Follow Us @riafasha

Wednesday, July 12, 2017

Hamil dan Ingin Traveling? Ikuti Tips Ini


Kehamilan adalah anugerah. Siapapun yang sedang mengalaminya tentu ingin melalui proses kehamilan yang menyenangkan. Namun, adakalanya rasa bosan saat kehamilan pun melanda. Berlibur adalah solusi yang efektif.

Ya, dengan berlibur, setiap ibu hamil bisa merasakan relaksasi dan sukacita yang berdampak baik bagi kehidupan bayinya. Hanya saja mereka harus memperhatikan kondisi tubuh dengan semaksimal mungkin sebelum melakukan perjalanan traveling.


Sumber: tamperlock.com 

Selain kondisi tubuh yang fit, beberapa hal berikut ini tidak kalah penting untuk diperhatikan setiap ibu hamil sebelum berlibur. Apa saja hal tersebut?



1.    Kenali tubuh, kenali waktu

Sebelum memutuskan untuk berlibur alias babymoon, ibu hamil harus tahu betul saat yang tepat untuk melakukan perjalanan. Masa trimester kedua adalah saat yang tepat untuk melakukan traveling guna menghindari rasa mual dan pusing yang mungkin terjadi di awal-awal kehamilan. Usia kandungan 20-30 minggu atau pada bulan ke-4 hingga ke-6 adalah saat yang tepat.

Guna menghindari hal-hal buruk terjadi selama perjalanan, maka ada baiknya setiap ibu hamil meminta izin dari dokter kandungan. Dokter bisa melihat kondisi bayi dan melihat kemungkinan baik dan buruk jika ibu hamil memutuskan untuk traveling.

Jika ibu hamil ingin melakukan perjalanan jarak jauh lewat udara, darat dan laut, maka mintalah surat rekomendasi dokter. Beberapa penerbangan akan meminta surat rekomendasi ini untuk memastikan kondisi ibu dan bayi dalam keadaan sehat.

2.    Tidak pergi ke kota yang sangat jauh

Guna menghilangkan rasa bosan, ibu hamil dan keluarga bisa memilih tempat berlibur yang tidak terlalu jauh. Melakukan perjalanan dalam kota adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Melakukan perjalanan dengan mobil pribadi atau kereta api bisa menjadi solusi yang tepat. Pilihlah kereta api yang nyaman seperti kelas eksekutif untuk membuat hati lebih senang selama perjalanan. Memilih destinasi terdekat dari kota asal seperti Jakarta-Cirebon, Bekasi-Bogor adalah salah satu pilihan yang tepat, karena kota ini bisa ditempuh dalam waktu 1-3 jam saja.

Guna menghemat waktu, ibu hamil atau suami bisa membeli tiket kereta api secara online di beberapa situs web penjual seperti Traveloka. Pemesanan tiket KAI di Traveloka bisa dilakukan dengan cepat dan mudah dari mana saja dan kapan saja.

Namun, sebelum memutuskan untuk memilih jasa kereta api untuk berlibur, lagi-lagi ibu hamil harus meminta persetujuan dari dokter terlebih dahulu,