Follow Us @soratemplates

Tuesday, January 30, 2018

Bermain Cap Warna dari Sayuran

10:03:00 AM 0 Comments

Assalammualaikum wr.wb

Halo pembaca happyummi.com apa kabarnya?
Semoga selalu sehat dan bahagia ya.

Beberapa hari yang lalu Ummi dan Ubay bermain cap warna dari potongan sayuran. Sudah lama punya ide mau ajak ubay seru-seruan dengan pewarna, tapi belum terealisasi.

Ummi lagi sibuk beres-beres dan mengepak barang untuk pindahan jadi acara main bersama ubay nya agak sedikit. Nampaknya sih ubay bosan, jadi teringatlah ide mau bermain cap warna. Melihat ummi mengeluarkan pewarna makanan dan beberapa macam jenis sayuran Ubay jadi heboh.

"Ummi mau masak apa?" Hehe dikiranya ummi mau masak sayuran pake pewarna tuh.
"Kita main cap warna pakai sayuran yuk!"
"Apa?"
 "Nggak tau ya, ya udah bantu ummi bawa pewarnanya kedepan aja"

Awalnya sih dia bingung, tapi saat Ummi mempraktikkan membuat cap warna dia langsung senang dan ingin segera mencoba. Membuatnya nggak sulit kok, bahan-bahan yang perlu disiapkan


1. Berbagai macam sayuran seperti wortel, kentang, buncis, bongkol sawi, brokoli dll
2. Pewarna makanan warna warni
3. Kertas untuk menempelkan cap
4. Piring untuk meletakkan pewarna

Caranya potong sayuran menjadi berbagai macam bentuk, karena ummi nggak jago mengukir bentuk sayuran jadi bentuknya yang standar aja seperti bulat, persegi, segitiga dan bunga dari wortel. Kalo bunda-bunda punya pisau ukir bisa loh diukir jadi berbagai bentuk lucu.

Selanjutnya tuangkan pewarna di atas piring datar, jika terlalu kental tambahkan air sedikit saja, lalu tempelkan potongan sayuran ke pewarna lalu cap di atas kertas. Wah langsung jadi deh, cantik juga jadinya.



Kalau bunda punya bantalan cap yang sudah lama tak terpakai, bisa juga air pewarnanya di teteskan ke bantalan cap supaya nanti hasilnya lebih bagus. Tidak basah banget saat ditempelkan di kertas. Sayangnya ummi nggak punya lagi bantalan cap ehhe..

Seru kok, apalagi ubay bermain bersama teman-temannya.
Yuk coba bunda bersama buah hati, jangan lupa setelahnya cuci tangan yang bersih yaaa

Selamat Mencoba

Friday, January 12, 2018

Membuat Gelembung Sabun untuk Bermain Anak : Mudah, Murah dan Banyak

10:49:00 AM 13 Comments

Meniup gelembung sabun memang menyenangkan sekali. Jangankan anak-anak seperti Ubay, saya saja yang sudah jadi emak masih suka memainkannya. Ya senang aja melihat gelembung sabun beterbangan jika ditiup.

Ubay termasuk heboh jika sudah melihat penjual mainan gelembung sabun. Bisa dikatakan harganya cukup mahal, saya pernah beli gelembung sabun dalam satu botol kecil beserta alat peniupnya itu seharga 25 ribu. Mainnya juga cuma bisa sebentar aja karena sedikit. Iya kalau cuma sendiri, nah seperti kemarin ada juga sepupu yang minta dibelikan ayahnya, kalo empat orang harus keluar kocek 100 ribu tuh kakak ipar saya hehe...

Karena gelembungnya sudah habis dengan cepat saya jadi kepikiran mau membuat gelembung sabun sendiri bersama Ubay. Kebetulan banget teman-temannya lagi rame berkumpul di rumah. Saya minta tolong sama anak tetangga untuk mencarikan 7 bunga kembang sepatu yang jadi bahan rahasia membuat gelembung sabun, bisa juga dicampur dengan daun nya kok.

Nah yang mau coba di rumah bisa banget ikuti cara membuat gelembung sabun untuk bermain anak di bawah ini:

Bahan

1. Setengah liter air
2. 100 ml sabun pencuci piring, kalau saya pakai sabun cuci yang cair karena lebih mudah larut
3. 7 buah bunga kembang sepatu

Cara Membuatnya gampang banget
1. Campurkan air dan sabun lalu aduk hingga rata (aduknya pelan-pelan aja jangan sampai keluar busanya)
2. Haluskan bunga kembang sepatu. Boleh pake cobek, atau digiling manual, kalau saya biar cepat langsung saya blender dengan sedikit air heheh...
3. Campurkan air bunga kembang sepatu ke dalam larutan sabun, aduk rata dan diamkan sebentar.

Horeee!!!
Gelembung sabun sudah bisa dimainkan. Btw sebenarnya semakin lama larutannya didiamkan akan semakin bagus hasilnya karena lendir dari bunga kembang sepatu sudah keluar. Nah lendir itulah yang biasanya membuat hasil gelembung jadi besar, bagus dan tahan lama alias nggak mudah pecah. Peniupnya bisa dibuat dari kawat jemuran, atau bekas kabel atau juga tali plastik yang dililitkan pada stik.


Modalnya??? Nggak sampai lima ribu kok. Bisa dimainkan 6 orang anak sampai puas bahkan masih banyak sisanya hahaa... Ubay aja mainkannya sampai capek dan nyerah karena udah ngantuk.

Oya FYI kalo yang mainnya anak kecil perlu diawasi juga ya, takut aja mereka malah nelan cairan sabun itu hehe.. Terus kalau kulitnya sensitif segera mandikan dan cuci bersih bagian tubuh yang kena cairan gelembung sabun. Soalnya nih Ubay kemarin habis main itu kulitnya merah-merah (maklum anak saya memag sensitif banget kulitnya )

Oke silahkan dicoba ya bunda !