dari tenggiri, hasilnya cukup enak walaupun baksonya nggak putih kayak bakso ikan tenggiri ^_^

Oh ya, harusnya sih "ngudek" baksonya pakai food processor, berhubung saya cuma blender, yo wis pakai blender ngehaluskan ikannya ditambah air es dikit biar dia agak kental jadinya. Oh ya, sebagian adonan nya saya bikinin bakso goreng, caranya tinggal comot adonan terus digoreng di api kecil sampai bakso gorengnya kering. terus sisanya direbus deh diair mendidih, biar bulat sih nggak pakai alat apa-apa cukup dicomot ama tangan terus ditekan disela jempol dan telunjuk dan diambil pakai sendok, gaya mamang bakso gitu hehee

Yang mau coba silahkan, ini resep sederhana bakso kuah ikan ^_^
Bahan bakso:
250 gram ikan giling
2 siung bawang putih
200 gram tepung sagu
garam secukupnya
merica secukupnya
gula pasir sedikit aja
penyedap rasa (optional, kalo saya nggak pake)

Caranya : Campurkan semua bahan hingga lembut, lalu rebus di air mendidih hingga mengapung.

Bahan Kuah:
Bawang putih, haluskan
kaldu ayam secukupnya
garam
merica bubuk
gula pasir
2 batang daun bawang, iris
2 batang daun selederi, cincang halus

campurkan semua bahan kuah kecuali daun selederi, dan rebus hingga mendidih.

Well, sajikan kuah dengan bakso rebus, bakso goreng, dan taburan selederi juga bawang goreng.
Bisa juga ditambah cabai dan kecap..


Hehe... percobaan pertama saya lumayan deh, walaupun adonan saya agak kelembekan dan kuahnya kurang gurih karena kaldu ayam nggak ada, tapi saya mau coba lagi lain waktu semoga lebih enak.

Silahkan yang mau mencoba juga :)


Sampai jumpa di dapur Ummi selanjutnya

7 comments:

  1. Sedapnyee :D Nak minta boleh, makcik? :D

    ReplyDelete
  2. cocok nih buat temen ngelamun pas pamulang lagi ujan ujan gini. ^__^

    ReplyDelete
  3. Coba dikirim satu ke rumahku, Chik. Hahaha

    ReplyDelete
  4. Kurang minat sama ikan -_-
    kalo bakso sapi saya suka :D

    ReplyDelete
  5. aaiiim, Maaakk jadi lapaaar. masih ada stock gak nih? :D

    ReplyDelete
  6. Wah mantaff nih kalo lagi ujan, coba ah buat, makasih mbak resepnya,,,,,,

    ReplyDelete
  7. Ngiler jdinya liat baso sama mie, jadi pengen buat, makasih mbak resepnya

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)