Follow Us @riafasha

Sunday, September 3, 2017

Berat Badan Ideal Ibu Hamil

sumber gambar : parentingclub.co.id

Menjadi ibu hamil menjadi momen yang sangat luar biasa dalam hidup seorang wanita. Setuju nggak sih?

Saya pribadi mengalami banyak pengalaman dan perubahan yang cukup drastis saat menjadi Ibu hamil. Perasaan yang sulit sekali untuk diungkapkan dengan kata-kata. Antara bahagia dan cemas serta perjuangan hebat demi melihat si kecil sehat dan selamat.

Perubahan yang memang sangat mencolok adalah perubahan fisik pada Ibu hamil. Tak bisa dielak, tubuh seorang wanita yang sedang hamil akan mengalami peningkatan. Setiap bulannya jika kita biasa kontrol rutin ke bidan atau dokter, mereka akan menimbang berat badan untuk mengetahui perkembangan kesehatan kita dan calon bayi.

Setiap Ibu hamil memiliki penambahan berat badan yang berbeda dan tergantung dari kondisi masing-masing. Ibu bisa bertanya kepada bidan atau dokter mengenai berapa berat badan ideal ibu hamil agar tetap sehat dan bisa melangsungkan persalinan dengan lancar. Informasi kehamilan yang penting bagi kita adalah bahwa penambahan berat badan ini bukan hanya karena berat janin yang dikandung, tapi juga karena didalam kandungan terdapat Plasenta, air ketuban, jaringan payudara yang berkembangnya, cadangan lemak tubuh untuk melahirkan dan menyusui hingga pembesaran rahim.

Kisaran kenaikan berat badan ideal ibu hamil tergantung pada BMI (body mass index) Ibu sebelum hamil (prapregnancy) dan jumlah bayi yang dikandung.

Cara menghitung BMI adalah sebagai berikut:

Berat badan (kilogram) dibagi dengan tinggi badan pangkat dua (meter).

Contohnya, jika berat berat sebelum hamil adalah 50 kg dengan tinggi 1,5 m.
Maka BMI kita adalah sebagai berikut:

50 : (1,5)2 = 22

Berikut adalah kisaran nya
1.    Kehamilan tunggal
•    BMI di bawah 18,5 kisaran kenaikan BB idealnya: 13 kg – 18 kg
•    BMI antara 18,5 – 24,9 kisaran kenaikan BB idealnya: 11 ,5 kg – 16 kg
•    BMI antara 25 – 29,9 kisaran kenaikan BB idealnya:  7 kg – 11,5 kg

2.    Kehamilan kembar
•    BMI di bawah 18,5 kisaran kenaikan BB idealnya: 22.5 kg – 28 kg
•    BMI antara 18,5 – 24,9 kisaran kenaikan BB idealnya: 17 kg – 25 kg
•    BMI antara 25 – 29,9 kisaran kenaikan BB idealnya:  14 kg – 23 kg
•    BMI di atas 30 kisaran kenaikan BB idealnya: 11 kg – 19 kg

Setelah BMI diketahui kita bisa memperkirakan kenaikan berat badan selama kehamilan. Jika BMI ibu hamil kecil maka perlu menambah berat badan lebih banyak dibandingkan ibu hamil dengan BMI yang besar.

Dengan menjaga kenaikan berat badan secara tepat Ibu hamil bisa mengurangi masalah pada kehamilan seperti darah tinggi, diabetes, bayi terlalu besar hingga menghindari persalinan caesar. Konsumsilah makanan sehat dan bergizi serta perbanyak buah serta sayur agar kehamilan Ibu tetap sehat. Jangan sungkan untuk berkonsultasi pada dokter kandungan untuk memberikan informasi mengenai kehamilan ya Bu..

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)