Tips Sehat Bebas Anyang-Anyangan

1:36:00 PM


sumber : newhealthadvisor.com

Anyang-anyangan memang sangat mengganggu aktifitas dan kegiatan kita sehari-hari. Bisa dibayangkan bagaimana ketidaknyamanan kita sebagai wanita jika mengalami anyang-anyangan yang merupakan salah satu indikasi infeksi saluran kemih. Setiap saat serasa ingin buang air kecil namun tak pernah tuntas, bahkan nyeri saat buang air kecil.

Menurut dokter ahli urologi dr. I.B. Tatwa Yatindra, Sp.U., anyang-anyangan merupakan suatu gejala akibat berbagai masalah karena terjadi frekuensi berkemih menjadi lebih sering dari biasanya. Namun, volumenya sedikit-sedikit. Gejala ini merupakan tanda telah terjadi sesuatu pada saluran kencing bagian bawah khususnya masalah  dalam penyimpanan air seni di kandung kencing.

Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Infeksi saluran kemih bawah dan atas. Infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih. Gejala dari kondisi ini meliputi rasa selalu ingin buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat. Sedangkan Infeksi saluran kemih atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.



Untuk mengatasi dan mencegahnya berikut tips sehat bebas anyang-anyangan

1.    Perbanyak konsumsi air putih

Untuk mencegah berkembangnya bakteri e colli pada kandung kemih kita harus memperbanyak konsumsi air putih agar bakteri keluar saat buang air kecil. Kimberly Cooper, MD, seorang ahli urologi di New York-Presbyterian Hospital/Columbia University Medical Center merekomendasikan 6 sampai 8 gelas sehari. Air putih/cairan membantu mengeluarkan bakteri dari kandung kemih dan mengencerkan urine sehingga bakteri tidak berkembang biak.

2.    Menjaga Kebersihan Organ Intim

Anyang-anyangan sering terjadi karena kurang memperhatikan kebersihan organ intim khususnya wanita. Hal tersebut dapat terjadi karena jarak saluran buang air besar berdekatan dengan saluran kemih. Salah satu cara menjaga kebersihannya sekaligus mencegah infeksi saluran kemih adalah dengan membasuh area kewanitaan setelah buang air dari arah depan ke belakang. Lalu gunakan celana dalam yang tidak ketat dan nyaman dan diganti secara teratur untuk menghindari kuman dan jamur.

3.    Tidak Menahan Buang Air Kecil

Kesibukan kadang membuat kita suka menahan saat ingin buang air kecil. Baiknya kebiasaan ini segera kita ubah. urin yang terlalu lama berada di dalam kandung kemih bisa jadi lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Sandip Vasavada, MD, dari Glickman Urological Institute, Cleveland Clinic, menyarankan untuk meluangkan waktu ke kamar kecil setiap 3 atau 4 jam sekali.

4.    Konsumsi Buah/Ekstrak CranBerry

Untuk mengobati dan mencegah anyang-anyangan kita bisa mengkonsumsi buah Cranberry atau mengkonsumsi Prive Uricran yang mengandung ekstrak buah cranberry. Penggunaan Cranberry sebagai solusi alami untuk mengatasiAnyang-Anyangan atau infeksi
saluran kemih telah lama dikenal di dunia. Kandungan Cranberry dapat mencegah bakteri E. Coli menempel pada dinding saluran kemih.

Ada dua varian Prive Uricran yang bisa kita coba yaitu . Prive Uri-cran dalam bentuk kapsul mengandung 250 mg Ekstrak cranberry dalam setiap kapsulnya. Dosis pemakaian 1-2 kapsul. Dan Prive Uri-cran Plus dalam bentuk sachet yang diseduh dengan air. Mengandung 375 mg ekstrak cranberry plus probiotik dan Vit C. Dosis pemakaian : 1-2 Sachet/Hari

Selain itu kita juga harus menjaga asupan nutrisi pada makanan dan minuman, perbanyak olahraga dan istirahat yang cukup. Semoga kita bisa sehat selalu dan bebas dari anyang-anyangan.

You Might Also Like

1 komentar

  1. Nggak nyaman banget kalau lagi kena anyang-anyangan, apalagi saat perjalanan jauh mbak.

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)

Instagram

IBX583D9E221356E

Like us on Facebook

Flickr Images