Liga Blogger Indonesia 2015 telah memasuki pekan kesembilan. Layaknya sebuah pertandingan lari dengan jarak tempuh yang jauh, sebagian peserta mulai lelah, bahkan memilih berhenti sebelum garis finish. Banyak faktor yang mungkin mempengaruhi. Salah satunya kesibukan di dunia nyata yang tentu tidak bisa dilalaikan begitu saja. Namun ini hanyalah masalah pilihan, mau atau tidak. Jika memilih ingin meneruskan pertandingan hingga selesai seyogyanya akan berusaha untuk menjalaninya, dan jika ingin berhenti tentulah itu hak masing-masing yang tidak bisa kita interupsi.

Sungguh, menulis tema pekan ini tentang tips agar semangat ngeblog tetap menyala adalah hal yang sulit bagi saya. Bukannya sulit menuliskan kata-kata, tapi sulitnya mempertanggungjawabkan apa yang saya tulis. Jujur saya akui, saya bukanlah blogger yang konsisten terus untuk ngeblog. Ada-ada saja halangan yang kadang membuat semangat saya kendor lalu memilih menelantarkan blog berhari-hari. Tapi syukurlah, disaat semangat saya mulai redup, ada-ada saja hal yang membuat semangat ngeblog bangkit lagi. Berikut beberapa Tips agar semangat ngeblog tetap menyala di ajang LBI 2015 ala saya.

Ciptakan Suasana Nyaman Saat Menulis
Nyaman sangat penting ketika ingin menulis. Saya biasanya sebelum menulis atau ngeblog tidak ingin dalam kondisi terburu-buru. Jika di rumah, saya akan membereskan pekerjaan rumah hingga selesai lalu baru deh ngeblog 🙂 kadang-kadang sembari mendengarkan musik pun bisa bikin nyaman.

Siapkan Cemilan, Air Putih Bening, dan Bacaan




Biasanya saya kalau sudah  kelamaan ngeblog sering kehausan dan nggak terasa tenggorokan sakit plus mata perih, dan ini kadang bikin kita malas untuk ngeblog. Jadi saya mensiasatinya dengan menyiapkan cemilan (biasanya saya siapkan potongan buah) juga air agar bisa terus segar 🙂
Buku bacaan pun sering saya siapkan jika saya agak jenuh agar bisa mendapatkan inspirasi lagi.

Refreshing
Siapa yang bosan kalau seharian hanya didepan layar komputer? 😀 Saya termasuk diantaranya. Jadi refreshing butuh banget untuk menjaga semangat ngeblog. Refreshing nggak mesti jauh-jauh kok. Jalan-jalan sore sama anak, berkebun, crafting, masak-masak atau silaturahmi ke tetangga atau kerabat bisa jadi alternatif mengusir kepenatan saya 🙂

disela-sela waktu saya hobby buat papercraft 🙂

Ngeblog Bukan Hanya Kontes
Tidak bisa dipungkiri, bagi saya pribadi kontes ataupun lomba blog punya ruang spesial untuk memacu menyalakan semangat ngeblog. Kadangkala rasa kecewa menghampiri saat saya kalah dalam sebuah lomba. Namun prinsip nggak selamanya menang, nggak selamanya kalah bisa bikin saya nggak sedih-sedih banget. Toh kalaupun kalah, kita sudah dapat banyak manfaat: Update blog, mengasah kemampuan menulis, banyak dapat teman juga. Sesekali saya update blog bukan demi “kontes”, agar saya  nggak melulu kontes hehe…

Bersyukurlah dan Manfaatkan Waktumu
Sebelum melahirkan, saya termasuk orang yang suka bermalas-malasan di waktu senggang. Banyak waktu saya terbuang dengan percuma. Padahal dengan waktu senggang yang banyak, saya bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat termasuk menulis. Sedangkan banyak orang yang padat sekali kesibukannya masih sempat untuk terus mengupdate blognya. Ya lagi-lagi ini bukan masalah sibuk atau tidak, tapi mau atau tidak !

Namun setelah melahirkan dan menjadi seorang ibu dengan bayi yang masih sulit untuk ditinggal, saya jadi sadar bahwa waktu senggang bahkan beberapa menitpun sangatlah berharga. Setiap harinya saya memanfaatkan waktu anak saya (Ubay) tidur untuk menulis dan mengurus rumah. Jadi sahabat, sebelum waktu senggangmu semakin sedikit. Bersyukurlah, lalu isilah waktumu untuk hal yang bermanfaat ^_^

Ubah Mindset
Terakhir yang menurut saya begitu penting adalah mengubah mindset tentang ngeblog. Mengubah pola pikir dari apa yang bisa blog berikan pada saya? dengan apa yang bisa saya berikan dengan ngeblog? 


Yup, semoga saja dengan menggalakkan semangat untuk berbagi lewat ngblog, semangat ngeblog kita terus menyala dan kebaikan pun akan datang dengan sendirinya.

Ayo Nyalakan Semangat Ngeblogmu 🙂

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *