Friday, January 31, 2014

#1Hari1Ayat - Education Never Ends

10:20:00 AM 1 Comments




"Dan apakah mereka tidak memperhatikan bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian mengulanginya (kembali). Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah."
"Katakanlah: "Berjalanlah di (muka) bumi, maka perhatikanlah bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian Allah menjadikannya sekali lagi. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu."
(QS. Al-Ankabut : 19-20) 
***

Pendidikan dalam Islam begitu pentingnya. Begitu pentingnya, banyak ayat yang menyebutkan agar kita terus menimba ilmu dan Allah pun akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat. Kewajiban belajar-mengajar pun dituangkan dalam surat al-ankabut ayat 19-20. Kita diperintahkan untuk mencari, memperhatikan bagaimana makhluk-Nya diciptakan agar semakin yakin akan kekuasaan Allah. 

Alhamdulillah, jika kita masih diberi keinginan kuat untuk terus belajar. Termasuk diri saya sendiri. Jika banyak orang yang mengatakan bahwa "sudah menikah" maka yang diurus hanya rumah saja ternyata itu salah besar. Yang perlu digaris bawahi  saya meyakini bahwa sebenarnya sebagai seorang "istri" lebih-lebih "seorang ibu" harus lebih banyak ilmunya dari orang yang belum menikah. Kenapa? karena Ibu adalah madrasah pertama bagi keluarganya. Baik buruk keluarga nya ditentukan oleh peran seorang Ibu. Setuju apa Setuju? hehe

Nah, untuk itu saya juga nggak mau kalah sama adik-adik saya yang masih mahasiswa atau pelajar. Karena menuntut ilmu itu nggak ada batasan usia. Saya pernah liat liputan, nenek-nenek yang udah punya cucu pun semangat untuk melanjutkan masternya. Masa saya yang masih kuat ini kalah?

Ngomong-ngomong soal resolusi pendidikan saya tahun 2014 ini, saya punya satu resolusi yang semoga bisa saya segerakan. InsyaAllah. Sebelum ngasih tau resolusinya, saya kasih tahu dulu alasannya. :D Dari dulu banget setelah menyelesaikan sarjana, saya punya niatan bikin sekolah sendiri, lebih khususnya bikin Yayasan yang menaungi PAUD, BimBel, dan TPQ, mudah-mudahan bisa sampai sekolah dasar dan sekolah menengah. Saya pernah nulis resolusi itu disini. 

Saya menyadari bahwa buat sekolah itu memang nggak mudah dan nggak murah. Tapi saya sudah mengantisipasinya dengan membuat usaha sendiri demi ngumpulin modal. Walaupun saya pun nggak tahu kapan akan terkumpul saya yakin aja Allah akan kasih jalan. Saya ingin merubah dunia, skala kecilnya provinsi saya yang dari dulu begini-begini saja. Karena kalo kata kakek Nelson, pendidikanlah yang bisa merubah dunia. Namun sebelum itu, saya juga mesti meng-upgrade diri saya sendiri juga dengan pendidikan. Saya udah searching banyak kampus yang punya jurusan Manajemen Pendidikan atau teknologi Pendidikan. Namun, akhirnya saya memutuskan memilih Teknologi Pendidikan untuk studi S2 saya nanti. alhamdulillah di bengkulu sudah ada. Jadi saya tetap bisa membagi waktu untuk usaha dan keluarga. Doain rejeki saya dan suami lancar biar suami juga bisa ngelanjutin sekolahnya. aamiinn...

Oh ya, saya pernah dapat wejangan dari seorang sahabat. Jika ingin dipermudah urusan kita, maka banyaklah membantu orang lain. Jika ingin nambah ilmu, kita harus belajar plus mengajarkannya. Jadi persepsi saya belajar itu nggak melulu sekolah di kelas dan dapat ilmu dari guru. Tapi mengajarkan pengetahuan yang kita punya adalah juga bentuk belajar. Jadi saya juga punya resolusi sebelum bisa bangun sekolah sendiri, juga akan tetap ngajar ngaji, bimbel, atau apapun yang bisa saya ajarkan. Education Never Ends :)

Semoga tulisan ini banyak yang mengaminkan ^_^ aamiin Ya Allah



sumber gambar:
http://www.babble.com/mom/10-inspirational-quotes-for-back-to-school-season/confucious/


NB:
Alhamdulillah, postingan #1Hari1Ayat saya bisa sampai 31 postingan hingga hari ini. Special thanks untuk mba @primaditarahma yang sudah menginspirasi banyak blogger untuk ikutan. Saya banyak dapat manfaat, selain rajin nulis juga lebih rajin mengkaji Al-Quran, lebih terasa ngajinya. Semoga Allah meneguhkan kita untuk selalu mencintai Al-Quran dan mengamalkannya. Aamiin..

Thursday, January 30, 2014

#1Hari1Ayat- Lebah Madu (Bukti Kekuasaan Allah)

4:49:00 PM 0 Comments



Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit dan pohon-pohon kayu dan juga di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian makanlah dari setiap jenis buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu, yang telah dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi kaum yang memikirkan. (QS. Al-Nahl, 68-69).

Di saat lebah  membuat segi enam yang membentuk sudut tepat 109 derajat dan 28 menit, ia akan membutuhkan kompas dan alat untuk menyusun kotak - kotak untuk menghasilkan ukuran berbagai sudut dan keteraturan yang diperlukan untuk merancang sudut yang menentukan bentuk ini. Dengan tidak adanya alat tersebut, kemungkinan terjadi kesalahan serta kebutuhan untuk membuat berbagai penyesuaian dan beberapa segi enam yang baru. Semua ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama. Walaupun ini merupakan hal yang sulit bagi manusia, yang memiliki nalar dan kesadaran tetapi hal ini dapat dilakukan oleh lebah madu, yang tidak memiliki nalar atau kesadaran, dengan cara yang sempurna dan terus menerus tanpa menggunakan kompas atau menyusun kotak-kotak. Semua lebah membangun sisir mereka dengan membentuk sudut yang sempurna. Meskipun ada ratusan lebah di dalam sarang mereka, tapi tidak ada sudut yang menyimpang dari 109 derajat dan 28 menit dan 70 derajat dan 32 menit ketika menghasilkan madu mereka. Sisir dibangun dengan membawa di tepi mereka membentuk sudut sebesar 13 derajat, yang mencegah madu supaya tidak mengalir keluar.

Jika Anda berdiri di dekat sarang madu, Anda akan melihat semua lebah terbang di sekitarnya. Namun mereka semua juga merupakan ahli matematika yang tahu di mana harus meletakkan dan membawa lilin dengan membentuk sudut tegak lurus. Bagaimana mungkin? Adalah Allah SWT, yang memiliki kekuatan yang tak terbatas, yang menciptakan makhluk dengan mengunakan kemampuan yang superior dan yang memberikan inspirasi pengetahuan dalam diri mereka.


source : Harun yahya

#1Hari1Ayat - Boros Masalah Keuangan

4:38:00 PM 0 Comments


“dan orang-orang yang apabila membelanjakan harta mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak pula kikir, dan adalah (pembelajaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.” (QS. Al Furqaan : 67)

Sifat boros kadang susah kita sadari. Umunya dalam rumah tangga, istri adalah pemegang dan pengatur keuangan. Semuanya kadang memang diserahkan sebagai tanggung jawab istri. Saya waktu di awal memang kadang susah mengatur dan mengendalikan kebutuhan yang penting dan yang tidak penting. 

Mungkin banyak para istri yang memperlakukan uang seperti memperlakukan waktu yang apabila disia-siakan (seolah-olah) nanti akan kembali lagi. Toh setiap bulan suami akan gajian. Padahal, masalah keuangan adalah masalah yang sangat sensitive dan bisa jadi penyebab percekcokan.

Alquran menyatakan bahwa sifat pemboros itu merupakan sifat setan. Karena itulah, istri yang tidak pandai menjaga keuangan suaminya, boros dalam berbanja sangat dekat dengan sifat ini. Maka hendaknya sebagai seorang istri kita perlu belajar tentang kecerdasan financial sehingga ia mampu membuat skala prioritas tentang apa yang perlu dan apa yang tidka perlu, apa yang mendesak dan apa yang masih bisa ditunda.

Tuesday, January 28, 2014

#1Hari1Ayat - Ramalan Bintang

6:11:00 PM 3 Comments


Artinya : “(dia adalah Tuhan) yang mengetahui yang ghaib, Maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun tentang yang ghaib itu. Kecuali kepada Rasul yang diridhai-Nya, Maka Sesungguhnya Dia Mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di muka dan di belakangnya.” (QS. Al Jin : 26 – 27)

***
"Zodiak kamu apa?" "Udah lihat ramalan bintang kamu hari ini?" percakapan ini nggak sengaja saya dengar dari mahasiswa yang lagi ngobrol di depan toko. Ramalan bintang atau astrologi ternyata udah dianggap umum bagi banyak orang. Padahal jelas-jelas tidak ada yang bisa meramal nasib seseorang, karena segala sesuatunya hanya Allah lah yang tahu.

Dan dari Anas bahwa Nabi saw bersabda,”Yang aku khawatirkan dari umatku sepeninggalku adalah dua hal : mendustakan takdir dan membenarkan (ilmu) nujum.” (HR. Abu Ya’la, Ibnu Adi dan al Khatib. Hadits ini dishahihkan oleh al Albani) –(www.islamonline.net)

Ringkasnya bahwa ilmu ramalan dengan menggunakan bintang untuk mengetahui nasib seseorang, seperti : jodoh, rezeki, kehidupan atau kematiannya termasuk bentuk kemusyrikan yang dilarang agama.

Dan dilarang pula bagi seorang muslim yang telah bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah mendatangi peramal yang menggunakan perbintangan ini dan jika dirinya tidak mempercayai perkataannya maka shalatnya selama empat puluh hari tidaklah diterima Allah dan jika dia membenakannya maka dirinya telah dianggap kufur terhadap al Qur’an yang telah diturunkan Allah swt kepada Rasulul-Nya Muhammad saw.

Monday, January 27, 2014

Ikan Bakar Bumbu Kuning (Liputan dan Resep)

8:13:00 PM 0 Comments
assalammualaikum
Hai apa kabar semua. ^_^
sebenarnya ini postingan nya telat hehee. Hari sabtu malam minggu tepatnya tanggal  25 Januari 2014, saya dan suami mengundang adik-adik saya untuk silaturahim ke rumah plus acara bakar ikan. Sebenarnya udah lama punya niat untuk bikin acara ini, tapi saya sering kurang fit jadi baru terlaksana sabtu kemarin. Kebetulan saya udah jarang ngumpul sama adik-adik, jadi kangen seru-seruan sama mereka.

tiud,Dian, Dea (sepupu_, Saya (yang pake jilbab Putih), Suami, Bayu

Nah, kami mulai bakar-bakarnya selepas isya, sebelumnya saya udah buat bumbu ikannya dan ikannya didiamin dulu deh di bumbu. Sambil nunggu ikannya dibakar saya buatin adik-adik tahu isi. Saya kira pada kurang suka, taunya eh langsung diserbu dan ludes..




Nah, setelah udah kenyang makanin tahu, saatnya acara utama yaitu bakar ikan, yeayyyy.

dari kiri atas (Bayu, Tia, Saya, Dian)

Sebagai tukang bakarnya itu suami saya hehee, yang lain cuma mejeng buat foto aja :D


 
Taraa, inilah hasil ikan bakarnya, luamayan juga bumbu buatan saya hehe...
Oh ya, sekalian saya bagi-bagi resepnya, ini resepnya udah saya padukan antara berbagai resep,

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning
Bahan
1. Santan Kental secukupnya (kalo saya beli rp. 5000)
2. Ikan Nila 2 kg (bisa disesuaikan porisnya) karena kami banyak jadi beli banyak hehe

Bumbu Halus
3. Lengkuas
4. Jahe
5. Kunyit
6. Kemiri 1
7.  4 siung Bawang Merah
8. 3 siung bawang putih

9. 1 batang serai
10. 2 lembar daun jeruk dibuang tangkainya
11. 1 lembar Daun Kunyit
12. Jeruk Nipis 1 buah
13. Garam Secukupnya
14. Penyedap (jika suka)


Cara Membuat
1. Bersihkan ikan Nila, lalu lumuri Jeruk nipis dan garam. diamkan
2. Masukkan bumbu halus, serai, daun jeruk, daun kunyit, dan santan dalam kuali, masak hingga mendidih, tambahkan garam secukupnya, masak tapi jangan terlalu kering,
3. Campurkan ikan ke dalam bumbu yang sudah dimasak, diamkan selama 15 menit- 1 jam
4. Siapkan panggangan.
5. Bakar ikan hingga matang,
6. Sajikan, bila suka bisa disajikan dengan sambal hijau ^_^

Selamat mencoba

#1Hari1Ayat - Mengejar Ilmu

7:37:00 PM 1 Comments

"Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadila :11)

Hari ini buka puasa agak terasa terburu-buru. Biasanya selepas sholat magrib saya akan makan bersama suami setelah itu cerita-cerita tentang banyak hal. namun, saya tahu hari senin malam itu jadwalnya suami ikut kajian Bulughul Maram bersama Ust.Syamlan,Lc.

Mungkin banyak teman udah pernah dengar tentang Bulughul Maram. Bulughul Maram adalah kumpulan hadits karya al-Hafizh Ibnu Hajar yang banyak dijadikan istinbath hukum fikih oleh para fuqaha dan disertai keterangan derajat kekuatan hadits. Sistem penulisannya diurutkan berdasarkan urutan pembahasan bab fikih. Di akhir kitab dimasukkan pembahasan penting tentang adab, akhlak, dzikir dan doa.

Dalam Bulughul Maram akan tampak keindahan tehnik penulisan hadits Ibnu Hajar; seringkali beliau menampilkan hadits yang paling shahih dan kuat, meringkas hadits yang panjang, membahas panjang lebar tentang penisbatan periwayat hadits, memberi keterangan derajat hadits dengan memberi isyarat dari ilalnya. Di antara kehebatannya adalah ketika beliau menyertai hadits dengan potongan dan tambahan yang muncul dari sebagian jalur sanad hadits yang berfungsi sebagai pengikat lafazh mutlak (taqyid al-muthlaq), perinci lafazh mujmal (tafshil al-mujmal), dan penghilang pertentangan (raf'u at-ta'arudh). Dengan keistimewaan tersebut banyak ulama yang mengkaji, mensyarah, dan menerapkan manhajnya. Bahkan buku tersebut telah diterjemahkan ke beberapa bahasa asing.

Nah, biasanya sih kajian ini dilakukan berkelompok. Tapi hari ini kajiannya di masjid raya, mungkin lebih umum karena juga jamaahnya juga dari banyak kalangan. Saya kepengen ikut tapi lagi kurang fit disuruh dirumah aja hehe.

Saya jadi salut sama suami, yang mencari ilmu kemana-mana. kata beliau sayang kalau dilewatkan, karena  memang ilmu itu harus dicari dan dikejar, terutama jika ada ahlinya yang mau berbagi dengan gratis tanpa imbalan. Bayangkan banyak orang rela mengeluarkan uang demi mencari ilmu, masa kita dikasih gratisan nggak mau :D

Sunday, January 26, 2014

#1Hari1Ayat - Sihir

8:50:00 AM 0 Comments
"Maka setelah mereka lemparkan, Musa berkata: "Apa yang kamu lakukan itu, itulah yang sihir, sesungguhnya Allah akan menampakkan ketidak benarannya" Sesungguhnya Allah tidak akan membiarkan terus berlangsungnya pekerjaan orang-yang membuat kerusakan." (QS Yunus: 81)

***
Pagi tadi sambil ngeteh saya ngeliat tanyangan Khazanah tentang Sihir yang bisa merusak keimanan. Di awal ditunjukkan film Harry Potter yang notabanenya menunjukkan bahwa sihir adalah suatu hal yang biasa. Ternyata ilmu sihir sudah ada sejak zaman Nabi dan Rasul. Yang paling terkenal di masa kaum Nabi Musa dimana Firaun mempunyai banyak ahli sihir untuk melawan nabi Musa. Namun dengan kekuasaan Allah Nabi Musa bisa bertahan.

Di masa yang udah modern seperti sekarang, ternyata tidak membuat ilmu sihir itu pudar. Malah semakin gencar dengan berbagai modus seperti pengobatan alternatif, atau guru spritual dan lain sebagainya. Ternyata apapun maksud dari ilmu sihir jika itu sudah tidak sesuai dengan syariat, sudah membuat kita menjadi syirik, percaya pada selain Allah maka itu dilarang. 

Nah, ternyata ada yang bisa membantu kita untuk menghindari gangguan sihir yang bisa datang kapan saja. Diantaranya sering membaca Al-Fatihah, Al-Baqarah 1-6, Ayat Kursi, Ayat dua terakhir surat Al-Baqarah, Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nass. Ditambah dengan selalu percaya pada Allah, beribadah pada-Nya dan banyak-banyak berzikir serta berdo'a. InsyaAllah kita akan terhindar dari gangguan sihir.

Semoga Allah melindungi kita semua :)

Friday, January 24, 2014

#1Hari1Ayat - Ashabul Kahfi

7:05:00 PM 1 Comments
Pernah mendengar kisah Pemuda Ashabul Kahfi yang di tidurkan Allah dalam waktu yang sangat lama  dan jasad mereka tetap hidup ? Kisah yang fenomenal sehingga nama mereka di abadikan Allah sebagai nama surat dalam Al Qur’an yaitu Surat Al kahfi. Mari kita baca kisahnya dan ambil hikmah nya , semoga keimanan kita pada Allah semakin mendalam.

Mereka adalah para pemuda yang diberi petunjuk oleh Allah Ta’ala serta Dia mengilhami mereka keimanan, sehingga mereka mengenal Allah dan mengingkari keyakinan kaum mereka yang menyembah berhala. Mereka mengadakan pertemuan untuk membicarakan masalah akidah mereka disertai dengan perasaan takut akan kekejaman dan kekerasan kaum mereka, seraya berkata,  



“Rabb kami adalah Rabb langit dan bumi, kami sekali-kali tidak menyeru Ilah selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian, yakni jika seruan kami ditujukan kepada selain-Nya, maka sungguh kami telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran, yakni perkataan keji, dusta dan zhalim. Sedangkan “kaum kami ini telah menjadikan selain Dia sebagai ilah-ilah (untuk disembah). Mengapa mereka tidak mengemukakan alasan yang terang (tentang kepercayaan mereka). Siapakah yang lebih zhalim daripada orang-orang yang mengada-ada kebohongan terhadap Allah.” (Al-Kahfi: 14-15).

Setelah mereka sepakat mengenai keyakinan tersebut dan menyadari bahwa mereka tidak mungkin menjelaskannya kepada kaum mereka, maka mereka memohon kepada Allah Ta’ala supaya dimudahkan urusan mereka

“Wahai Rabb kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).” (Al-Kahfi: 10).

Kemudian mereka berlindung ke gua, lalu Allah Subhannahu wa Ta’ala memudahkan urusan mereka, melapangkan lubang gua serta menempatkan pintunya di sebelah utara, sehingga tidak terkena sinar matahari; baik ketika terbit maupun saat terbenam, dan mereka tertidur dalam gua di bawah penjagaan serta perlindungan Allah Subhannahu wa Ta’ala selama tiga ratus sembilan tahun. Allah Subhannahu wa Ta’ala telah melindungi mereka dari rasa takut, karena posisi mereka (gua) berdekatan dengan kota kaum mereka.

Allah Subhannahu wa Ta’ala senantiasa menjaga dan melindungi mereka dalam gua tersebut, sebagaimana dijelaskan dalam firman-Nya,


Dan kamu mengira mereka itu bangun, padahal mereka tidur; Dan kami balik-balikkan mereka ke kanan dan ke kiri, sedang anjing mereka mengunjurkan kedua lengannya di muka pintu gua. Dan jika kamu menyaksikan mereka tentulah kamu akan berpaling dari mereka dengan melarikan diri dan tentulah (hati) kamu akan dipenuhi oleh ketakutan terhadap mereka.” (Al-Kahfi: 18)

Kemudian Allah Subhannahu wa Ta’ala membangunkan mereka setelah tertidur dalam jangka waktu yang cukup lama “supaya mereka saling bertanya diantara mereka sendiri.” (Al-Kahfi: 19). Akhirnya mereka menemukan jawaban yang sesungguhnya, sebagaimana hal tersebut ditegaskan oleh Allah Ta’ala di dalam firman-Nya, artinya,

“Berkatalah salah seorang di antara mereka: “Sudah berapa lamakah kamu berada (di sini).” Mereka menjawab, “Kita berada (di sini) sehari atau setengah hari.” Berkata (yang lain lagi): “Rabb kamu lebih mengetahui berapa lama kamu berada (di sini). Maka suruhlah salah seorang di antara kamu pergi ke kota dengan membawa uang perakmu ini.” (Al-Kahfi: 19). Allah Subhannahu wa Ta’ala menjelaskan kisah ini hingga akhir.

*dari berbagai sumber

Thursday, January 23, 2014

#1Hari1Ayat- Azbabun Nuzul Al-Maidah 38

5:32:00 PM 2 Comments
"Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. Al-Ma'idah : 38)

***

Asbabun Nuzul atau sebab-sebab turunnya ayat ini disebutkan dalam sebuah riwayat tentang suatu peristiwa pencurian pada masa Nabi SAW. seorang lelaki mencuri gandum milik tetangganya, mengambil dan menyimpannya di rumah seseorang. Karena karung itu sobek, maka ia dapat dilacak. Sementara itu, si empunya mengadu kepada nabi SAW. tentang barangnya yang dicuri serta mencurigai tetangganya yang ternyata benar. Nabi SAW. tak menyukai hal ini bahwa mereka mencurigai tetangganya yang muslim melakukan pencurian. Namun tatkala benar-benar terbukti bahwa karung tersebut dicuri oleh tetangganya itu, maka dia lari kesemak belukar dan mati. Ayat Al quran tersebut diatas diturunkan setelah peristiwa ini terjadi.



Wednesday, January 22, 2014

#1Hari1Ayat - Air Tawar Segar di Kedalaman Samudera

6:30:00 PM 1 Comments

"Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi." (Q.S Al Furqan:53)

Jika Anda termasuk orang yang gemar menonton acara televisi `Discovery' pasti kenal Mr.Jacques Yves Costeau, ia seorang ahli kelautan (oceanografer) dan ahli selam terkemuka dari Perancis. Orang tua yang berambut putih ini sepanjang hidupnya menyelam ke berbagai dasar samudera di seantero dunia dan membuat film dokumenter tentang keindahan alam bawah laut untuk ditonton jutaan pemirsa di seluruh dunia.

Pada suatu hari ketika sedang melakukan eksplorasi di bawah laut, tiba-tiba ia menemukan beberapa kumpulan mata air tawar-segar yang sangat sedap rasanya karena tidak bercampur/tidak melebur dengan air laut yang asin di sekelilingnya, seolah-olah ada dinding atau membran yang membatasi keduanya.

Fenomena ganjil itu membuat penasaran Mr. Costeau dan mendorongnya untuk mencari tahu penyebab terpisahnya air tawar dari air asin di tengah-tengah lautan. Ia mulai berpikir, jangan-jangan itu hanya halusinansi atau khalayan sewaktu menyelam. Waktu pun terus berlalu setelah kejadian tersebut, namun ia tak kunjung mendapatkan jawaban yang memuaskan tentang fenomena ganjil tersebut.

Sampai pada suatu hari ia bertemu dengan seorang profesor muslim, kemudian ia pun menceritakan fenomena ganjil itu. Profesor itu teringat pada ayat Al Quran tentang bertemunya dua lautan (surat Ar-Rahman ayat 19-20) yang sering diidentikkan dengan Terusan Suez. Ayat itu berbunyi "Marajal bahraini yaltaqiyaan, bainahumaa barzakhun laa yabghiyaan..." artinya "Dia biarkan dua lautan bertemu, di antara keduanya ada batas yang tidak bisa ditembus." Kemudian dibacakan surat Al Furqan ayat 53 di atas. Selain itu, dalam beberapa kitab tafsir, ayat tentang bertemunya dua lautan tapi tak bercampur airnya diartikan sebagai lokasi muara sungai, di mana terjadi pertemuan antara air tawar dari sungai dan air asin dari laut. Namun tafsir itu tidak menjelaskan ayat berikutnya dari surat Ar-Rahman ayat 22 yang berbunyi "Yakhruju minhuma lu'lu`u wal marjaan" artinya "Keluar dari keduanya mutiara dan marjan." Padahal di muara sungai tidak ditemukan mutiara.

Terpesonalah Mr. Costeau mendengar ayat-ayat Al Qur'an itu, melebihi kekagumannya melihat keajaiban pemandangan yang pernah dilihatnya di lautan yang dalam. Al Qur'an ini mustahil disusun oleh Muhammad yang hidup di abad ke tujuh, suatu zaman saat belum ada peralatan selam yang canggih untuk mencapai lokasi yang jauh terpencil di kedalaman samudera. Benar-benar suatu mukjizat, berita tentang fenomena ganjil 14 abad yang silam akhirnya terbukti pada abad 20. Mr. Costeau pun berkata bahwa Al Qur'an memang sungguh-sungguh kitab suci yang berisi firman Allah, yang seluruh kandungannya mutlak benar. Dengan seketika ia pun memeluk Islam.

Allahu Akbar...! Mr. Costeau mendapat hidayah melalui fenomena teknologi kelautan. Maha Benar Allah yang Maha Agung. Shadaqallahu Al `Azhim. Rasulullah s.a.w. bersabda: "Sesungguhnya hati manusia akan berkarat sebagaimana besi yang dikaratkan oleh air." Bila seorang bertanya, "Apakah caranya untuk menjadikan hati-hati ini bersih kembali?" Rasulullah s.a.w. bersabda, "Selalulah ingat mati dan membaca Al Quran."

Sumber: Majalah Percikan Iman, Edisi 4 Tahun II

Tuesday, January 21, 2014

#1Hari1Ayat - Women and Islam

9:11:00 AM 1 Comments

Pagi tadi nonton acara Pengajian Aa dan Mama Dede di salah satu stasiun televisi. Temanya tentang Perempuan. Diceritakan bahwa berbeda sekali pandangan orang terhadap kaum perempuan sebelum dan setelah datangnya Islam. Pada masa pra-Islam, wanita diperlakukan tidak adil. Bahkan wanita tidak berharga di dalam masyarakat. Akan tetapi setelah turunnya Al-Quran, wanita diposisikan secara adil. Begitupun di mata Allah, perempuan dan lelaki sama saja yang membuat mereka mulia di sisi Allah adalah keimanannya.

Mama Dedeh menyampaikan dulu di zaman Yunani Kuno, wanita dianggap sebagai barang yang bisa diperjual belikan , tempat pelampiasan nafsu yang tidak berarti apa-apa. Bahkan ketika memiliki seorang anak perempuan, maka itu dikatakan aib.  Saya juga pernah baca orang-orang Cina menyamakan wanita dengan air penyakit yang membasuh kebahagiaan dan harta. Seorang yang berkebangsaan Cina berhak menjual istrinya sebagaimana budak perempuan. Apabila seorang perempuan Cina menjadi janda, maka keluarga mendiang suaminya berhak atas dirinya. Jadi, ia seperti barang peninggalan yang bisa diwarisi. Bahkan seorang suami berhak mengubur istrinya hidup-hidup. Sedangkan di persia  mereka menganggap, seseorang boleh saja menikahi ibunya sendiri, saudara perempuan kandung, tante, bibi, keponakannya, dan muhrim-muhrimnya yang lain.

Nah, sedangkan di Arab, wanita Arab jahiliah dan pra-Islam sangat tertindas dan terpinggirkan. Lahirnya seorang anak perempuan dianggap aib dan mendatangkan sial. Bagi seorang suami merupakan aib jika istrinya sampai melahirkan anak perempuan. Ia akan berusaha menghindar dari khalayak ramai dan mengubur si anak. Anak yang dibunuh dengan cara kejam itu dinamakan al-mau’udah (yang dikubur hidup-hidup). Allah SWT melukiskan perbuatan kejam ini dengan satu ilustrasi menarik disertai celaan terhadapnya:

 
Apabila salah seorang di antara mereka diberitahu tentang (lahirnya) seorang anak perempuan, merah padamlah wajahnya menahan amarah. Dia bersembunyi dari kaumnya, karena buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah putrinya itu akan dipertahankan dengan menanggung kehinaan atau (lebih baik) dikuburkannya ke dalam tanah. Ketahuilah, sungguh buruk putusan mereka itu.” (Q.S. an-Nahl [16]: 58-59)

Setelah kedatangan Islam, tradisi mengubur anak perempuan hidup-hidup dihapuskan. Dalam Islam, pelaku kebiasaan tersebut bertanggung jawab terhadap kejahatan yang dilakukannya. Turunnya Al-Quran tidak hanya memengaruhi kondisi wanita Arab. Tetapi, pengaruhnya juga meliputi wanita Eropa.

Tak satu pun yang membantah bahwa Spanyol sangat dipengaruhi peradaban Islam. Pengaruh tersebut menjadi topic menarik yang dikaji kalangan penulis dan orientalis. Di antaranya adalah seperti yang ditulis oleh orientalis Rusia, Kratsovieski, dalam bukunya yang berjudul Asbania al-Muslimah. Dalam buku tersebut, ia menyinggung tingginya kedudukan wanita Spanyol setelah masyarakatnya dipengaruhi tradisi Arab yang pada dasarnya terinspirasi pesan Al-Quran.

Subhanllah, saya nggak kebayang kalau kedudukan kaum perempuan sama kayak dulu sebelum Islam datang. Mana bisa kita berkarya seperti sekarang. Namun kebebasan yang ada kadang membuat kaum perempuan lalai akan kewajibannya sebagai perempuan, keluarga ditinggalkan demi karir. Padahal pahala yang sangat besar jika seorang perempuan bisa menjalankan kewajibannya dengan baik dan menjadi madrasah bagi anak-anaknya :)

Monday, January 20, 2014

#1Hari1Ayat - Dahsyatnya Puasa (Plus Kalender Puasa 2014)

5:54:00 PM 1 Comments
"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar." (QS: Al-Azhab : 35)

***
Ibadah puasa merupakan ibadah yang unik. Apalagi saat ini menjelang bulan Ramadhan dimana umat muslim wajib melaksanakan ibadah puasa sesuai syariat. Puasa ialah menahan makan dan minum serta hawa nafsu dari fajar hingga matahari tenggelam.

Ibadah puasa merupakan ibadah yang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Banyak manfaat yang dapat kita raih saat menjalankan ibadah puasa. Sebab dengan berpuasa kita dapat mengistirahatkan organ pencernaan yang selama setahun bekerja sangat keras. - See more at: http://inti-kesehatan.blogspot.com/2013/06/10-manfaat-puasa-bagi-kesehatan.html#sthash.MmjRD196.dpuf

Ibadah puasa merupakan ibadah yang unik. Apalagi saat ini menjelang bulan Ramadhan dimana umat muslim wajib melaksanakan ibadah puasa sesuai syariat. Puasa ialah menahan makan dan minum serta hawa nafsu dari fajar hingga matahari tenggelam.

Ibadah puasa merupakan ibadah yang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Banyak manfaat yang dapat kita raih saat menjalankan ibadah puasa. Sebab dengan berpuasa kita dapat mengistirahatkan organ pencernaan yang selama setahun bekerja sangat keras. - See more at: http://inti-kesehatan.blogspot.com/2013/06/10-manfaat-puasa-bagi-kesehatan.html#sthash.MmjRD196.dpuf
Ibadah puasa adalah satu dari sekian ibadah yang sangat bermanfaat untuk kita. Selain seperti yang disebutkan dalam surat Al-Azhab ayat 35 laki-laki dan perempuan yang berpuasa, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. Ternyata puasa juga banyak manfaatnya bagi kesehatan kita. 

Beberapa manfaat dari puasa antara lain *(dikutip dari liputan6.com)
1. Puasa meningkatkan proses eliminasi dan meningkatkan pelepasan racun dari usus, ginjal, dan kandung kemih, paru-paru, dan saluran pernapasan, sinus, dan kulit.

2. Tanpa makan di siang hari orang membiarkan sistem pencernaan beristirahat.

Meminimalkan beban kerja pada organ pencernaan, usus, lambung, hati, kandung empedu, pankreas, dan ginjal, bisa memperbaiki dalam memulihkan diri. Memecahkan makanan membutuhkan banyak energi dari tubuh.

3. Energi yang biasanya dikeluarkan pada proses pencernaan dibebaskan sehingga bisa fokus meningkatkan kesehatan, vitalitas, dan mempertajam fungsi pikiran.

4. Ketika berpuasa energi lebih tinggi, lebih konsentrasi dan lebih besar kesadaran spiritual, serta lebih bersih mentalnya.

5. Puasa bisa menjadi obat untuk sejumlah masalah kesehatan

Gangguan pencernaan, fungsi usus, dan kelebihan lemak perut ketegangan otot-otot punggung, yang mungkin bertanggung jawab untuk berbagai bentuk sakit di punggung. Jenis nyeri punggung bisa diatasi dengan puasa dan diet ringan selama malam hari.

Alergi dan sinus mungkin menjadi lega karena puasa membantu membersihkan tubuh dari cairan lendir yang berlebih.

6. Selama kita tidak terlalu banyak makanan dan yang manis-manis setelah berbuka puasa, penurunan berat badan juga bisa dilakukan selama bulan puasa.

7. Puasa merupakan metode baik untuk mengatasi kecanduan kopi, merokok, dan obat-obatan.

8. Puasa merupakan katalisator bagi perubahan dan perkembangan pribadi serta motivator ampuh untuk menghentikan kebiasan yang tidak sehat.
Puasa bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Itulah sebabnya, puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan dan darah tinggi. Dalam kondisi tertentu, seorang pasien bahkan dibolehkan berpuasa, kecuali mereka yang menderita sakit diabetes yang sudah parah, jantung koroner dan batu ginjal. Puasa dapat menjaga perut yang penuh disebabkan banyak makan adalah penyebab utama kepada bermacam-macam penyakit khususnya obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya. - See more at: http://inti-kesehatan.blogspot.com/2013/06/10-manfaat-puasa-bagi-kesehatan.html#sthash.MmjRD196.dpuf
Puasa bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan mengendalikan tekanan darah. Itulah sebabnya, puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan dan darah tinggi. Dalam kondisi tertentu, seorang pasien bahkan dibolehkan berpuasa, kecuali mereka yang menderita sakit diabetes yang sudah parah, jantung koroner dan batu ginjal. Puasa dapat menjaga perut yang penuh disebabkan banyak makan adalah penyebab utama kepada bermacam-macam penyakit khususnya obesitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya. - See more at: http://inti-kesehatan.blogspot.com/2013/06/10-manfaat-puasa-bagi-kesehatan.html#sthash.MmjRD196.dpuf

Nah, dahsyat sekali kan kehebatan puasa ini bagi kehidupan kita. Selain sebagai ladang amal kita ternyata puasa sangat baik untuk kesehatan. Yuk, sama-sama menggiatkan puasa, bukan hanya puasa wajib Ramadhan, tapi juga puasa sunnah lainnya. Oh ya, saya juga sharing kalender Puasa Tahun 2014 untuk sahabat semuanya. Silahkan dicopy, saya juga ngambil dari page nya Oki Setiana Dewi ^_^

Selamat Berbuka bagi yang menunaikan :)


Sunday, January 19, 2014

#1Hari1Ayat- Pengumpat

3:04:00 PM 0 Comments

1. Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela,
2. Yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung
3. Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya,
4. Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.
5. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?
6. (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,
  7.Yang (membakar) sampai ke hati.
8. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka,
9. (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang. 
(QS. Al Humazah 1-9)
***

Kali ini saya mau sharing ilmu yang saya dapat di pengajian subuh keliling hari ini. Hari ini agak sedikit berbeda karena kedatangan ustadz dari jawa tengah, saya lupa tepatnya beliau dari pesantren apa, kalo nggak salah Al-Fatah yang punya Bengkel Iman.

Pagi tadi membahas tentang keserakahan  dan sifat pencela manusia. Beliau sempat mengutip cerita pada zaman Nabi Musa yang menemukan emas di perjalanan bersama ketiga muridnya. Nabi Musa saat itu tidka mau mengambil emas, sedangkan ketiga muridnya karena dihasut oleh syaitan, maka terbujuklah dan akhirnya ketiganya mati karena keserakahan.

Selain itu ustadz juga mengingatkan jamaah tentang menjaga lisan. Karena setiap muslim itu bersaudara, maka hendaklah saling mengingatkan dalam kebaikan, bukannya memperolok dan mengumpat. Apalagi yang kita umpat itu adalah saudara kita yang hendak berbuat kebajikan. Nauzubillah. 

Bicara soal serakah dan menjaga lisan saya teringat tentang apa yang disampaikan dalam surah al-humazah.Surah al-Humazah memberikan gambaran tentang murka dan siksaan Allah SWT kepada semua orang yang gemar mengumpat orang lain. Mengumpat maksudnya ialah membicarakan keburukan orang lain atau mengolok-olok. Allah mengibaratkan orang yang demikian itu bagaikan memakan daging saudaranya yang sudah mati.


Penyebab orang mengumpat dan menghina orang lain tidak lain hanyalah karena mereka selalu mengumpulkan harta dan menghitung-hitung kekayaannya. Seakan-akan dengan bertambah kekayaanya akan bertambah pula derajatnya, mendapat keistimewaan dan dihargai orang lain. Karena itulah mudah timbul sikap meremehkan orang lain dan tidak pernah menyadari bahwa musibah dan bencana bisa saja menimpa yang membuat hartanya berkurang. Kesombongan telah memuat hati mereka tertutup, lupa akan kematian, tidak mau introspeksi akan kesalahan-kesalahan yang dilakukannya, dan tidak ingat balasan yang akan diterimanya di akhirat kelak.


 Padahal Allah mengancam orang yang berbuat demikian dengan siksaan yang amat pedih dan akan dicampakkan ke dalam neraka hutamah (api yang dinyalakan dan tidak akan pernah padam).
Allah menjelaskan bahwa sifat api hutamah berbeda dengan api di dunia ini. Api hutamah dapat menyusup masuk ke rongga badan hingga membakar hati. Hati merupakan rongga badan yang sangat sensitif, jika hati sudah terbakar api, rasa sakitnya luar biasa. Neraka tersebut terkunci rapat, sehingga setiap kali mereka hendak keluar dari neraka, mereka akan dikembalikan lagi ke dalamnya begitu seterusnya yang dialami mereka.


Semoga kita dilindungi dari siksa neraka hutomah, aamiin...

Prenagen Esensis - Nutrisi Pesiapan Kehamilan

2:09:00 PM 0 Comments

Beberapa waktu yang lalu, saya dapat informasi dari teman bahwa Kalbe memberikan sample produk gratis yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Akhirnya saya buka Facebook Kalbe Family dan menemukan memang Kalbe memberikan sample produk. caranya sangat mudah. Tinggal klik Produk Sample Request  dan isilah data diri kita.

Setelah saya isi data diri ternyata langsung dibalas oleh admin Kalbe. Berisi konfirmasi data diri saya apakah lengkap dan apakah mau dikirim kan sample. Saya balas OK, dan hari jumat kemaren sample produk nya sudah sampai. Alhamdulillah. Saya agak kaget karena sample yang dikirim lumayan banyak hehe. Makasih ya Kalbe

Memang saat mengisi data saya minta sample produk susu PRENAGEN Esensis  sebagai Nutrisi Persiapan Kehamilan. Mungkin sebagian teman sudah tau kalau saya pernah mengalami musibah keguguran pada bulan Oktober. Nah, sekarang kata dokter rahim saya sudah sehat dan bisa program untuk hamil lagi. Saya bertekad bahwa saya akan lebih menjaga diri jikalau Allah memberikan kesempatan untuk hamil lagi. Nah salah satunya adalah mengkonsumsi nutrisi yang baik sebelum kehamilan. Seperti susu yang tepat.

Saya pun dapat ilmu dari Pagenya Prenagen Esensis, Agar masa kehamilan, kelahiran dan bayi yang terlahir nantinya sehat, calon mommy dan ayah perlu menyiapkan diri di masa prakonsepsi. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan pendukung kesehatan di masa prakonsepsi.
1. Konsumsi protein akan meningkatkan produksi sperma. 

 Makanlah telur, ikan, daging dan tempe
2. Asam folat, penting bagi calon bunda sejak prakonsepsi sampai kehamilan trimester pertama. Berperan dalam perkembangan sistem saraf pusat dan darah janin. Cukup asam folat mengurangi risiko bayi lahir dengan cacat sistem saraf sebanyak 70%. Makanlah sayuran hijau tua, jeruk, alpukat, hati sapi, kedelai, tempe dan serealia
3.Cukupi zat seng. Bagi bunda, seng membantu produksi materi genetik ketika pembuahan terjadi. Bagi ayah, melancarkan pembentukan sperma. Makanlah kerang, daging, telur, biji-bijian dan kacang-kacangan
4. Cukupi zat besi, karena kekurangan zat ini membuat siklus ovulasi (pelepasan sel telur) mommy terganggu. Sumbernya: hati, daging merah, kuning telur, sayuran hijau, jeruk dan serealia yang diperkaya zat besi.
dan mommy jangan lupa mengonsumsi #PRENAGEN esensis dua kali sehari sebagai persiapan nutrisi untuk si calon janin nanti.


Well, Prenagen esensis yang dikirim langsung saya coba. Sebenarnya ada 3 varian rasa yaitu coklat. vanila dan moka. Tapi saya minta dikirimkan rasa coklat. Cara buatnya mudah kok. Larutkan 1 sachet sample (35g) prenagen esensis ke dalam 180 ml air hangat. aduk sampai larut dan siap untuk diminum. dulu di kehamilan pertama saya memang tidak mengkonsumsi susu kehamilan karena takut tidak suka rasanya. Tapi ternyata rasa susu yang ini tetap enak dan nggak bikin mual. 

Nah Prenagen Esensis ini juga kaya akan nutrisi yang pas untuk wanita yangs edang mempersiapkan kehamilan diantaranya
1. asam folat
2. kolin, yang berperan sebagai bahan pembentuk fosfatidikolin bagian penting dalam membran sel
3. zat besi yang dapat membantu mencegah dan mengatasi anemia dan kekurangan gizi
4. tinggi kalsium. yang berperan dalam pembentukan tulang serta mempertahankan kepadatan tulang dan gigi
5. rendah lemak, 80% lebih rendah daripada susu full cream

nah, samplenya udah habis, hehe, saatnya saya cari yang satu kotak :D yuk mommy coba, Prenagen Esensis, Ahlinya Nutrisi Kehamilan dan Menyusui




Friday, January 17, 2014

#1Hari1Jumat - Amalan Hari Jum'at

11:11:00 AM 4 Comments
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (٩)

9. Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
(QS: AL Jumu’ah:9)

***
Saya share ni gambar amalah hari jumat dari Al Fatih Studio yang tadinya dishare oleh Ustadz Felix Siauw di statusnya tentang amalan hari jumat. ^_^  Yuk untuk kaum adam yang masih sibuk dengan pekerjaannya buruan tinggalkan, biar nggak telat ke masjidnya, jangan lupa mandi biar bersih dan wangi saat menghadap Sang Kekasih.



Thursday, January 16, 2014

#1Hari1Ayat - Ujian ataukah Bencana

11:21:00 AM 5 Comments
"Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr." (QS Saba':16)

***
Barusan saya nonton berita di metro TV. Miris liat keadaan jakarta yang dilanda banjir. Ditambah lagi tadi liat juga liputan banjir di Manado, juga cuaca ekstrim minus 30 derajat yang ada di China. Saya jadi bertanya-tanya, apakah ini ujian yang diturunkan Allah atau kah bencana yang ditimpakan kepada Negara kita. 

Seperti yang disebutkan di ayat di atas. Bahwa Allah menimpakan bencana karena umatnya yang berpaling, ditambah lagi kebun-kebun yanga walnya berbuah manis menjadi pahit, mungkin ini adalah gambaran bagaimana banyak panen yang gagal karena cuaca yang ekstrim.

Harusnya kita bisa semakin berbenah diri. Jangan sampai kita semakin jauh dari Allah SWT. Banjir dan bencana alam yang terjadi harusnya membuat kita memperbaiki diri. apakah ada yang kurang dari ibadah kita. atau keserakahan kita yang mementingkan kepentingan individual dengan melupakan keseimbangan alam. wallahualam, semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita dan segera memulihkan keadaan negara kita aamiin...


Wednesday, January 15, 2014

#1Hari1Ayat - Menjaga Makanan

1:55:00 PM 1 Comments
"Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah." (QS. Al-Baqarah : 172)

***

Akhir-akhir ini saya sering sakit. Kalau kata suami sih karena kurang menjaga kesehatan makanan. Memang sih saya kurang suka makan nasi dan sayur, lebih memilih cemilan. Makanya jadi sering sakit.

Saya juga akhirnya mewanti-wanti dan mencari tahu apakah ada makanan yang saya makan itu bukan hak saya. Takut banget jika termakan makanan yang nggak baik lebih-lebih nanti makanan haram. Nauzubillah :(

Soal makanan haram kalo haram secara fisik kita tentu pasti udah tau. karena maknan haram itu ada dua macam. PERTAMA memang barangnya itu haram, misalnya babi, darah, bangkai dan sebagainya. Atau yang KEDUA haram dari CARA MENDAPATKANnya, misalnya mencuri, mengambil tanpa izin, korupsi, penipuan, kecurangan dan lain sebagainya. 

Ah semoga kita bisa memakan makanan yang halal lagi toyib :)

Tuesday, January 14, 2014

Berhenti di Kamu

2:21:00 PM 0 Comments
Pencarianku berhenti di kamu
dan semuanya terasa begitu indah
seperti pelangi selepas hujan


16 Juni 2013. Saya sah menjadi seorang istri. Banyak teman yang menanyakan kenapa kok bisa nikah sama dia *suami saya, gimana bisa ketemunya? dia itu kan bukan kriteria kamu, kok bisa? gimana rasanya nikah muda? enak nggak?

Dicecar pertanyaan sedemikian banyak saya hanya tersenyum saja dan menjawab seadanya. Karena banyak pertanyaan yang sebenarnya tidak penting untuk diceritakan. Malah akan menambah rentetan pertanyaan baru. Hehe.

Jika diingat perjalanan saya menemukan tambatan hati memang terkesan berliku-liku dan penuh kejutan. Allah ternyata memberi kejutan indah itu setelah banyak rintangan. 

Jika diceritakan dari awal rasanya terlalu panjang hehe. tapi puncak pencarian saya itu di tahun 2013, setelah tahun  2011 sebelumnya saya memutuskan untuk sendiri (memutuskan hubungan dengan teman dekat lelaki) dan memutuskan untuk tidak menjalin hubungan abal-abal dengan lelaki manapun. Saat itu saya menangis, sebuah tamparan telak untuk diri saya. Saya menangis bukan karena sedih berpisah, namun lebih pada penyesalan karena waktu saya telah  sia-sia dengan banyak hal yang tidak bermanfaat, lebih-lebih membuat diri saya semakin jauh dari Sang Pemilik Cinta Allah SWT. :(

Dulu. Saya seakan tuli mendengar nasihat teman-teman yang sangat menyayangi saya. Mereka padahal terus mengingatkan "Berhentilah. Tidak ada satupun kebaikan jika yang kita lakukan itu bukan perintah Allah. Cinta yang kamu perjuangkan itu semu, orientasinya dunia dan nafsu." Namun begitulah, masa muda yang bergejolak membuat kita jauh dari kebenaran. Namun Allah masih sayang sama saya walau sudah banyak hal buruk di masa lalu yang saya lakukan. Allah tidak meninggalkan saya. Dia mempertemukan saya dengan orang-orang soleh yang akhirnya mau membantu membimbing saya untuk memperbaiki diri. 

Tahun 2012, saya pisah dengan orang tua. karena saya bersama teman mengelola PAUD, Bimbel dan TPQ di Curup, Rejang Lebong. Disanalah saya mulai menyibukkan diri saya dengan hal-hal positif. Hari-hari saya habiskan dengan mengajar dan menulis. Melihat kesibukan saya itu yang tidak punya waktu untuk berfikir tentang menikah, kakak-kakak dan mba-mba saya berusaha untuk menjodohkan saya dengan pilihan mereka. Saya sangat berterima kasih untuk itu, karena lelaki yang mereka ajukan itu soleh-soleh dan saya tau mereka orang baik. Namun saya masih ragu, karena saya tidak sebaik yang mereka bayangkan dan akhirnya saya tidak menerima untuk dijodohkan. Saya masih perlu waktu untuk memperbaiki diri hingga saya rasa siap.
Kalau kamu sekarang Lagi memperbaiki diri dan Menjaga Hati, Insya Allah jodohmu juga lagi memperbaiki diri dan menjaga hatinya 
RT @ManJaddaWaJadaa 
Awal tahun 2013. Ayah Ibu saya mulai resah karena kecuekan saya dengan perihal menikah. Saya maklum karena orang tua pasti cemas jika anak gadisnya belum juga menikah walaupun waktu itu umur saya masih 23 tahun.
Namun tiba-tiba Allah menunjukkan jalan pada saya. Entah bagaimana mulanya saya akhirnya berkomunikasi dengan kakak kelas saya di kampus yang beda jurusan. Saya agak lupa,  Namun seingat saya komunikasi itu dimulai saat beliau meminta saya menjadi pembicara dalam acara "Success in Campus" namun saya menolak dengan alasan kurangnya ilmu dan saya belum sukses. Hehehe.. Beliau kesal dan hampir marah karena alasan yang katanya tidak masuk akal itu, bahkan beliau mengatakan kalau saya pelit ilmu. :D Kalau kata beliau, sejak saat itu ia "bete" kalau lihat saya. "Akhwat jutek" begitu ia memanggil saya.
Mulai dari sanalah kami mulai berkomunikasi, namun dalam hal wajar seperti mengisi acara outbound bersama atau hal-hal berkaitan dengan dunia kampus. Dia yang sudah saya anggap kakak sendiri meminta saya mencarikan ia calon istri yang kalau bisa keturunan orang Padang. Saya membantu sebisanya, namun tidak berhasil. 
Hingga dengan mendadak, ia meminta saya untuk menikah. Saya jawab cuek "Jika ingin menikahi saya, datang ke ayah ibu dirumah." Saya kira dengan begitu ia takut atau seperti lelaki lainnya selalu mengatakan "saya siap nikah, tapi tunggu saya kumpulkan uang dulu, atau tunggu saya sukses dulu, dapat pekerjaan ini itu dulu..." Namun beliau langsung datang ke rumah saat saya di Bengkulu. Betapa terkejutnya saya, kedatangan pertamanya dirumah, ia langsung mengutarakan bahwa ia minta izin menikahi saya. Saya yang tidak ikut pembicaraan itu respek menggigit bantal di kamar belakang bersama adik saya. Subhanallah, dia seberani itu :")
Jawaban ayah sangat bijak. Jika saya dan dia siap silahkan. InsyaAllah mereka akan membantu memudahkannya. Alhamdulillah, semuanya berlangsung begitu mudah. dan saya yakin kesemuanya itu dimudahkan oleh Allah. bukankah ketika kita berniat untuk ibadah dan karena Allah, maka Allah akan memudahkan. yang saya ingat, April beliau datang kerumah, Mei lamaran, dan Juni kami menikah. 
Walau banyak orang yang mengatakan karakter kami berdua tidak cocok. Saya yakin Allah akan membuat kami saling melengkapi. Saya yang ceroboh dan berantakan akan dilengkapi oleh suami yang perapi dan disiplin. Suami yang karakternya keras akan dilengkapi karakter saya yang lebih ceria. Dan sampai saat ini saya merasa begitu bahagia menjadi istrinya. Karena ia selalu mengingatkan saya di saat saya lupa :)
Akhirnya penantian ku berhenti di kamu. Seorang yang bahkan tak pernah saya mimpikan sebelumnya. Namun Allah memilihkan ku untukumu, memilihkanmu untukku. Mengikat perjanjian yang kuat itu di depan orang tuaku. Mengikrarkannya karena Allah.
Semoga Allah mengikat hati kita dengan cinta-Nya. 
Hingga kita bukan hanya menjadi pasangan di dunia, 
namun juga di Jannah-Nya. Aamiin Ya Allah.
 tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Novel Perjanjian yang Kuat

#1Hari1Ayat - Cintakah kita pada Rasulullah?

11:49:00 AM 1 Comments
"Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS: Al-Ma'idah : 118)

***

Walaupun banyak yang pro-kontra soal Maulid Nabi. Saya nggak berpihak di pihak manapun. Kalo kata Ust. Felix di statusnya sesama Muslim itu harus saling menjaga, saling sayang | masak "Maulid Nabi" dijadikan alasan ribut dan rusuh saudara sendiri. ^_^ mendingan kita membaca sirah Nabi, agar semakin cinta pada beliau dan Allah SWT :)

Dialah kekasih Allah, manusia yang terjaga dari kesalahan, sosok pribadi sempurna, figur terbaik yang pernah ada di dunia. Ia di kagumi, dicintai, sekaligus diikuti oleh umatnya yang beriman. Tidak heran apabila orang barat sendiri mengakui bahwa beliau merupakan tokoh yang paling berpengaruh di dunia. (Michael Hart, 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia).


Dialah Muhammad SAW, rasul akhir jaman, pemberi peringatan, suri tauladan terbaik bagi umat manusia. Pembawa risalah penyempurna atas nabi-nabi yang terdahulu. Rasulullah SAW sangat mencintai umatnya, hal ini terbukti dalam beberapa kisah. 

Pernah suatu ketika Rasulullah saw menangis sepanjang malam hingga subuh dalam shalatnya saat membaca surah Al Maidah ayat 118 yang artinya: “Jika Engkau siksa mereka, sesungguhnya mereka adalah hamba-hambaMu dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkau Mahaperkasa lagi Mahabijaksana.” . Dalam doanya beliau menyebut “Ya Allah, umatku…umatku”. Ketika ditanya Jibril, Rasulullah menceritakan kehawatirannya pada umat beliau siksa neraka. Atas keterangan tersebut, yang disampaikan oleh Jibril, Allah meridhai Nabi Muhammad untuk memberikan syafaat kepada umatnya yang masih menyisakan keimanan walaupun sebesar biji sawi. Rasulullah memohon ampunan untuk kita, umatnya dari siksa api neraka.

Rasulullah memberi syafaat kepada umatnya. Inilah kasih sayang dan pengorbanan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang lainnya, yang tidak dimiliki oleh para nabi sebelumnya. Yakni syafaat untuk umat.

Sebenarnya, setiap Nabi diberikan doa mustajab oleh Allah. Namun, nabi-nabi sebelumnya telah menggunakan doa tersebut, sebagiannya sebagai senjata pamungkas untuk menghancurkan orang-orang kafir dengan adzab Allah. Adapun Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, beliau menyimpan doa tersebut sebagai syafaat bagi umatnya, kelak di hari hisab.

Rasulullah bersabda:



لِكُلِّ نَبِىٍّ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ فَتَعَجَّلَ كُلُّ نَبِىٍّ دَعْوَتَهُ وَإِنِّى اخْتَبَأْتُ دَعْوَتِى شَفَاعَةً لأُمَّتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَهِىَ نَائِلَةٌ إِنْ شَاءَ اللَّهُ مَنْ مَاتَ مِنْ أُمَّتِى لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا
"Setiap Nabi memiliki doa yang mustajab, maka setiap nabi menyegerakan doanya. Dan sesungguhnya aku menyembunyikan doaku sebagai syafa'at bagi umatku pada hari kiamat. Dan insya Allah syafa'atku untuk setiap orang yang mati dari kalangan umatku dalam keadaan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun" (HR. Muslim)

Subhanallah… Rasulullah bersabar dengan kesabaran yang sempurna, bahkan tidak dimiliki oleh Nabi sebelumnya,tidak menggunaan syafaat itu di dunia untuk dirinya sendiri. Melainkan untuk ummatnya. AllahuAkbar, begitu sayangnya Rasulullah kepada kita hingga ia wafat.

“Ya Allah, dahsyat nian sakaratal maut ini, biarlah aku menanggung sakaratul maut ini, jangan (beratkan sakaratul maut) pada umatku," pinta Rasulullah. Setelah berwasiat “Ummatii, ummatii, ummatiii!” beliaupun menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Kita pun sangat pantas bersedih, bahkan di saat kita belum melakukan apapun untuk Islam, Rasulullah telah menanggung (sebagian) sakitnya sakaratul maut kita.

Pertanyaannya, apakah kita kemudian terpanggil untuk lebih mencintai Nabi, mengikuti dan meneladaninya? Semoga momentum  dengan membaca sirah Nabii membuat kita sadar kasih sayang dan pengorbanan Rasulullah, lalu kita pun mencintai Nabi, mengikuti dan meneladaninya. Aamiin :)

*beberapa kalimat dari tulisan ini bersumber dari
- eramuslim.com
- bersamadakwah.com
- Buku Sirah Nabawiyah