Follow Me @riafasha

@riafasha

Wednesday, August 23, 2017

4 Cara Agar Anak Tetap Aktif, Sehat dan Ceria

sumber gambar : supervalu.ie

hallo 
assalammualaikum sahabat happyummi

Kebahagiaan seorang ibu sebenarnya sederhana. Melihat anak tumbuh sehat, aktif dan ceria bagi saya pribadi adalah hal yang menyenangkan. Jika ada anak yang hilir mudik bermain, aktif bersosialisasi bersama teman-temannya saya suka sekali, walau kadang banyak orang tua yang kualahan karena si kecil begitu aktif. Aktif sebenarnya pertanda bahwa fisiknya sehat. Coba bandingkan jika anak kita sakit, pasti si kecil tidak bersemangat untuk bermain ataupun beraktfitas.

Namun seiiring berkembangnya teknologi menjadikan si kecil aktif dan ceria merupakan tantangan yang cukup sulit bagi para Ibu. Hal ini dikarenakan televisi dan gadget yang seringkali membuat anak-anak kecanduan. Walaupu banyak film dan permainan edukatif yang bisa ibu dapatkan di gadget namun Ibu tentu perlu membagi waktu agar anak tetap bisa beraktiftas fisik dan bermain bersama teman-temannya.

Penting sekali untuk menjaga anak tetap aktif dan ceria sehingga mereka tetap sehat. Walaupun ada beberapa hambatan, Ibu dan Ayah sebagai orang tua bisa menerapkan hal-hal berikut agar anak tetap aktif.

Tetapkan Waktu untuk Menonton TV dan Bermain Gadget

Saat kecil anak-anak memang tidak terlalu memperdulikan TV dan gadget. namun dengan seiiring bertambahnya usia mereka, anak-anak mulai menyukai menonton TV seharian dan bermain gadget tak kenal waktu karena kecanduan. Selain tidak baik untuk kesehatan mata, anak-anak menjadi pasif dan kurang kreatif. Untuk itu sangat penting untuk mengatur waktu kapan anak dibolehkan untuk menonton atau bermain gadget. Pastikan juga tontonan ataupun permainan di gadget tidak mengandung konten negatif dan punya pembelajaran bagi anak kita nantinya.

Lakukan Aktifitas Menyenangkan Bersama Anak Sesuai dengan Usianya

Ibu dan ayah bisa melakukan aktifitas menyenangkan bersama anak sesuai dengan usianya. Jika anak masih kecil kita bisa membawa mereka berjalan-jalan ke taman. Mereka akan senang diajak berlarian sembari memainkan gelembung sabun. Permainan petak umpet atau bersepeda juga asyik dilakukan bersama anak. Jika anak sudah mulai beranjak besar kita bisa mengenalkan olahraga seperti renang, senam ataupun bermain bola. Kehadiran Ibu dan Ayah dalam permainannya akan membuat mereka lebih ceria dan merasa dicintai. Jika tidak bisa melakukan permainan di luar rumah karena kesibukan ayah dan Ibu, anak-anak tetap bisa bermain di dalam rumah misalnya dengan menyiapkan arena basket kecil untuk mereka.

Libatkan Anak-Anak untuk Membantu Pekerjaan Rumah atau Berkebun

Melibatkan anak dalam membantu pekerjaan rumah tangga bisa membangun kebiasaan baik sejak kecil, selain itu anak-anak pun akan punya kegiatan yang membuat mereka banyak bergerak. Tidak perlu yang berat, Ibu bisa meminta mereka untuk membereskan mainan atau memungut sampah yang berserakan. Ayah pun bisa mengajak anak-anak untuk berkebun dengan menyirami tanaman dan memotong rumput. Anak saya biasanya suka ikut membersihkan halaman bersama ayahnya lalu memberikan makan untuk ayam peliharaan kami. Kegiatan sederhana ini ternyata sangat menyenangkan bagi mereka. Anak-anak merasa lebih dihargai dengan dilibatkan dalam pekerjaan rumah tangga yang biasa dilakukan oleh orang tuanya.

Istirahat yang Cukup dan Nutrisi Tubuh

Hal penting selanjutnya yang membuat anak tetap aktif dan ceria adalah istirahat yang cukup serta kecukupan nutrisi yang berasal dari makanan dan minuman yang mereka konsumsi. Anak-anak perlu asupan gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan zat baik lainnya. Untuk anak-anak yang aktif biasanya asupan gizi mereka didukung dengan susu pertumbuhan. Sebagai orang tua kita perlu memilih yang mengandung nutrisi yang tepat. Susu s26 tahap 1 memiliki beragam kandungan nutrisi yang mendukung si kecil tetap aktif, mendukung tubuh si kecil tetap kuat dan mendukung si kecil dalam proses mengamati dan bepikir.

Hal-hal yang saya sampaikan diatas semoga bisa membantu Ibu dan Ayah dalam mendampingi si kecil untuk tetap sehat, aktif dan ceria ya. Dan perlu diingat peran Ibu dan Ayah sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka. Semoga si kecil selalu sehat, aktif dan ceria.

Salam
~HappyUmmi

1 comment:

  1. melibatkan anak2 emang penting, dan jangan nilai kesalahannya. ajari dengan benar hehe pengalaman banget ini :)

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)