Follow Me @riafasha

@riafasha

Monday, September 4, 2017

Resep Minuman Tradisional Teh Talua


sumber gambar : kabanews

Minuman tradisional merupakan minuman khas daerah yang sudah dikenal secara turun temurun dan diwariskan ke anak cucu. Seperti namanya, resep minuman tradisional pun diracik dari bahan-bahan alami dan dengan cara yang masih tradisional. Dari berbagai macam minuman tradisonal yang ada, sebagai anak keturunan keluarga minang Minuman Tradisional Teh Talua menjadi salah satu minuman favorit saya.

Teh Talua Padang menjadi kenangan tersendiri karena dulunya ayah sering mengajak saya untuk sarapan lontong tunjang dan menikmati segelas teh talua di pasar kampung. Pasar yang sudah lama ada di kota kami. Walau tinggal di perantauan, selera kami masihlah selera orang Padang. Kebetulan di pasar tradisional banyak penjual lontong dan teh talua yang asli keturunan minang jadi cita rasa masakan dan minumannya masih kentara.

Seperti namanya teh talua berarti teh yang dicampur dengan telur. Biasanya sering pula di campurkan dengan gula dan susu untuk menambah kenikmatan minuman satu ini. Teh talua memiliki tekstur kental dan manis. Saat dihidangkan kita bisa melihat 3 tingkatan warna pada teh talua.  Walau menggunakan bahan kuning telur yang dikocok, uniknya teh talua tidak terasa amis. Malah sangat enak dinikmati dengan pisang goreng apalagi disaat cuaca sedang dingin.

Awalnya teh talua sering dinikmati oleh kalangan bangsawan dan para petinggi di padang. Namun seiiring berjalannya waktu, kenikmatan teh talua bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat padang baik di warung ataupun di rumah. Teh talua ini dikenal sebagai minuman yang membuat tubuh terasa lebih bugar hingga banyak orang yang meminumnya pagi hari sebelum beraktifitas atau setelah beraktifitas.

Teh Talua pun bisa kita nikmati di rumah bersama keluarga.
Yuk simak Resep Minuman Tradisional Teh Talua

Bahan
1.    sebutir Telur ayam kampung yang diambil kuningnya saja
2.    Seduhan teh secukupnya
3.    Gula pasir 2 sendok
4.    perasan jeruk nipis
5.    susu, madu atau vanilla (bisa diganti sesuai selera)

cara membuat
1.    Kocok kuning telur hingga mengembang. pastikan kita mengocok dengan benar dan benar-benar mengembang karena cita rasa teh talua berasal dari step ini. Jika telur mengembang hingga menjadi busa putih maka teh talua tidak akan berbau/berasa amis
2.    Campurkan teh yang sudah diseduh air panas kedalam kocokan telur.
3.    agar teh talua lebih terasa kesegarannya, campurkan perasan jeruk nipis dan gula kedalamnya. Banyak gula bisa disesuaikan dengan selera kita.
4.    Campurkan pula susu atau madu jika kita ingin membuat variasi yang berbeda
5.    minum selagi hangat

Nah teman-teman bisa mencoba membuat Teh Talua ini dirumah. Cita rasa dan kenikmatannya akan membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar.
Selamat Mencoba

1 comment:

  1. widiihhh, minum Teh sampai tumpah-tumpah gitu, mau kak.

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)