Follow Us @riafasha

Monday, October 23, 2017

Tips yang Harus Dicoba Untuk Membuka Bisnis Kuliner

Membangun karier dimulai dengan membuka usaha adalah salah satu langkah yang sudah benar. Mengapa? Karena dunia usaha menjanjikan banyak sekali pencapaian kesuksesan yang belum tentu Anda dapatkan di dunia lain. Selain fashion, kuliner ternyata memiliki pangsa pasar yang tidak kalah luas sehingga bisnis kuliner bisa dipilih sebagai peluang usaha yang tentunya laku keras jika dalam proses pembuatan dan pemasarannya direncanakan dengan sangat matang. Jika kedua hal tersebut tidak bisa dipadukan dengan merata, keberhasilan mustahil tercapai.


Tips Memulai Usaha Bidang Kuliner


Nah, agar kegagalan tersebut tidak Anda alami maka bisa menggunakan beberapa tips dan trik unik yang sangat wajib untuk dicoba jika ingin memulai bisnis di dunia kuliner.

1. Tentukan target pasar


Target pasar menjadi hal penting yang harus ditentukan pertama kali secara spesifik dan detail yang pada akhirnya akan digunakan sebagai bahan acuan untuk menyusun strategi pasar. Beberapa data penting yang harus Anda dapatkan dari calon konsumen meliputi pekerjaan, pendapatan, umur, dan bahkan gaya hidup. Jika ke empat unsur tersebut sudah terjawab, maka pada akhirnya akan mengerucut dan dapat ditarik kesimpulan tentang produk yang sesuai untuk dijual. Lalu bagaimana cara menerapkan? Misalkan saja target pasar yang akan kita capai adalah ibu-ibu sosialita berumur antara 25an tahun sampai dengan awal 40 tahun, mereka menyukai barang-barang mewah. Berdasarkan karakteristik tersebut, Anda bisa saja membuka sebuah kafe dengan perabot interior yang terkesan mewah yang ditujukan untuk pada ibu-ibu sosialita tersebut. Dengan cara ini benar-benar dapat dipastikan bahwa bisnis Anda akan sukses besar.

2. Keahlian yang dimiliki


Sebagai seorang newbie di dunia bisnis, pada awalnya Anda mungkin akan kebingungan bagaimana dan apa yang harus dikerjakan setelah ini dan lain sebagainya. Nah, langkah kedua setelah menentukan pangsa pasar adalah dengan pengetahuan di bidang kuliner jika ternyata kafe mewah yang akan Anda bangun. Ide-ide mulai dari menu makanan, desain interior, pencahayaan, tata ruang dan lain sebagainya dapat dengan mudah Anda miliki dengan melakukan open recruitment pekerjaan. Pilihlah tenaga kerja yang tentunya benar-benar komitmen dan tentunya memiliki keahlian yang mumpuni di bidangnya, selain menjadi sebuah lingkaran kerja, hal lain yang penting sekali Anda lakukan sebagai seorang pemimpin adalah dengan membangun super team.


3. Pemilihan lokasi yang sangat strategi


Anda mungkin bisa berkaca dengan usaha-usaha dengan konsep menarik tetapi terpaksa gulung tikar karena lokasinya kurang strategis. Nah, hal tersebut juga yang harus Anda jadikan sebagai pedoman dan patokan. Akan sangat rugi sekali ketika Anda sudah memikirkan tentang ide, tenaga kerja, konsep, menu makanan dan lain sebagainya tetapi ternyata tempat yang digunakan untuk jualan tidak memiliki potensi yang konkret untuk meraup keuntungan. Untuk bisnis kuliner, tempat yang cocok dipilih adalah lokasi yang tidak jauh dari keramaian dan memiliki area parkir yang luas.



4. Menyiapkan modal


Satu-satunya roh penting dalam sebuah usaha adalah dengan adanya modal. Jika ide sudah sangat menarik dan bahkan semua unsur yang ada dalam bisnis sudah ditemukan, semua itu tidak akan jalan tanpa adanya modal. Banyak sekali orang-orang yang memiliki jiwa pengusaha tetapi kalah talak hanya karena permasalahan kecil seperti ini. Modal usaha bisa Anda miliki dengan banyak cara seperti menjual aset yang Anda miliki, menggadaikan lahan yang dipunyai, menjual perhiasan dan bahkan bisa didapatkan dengan modal tekad. Pepatah bahwa ‘membuat bisnis usaha tanpa modal’ tersebut benar-benaR bisa diwujudkan melalui pinjam uang tanpa jaminan akan dengan sangat mudah Anda dapatkan. Bahkan, kemudahan ini bisa diakses tanpa memberikan agunan apapun. Jika Anda benar-benar berminat melakukan pinjaman online tanpa agunan ini maka Anda adalah salah satu pebisnis tanpa modal yang akan meraih kesuksesan dengan mudah.

5. Tidak tergesa-gesa dalam mencari keuntungan


Bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis yang pada awalnya memang sangat sulit mendapatkan buyer atau calon pembeli. Buyer mungkin tidak akan mudah memberikan kepercayaan kepada produk Anda. Nah, cara lain untuk dapat menarik minat mereka adalah dengan lokasi yang menarik dengan dekorasi ruangan yang bagus. Mereka pada awalnya mungkin akan hanya sekadar datang ke tempat Anda untuk uji coba, nah kesempatan ini adalah kesempatan emas yang harus Anda manfaatkan dengan baik karena tentunya di lain kesempatan mereka akan datang lagi jika ternyata pelayanan dan menu makan yang dijual sangat cocok dengan mereka. Kesabaran mungkin menjadi modal yang harus Anda miliki agar kesuksesan yang tidak instan tersebut bisa diraih di beberapa waktu yang akan datang.

6. Menjalankan branding


Sesuai dengan namanya, kata branding yang berasal dari kata brand ini memiliki arti yaitu pembangunan merek dagang yang dipercaya oleh banyak orang. Selain itu, pengenalan produk dan keunggulan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Agar branding lebih optimal, manfaatkan berbagai layanan internet yang sangat banyak sekali jumlahnya. Hal ini memiliki satu tujuan pokok yaitu agar bisnis kuliner tersebut dikenal oleh banyak orang lalu mereka memutuskan untuk datang dan membuktikan hal yang sudah Anda sampaikan melalui media internet tersebut. Media sosial yang sangat cocok digunakan seperti instagram, facebook adds, blog, line add, dan masih banyak lagi. Konten-konten yang dimuat pun harus benar-benar menarik dan memberikan dampak yang dahsyat kepada siapa pun yang membacanya.

7. Berinovasi


Seorang pebisnis yang tidak memiliki keinginan untuk berinovasi sudah tentu lambat laun akan mengalami kegagalan. Teknologi yang canggih seperti sekarang ini berdampak pada cepatnya pergerakan dalam berbagai hal, salah satunya minat konsumen. Keberadaan siasat yang brilian menjadi satu-satunya hal yang dapat digunakan untuk mengatasi persaingan bisnis yang sangat ketat. Nah, beberapa inovasi pada makanan menjadi hal yang penting untuk dilakukan bahkan kalau pun bisa, pilihlah beberapa menu makanan yang tidak mungkin bisa mereka temukan di tempat yang lain. Selain itu, penampilan, rasa, bentuk, cara penyajian, kreasi, cara pembuatan dan lain-lain juga bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin hari semakin unik.

8. Menjaga dan meningkatkan reputasi


Sebuah bisnis yang memiliki reputasi dan nilai yang baik di hati masyarakat sudah tentu menjadi hal penting yang harus ada. Karena pembeli adalah raja maka sebisa mungkin kebutuhan pembeli terpenuhi dengan baik. Attitude atau sikap dari para tenaga kerja yang Anda rekrut tentunya juga harus baik sehingga dalam memberikan pelayanan akan ramah dan benar-benar memberikan kesenangan kepada para pembeli. Kebersihan juga menjadi hal paling penting yang harus diperhatikan sehingga para pengunjung akan merasa nyaman dan tidak merasa jijik. Reputasi yang buruk akan memiliki akibat yang sangat buruk bagi kelangsungan usaha yang sudah mati-matian Anda bangun.


1 comment:

  1. Sekarag bisnis yang lagi ngetren bisnis kuliner ya mb

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)