Follow Us @riafasha

Tuesday, May 3, 2016

Nostalgia Ramadhan dan Lebaran Masa Kecil

3:07:00 PM 1 Comments
Lebaran sebentar lagi, baju baru belum dibeli..

Masih ingat nggak sih sama lagu itu?  Sering banget dinyayikan sama saya sewaktu kecil saat bulan Ramadhan untuk menyindir Ibu dan Ayah agar segera membelikan baju baru yang dipakai spesial untuk Hari Lebaran. Yah, saat itu memang kami bukan termasuk keluarga berada jadi untuk memiliki baju baru harus menunggu hingga uang Ibu dan Ayah terkumpul. Egois sebenarnya sih karena kadang memaksakan harus punya baju baru hehehe... Walaupun sebenarnya memakai baju baru saat lebaran bukanlah hal mutlah atau kewajiban, tapi Ibu Ayah selalu berusaha untuk membelikan baju yang layak untuk anak-anaknya. “Sekali setahun cuma beli bajunya, biar terlihat cantik saat lebaran, Hari Raya kan hari spesial.” Begitu sih kata Ibu.

Well sedih deh kalo ingat perjuangan Ibu dan Ayah. Ketika keempat anaknya bergembira dengan busana cantik serba baru, kedua orang tua luar biasa itu merelakan memakai baju yang sama untuk kesekian kalinya. Mereka sudah cukup senang melihat kebahagiaan anak-anaknya. Nah kan bawaannya jadi mewek, jadi nostalgia deh sama kenangan masa kecil yang masih saya kenang saat Ramadhan dan Hari Lebaran.  Ahh, bikin rindu deh.

Buku Laporan Ramadhan

Saat masih sekolah, buku laporan Ramadhan jadi pemicu untuk selalu rajin sholat subuh dan sholat taraweh berjamaah di Masjid. Buku Laporan ini juga jadi tolak ukur untuk ustadz di TPQ menentukan siswa Ramadhan terbaik untuk dapat hadiah. Saya juga suka banget ikut lomba Ramadhan untuk mengisi waktu agar bermanfaat.

Asmara Subuh

Cieee... bahasanya romantis banget. Yeayy, setelah sholat subuh dan tadarusan, saya dan teman-teman biasanya jalan bareng ke pantai. Entah dimana letak asmaranya, tapi asyik aja nikmatin suasana subuh dan melihat matahari terbit yang suasananya bikin bahagia.

Takbiran dan Pawai Obor

Wihh ini adalah acara paling heboh untuk mengakhiri bulan Ramadhan. Rame-rame sama anak RISMA bawa okbor sambil takbiran keliling kampung. Rasanya untuk seru banget, walau kaki rasanya udah sakit bin kebal seperti pemain sepak bola hohhoo...

Ketupat dan Rendang

Bagi keluarga Minang seperti keluarga saya, ketupat dan rendang adalah makanan yang hampir jadi hal wajib ada saat Lebaran. Satu hari sebelum Lebaran biasanya saya membantu ibu untuk masak besar, sekaligus berberes rumah. Capeknya bukan kepalang.

Berburu “Salam Tempel”

Anak-anak memang suka banget dikasih hadiah saat lebaran. Tak bisa dipungkiri, acara salam-salaman dengan orang tua biasanya disertai dengan niatan dan harapan mendapatkan salam tempel, alias salam lalu ditempelin uang hahahaa... Saya masih ingat, kerjaan saya setiap saat menghitung salam tempel yang kami dapatkan dan uangnya dibelikan pistol mainan dan jajan bakso sampai kembung... ya ampun...

Seru yaaa kalo ingat kenangan kita kecil dulu. Bikin kangen teman-teman masa kecil.

***
Naahh.. berhubung nggak lama lagi akan Ramadhan, yuk persiapkan kebutuhan menjelang Ramadhan dan Lebaran biar nanti Ibadah Puasa kita nggak terganggu. Kalo saya mulai dari sekarang sudah mulai searching baju muslim loh. Pengennya waktu puasa nggak mikir-mikir lagi beli baju hehee.. Saya tertarik sama Koleksi Eksklusif Lebaran Busana Muslim ZALIA yang bisa dilihat disini http://www.zalora.co.id/zalia/  Bajunya cantik –cantik pas banget untuk lebaran.


Ramadhan dan Lebaran itu saat-saat penuh kenangan yang selalu saya rindukan tiap tahunnya. Kalo teman-teman bagaimana? Pasti punya kenangan tak terlupakan ya saat Ramadhan dan Lebaran. Cerita donk...