Follow Us @riafasha

Thursday, April 16, 2015

Gulai Jengkol Ayam


Ahaaa jengkol! selalu nggak bisa nahan selera kalau ada menu jengkol. Selama hamil dan menyusui saya memang tahan-tahan nggak makan jengkol hehe, takut sakit perut yang bisa ngefek ke Ubay. Tapi nih sekarang jengkol lagi musim-musimnya, lumayan murah, jadi saya nggak kuat nggak masak gulai jengkol.

Jengkol bagi saya enak diapain aja, asal dimasak, bukan dilalap atau dimakan mentah, dan yang paling saya suka itu digulai kelio (gulai santan kental) gitu campurannya bisa ama udang atau ayam...

Nah rabu kemarin saya mah buatnya nyampur sama ayam...
Bumbunya mudah banget:
Tinggal siapin ayam seperempat
jengkol terserah mau berapa, kalo saya setengah canting, direbus dulu sampai empuk
Cabe merah giling setengah ons, saya tambahin dikit rawit biar rasanya greget
Santan kelapa
Bawang Putih 2 siung, bawah merah 4 siung
Bumbu Lengkap (Kunyit, Jahe, lengkuas, Daun Kunyit, Serai & daun jeruk)
Ketumbar
Garam
Penyedap (optional) saya nggak pakai sih :D

Caranya masukin semua bahan diaduk sampai mendidih (jangan ampai pecah kuah ya istilah mak saya) kalau nggak diaduk bisa santannya kayak ngegumpal gitu.. Tapi kalo udah mendidih, mah aman, tinggal kecilin apinya, sampai kuahnya mengental sesuai yang diinginkan :D

Makan jadi lahap mah ini pakai nasi panas
Jengkol, aku padamu dah!!


4 comments:

  1. Uwaaa enak...cm saya belum pernah mkn jengkol hihi

    ReplyDelete
  2. Uwaaa enak...cm saya belum pernah mkn jengkol hihi

    ReplyDelete
  3. enyaaaak. direndang makin asyik. kemaren bikin dibalado. boleh nih kapan2 digulai.

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)