Follow Us @riafasha

Saturday, July 15, 2017

Bangga Jadi Bagian Blogger Bengkulu

Blogger Bengkulu. Credit: Komy Kendi

Ngeblog itu asyik. Inilah salah satu alasan kenapa saya masih betah ngeblog sejak SMA hingga sudah jadi emak-emak. Awalnya ngeblog cuma jadi ajang curhat mahasiswa galau kayak saya yang merasa punya banyak masalah di kuliah, sama teman hingga soal cinta-cintaan (baca tulisan zaman dulu bikin malu hehee). seiiring berjalannya waktu, saya suka ikutan kuis dan cari hadiah lewat ngeblog. Inget banget hadiah pertama yang saya dapatkan adalah sebuah buku impor bekas. hadiah pertama itu jadi penyemangat saya untuk cari hadiah-hadiah selanjutnya. Tapi ya saat itu mood ngeblog sering naik turun, saya tipe blogger yang suka gonta ganti blog juga template. Hingga akhirnya saya tobat setelah menikah hehe..

Gaya ngeblog saya bisa dikatakan berubah setelah menikah saat memutuskan untuk mengganti blog dengan domain TLD. Dulunya saya suka sekali membuat puisi atau fiksi narasi di blog, semenjak menikah tulisan di blog saya lebih ke niche lifestyle dengan beragam kategori. Bisa dikatakan setelah menikah dan punya anak, rejeki ngeblog pun lebih banyak dari biasanya. Mungkin benar yang dikatakan banyak orang bahwa setiap anak ada rejekinya. Saya yang minim info dan relasi ini akhirnya bisa nyicip yang namanya job review. Wah ternyata ngeblog bisa dapat duit tah? saya kirain dulu yang bisa dapat duit dari ngblog karena main adsense aja hihii... Saya pernah nyobain adsense tapi memang ga bakat disana mah, jadi lebih fokus ke konten tulisan kalo sekarang. Plus ikut-ikut lomba. Dulu mah sering takut mau ikut lomba yang hadiahnya gede, dah keder deluan, tapi kalo sekarang udah nggak takut-takut amat. Menang rejeki, kalah belajar lagi, itu sih intinya. Saya pernah ngerasa tulisan saya nggak bagus-bagus amat, eh tapi yang namanya rejeki jadi nya menang. intinya jangan pernah takut buat mencoba. Kalau saya takut untuk mencoba, pastilah saya nggak akan nyicipin namanya dapat hadiah iphone atau dapat hadiah kamera atau duit atau jalan-jalan gratis.





Semakin kesini saya mulai jengah ngeblog sendiri. *la ngeblog kan memang sendiri? maksudnya saya pengen juga seperti teman-teman di luar sana yang suka kumpul sama teman seide, satu profesi sebagai blogger, saling bagi ilmu atau sekedar makan bareng. Dulu wacana itu sempat saya ceritain ke Intan, tapi kita kebingungan siapa lagi sih blogger yang ada di bengkulu? akhirnya mimpi itu tenggelam saja.

Hingga suatu waktu, Asri yang dulunya pernah mendirikan komunitas blogger bengkulu sebelum vacum menghubungi saya bahwa pihak Kompasiana mencari Blogger Bengkulu untuk mengadakan acara nangkring. Saya di mintai tolong untuk mengumpulkan blogger bengkulu. Sumpah saya jadi mumet, kemana cari blogger puluhan. saya tau aja cuma beberapa orang. Akhirnya saya woro-woro di media sosial, pun dibantu banyak teman termasuk Mak BoBe (Ketua Blogger Bengkulu) Mbak Mildaini. Alhamdulillah terkumpullah blogger bengkulu yang ternyata jumlahnya di luar perkiraan saya, banyak boo... Mbak Milda jugalah yang mengajak saya untuk sama-sama membangun Komunitas Blogger Bengkulu. Launchingnya pas acara nangkring bareng kompasiana. Mbak Milda langsung membuat spandung setidaknya untuk foto bareng dan launching kecil-kecilan.


Saat acara nangkring bareng Kompasiana 26 Juni 2016 itulah saya bertemu banyak wajah yang sekarang jadi teman-teman di Blogger Bengkulu. Mereka ada yang mahasiswa, ibu rumah tangga, progammer, guru, juga pengusaha. Acara itu berlangsung lancar dan saya sempat kecemplung ke dalam kolam hohoo...

intan, saya dan mbak milda

setelah acara itu, kami perlahan setiap bulannya mengadakan kopdar sekaligus workshop blogging bersama teman-teman blogger. Mulai dari membuat blog dari awal, hingga belajar monetize blog dan membuat vlog.

awalnya sempat hopeless yang datang kopdar dikit banget padahal gratis awalnya, snack pun sukarela dari penyedia tempat hehe... Namun lama kelamaan kopdar pun rame dan anggota bobe pun bertambah. Teman-teman pun semakin aktif ikut serta kegiatan offline Bobe termasuk #nulisserempak tiap bulannya.

Kopdar Bobe sebenarnya berkesan semua, tapi yang menurut saya seru banget saat Kopdar bobe di Media Center bersama dengan DisKop dan UKM. Pesertanya rame banget, seru apalagi bu Diskopnya ramah dan asyik. Selain itu kopdar ini juga dihadiri penggiat UKM di provinsi Bengkulu, jadi terharu mereka datang jauh-jauh dari daerah hanya untuk ketemu Bobe. Blogger dan Diskop UKM berharap dengan adanya Blogger Bengkulu bisa memperkenalkan Bengkulu lewat media sosial terutama lewat blog.

credit: prio rb tv

Kedepannya saya berharap Blogger Bengkulu makin solid secara internal, makin semangat untuk belajar dan berbagi ilmu blogging. Makin sering menuliskan hal-hal positif di  blog terutama untuk kemajuan pembangunan di Bengkulu. Terimakasih loh teman-teman Bobe sudah ikut membuat Bobe bertumbuh hingga satu tahun. tanpa kalian bobe nggak ada apa-apanya. Yuk sama-sama kita bangun Bobe menjadi lebih baik.

Pokoke saya bangga menjadi bagian #bloggerbengkulu. BTW jangan lupa datang syukuran Ulang Tahun Bobe yang pertama insyaAllah akhir bulan ini yak. 

Tulisan ini dibuat dalam rangka menjawab tantangan #nulisserempak Blogger Bengkulu (BoBe) tentang #AkuBloggerBengkulu
baca juga tulisan lainnya di Tanjungbungo.com

1 comment:

  1. Mbak ini selain pinter wajahnya ngademin banget. jangan bosan mementor newbie kayak saya ini di bobe ya..

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)