Serunya Bermain Sambil Belajar Bersama Kodomo Challenge

Mempunyai dua anak lelaki yang aktif dan penuh rasa ingin tahu membuat saya sangat bersyukur. Ubay yang berumur 3 tahun suka sekali bertanya tentang banyak hal yang baru ditemuinya. Pertanyaan yang kadang mengejutkan, bukan hanya tetang nama sebuah benda, namun makin berkembang mengapa benda itu ada, untuk apa dan bagaimana cara menggunakannya. Semua pertanyaan itu saya usahakan untuk menjawab dengan benar dan memuaskan. Karena saya tahu anak-anak haus akan ilmu, jika tidak puas dengan satu jawaban dia akan mencari jawaban lainnya.

Begitu juga ghazy yang memasuki usia satu tahun. Ia mulai aktif mengitari seisi rumah, mencoba mengenal segala perabotan rumah. Memang sih cukup kualahan karena harus memindahkan benda-benda yang dianggap berbahaya. Tapi di sisi lain saya senang sekali melihat perkembangan dua anak lelaki yang kini membuat rumah semakin berwarna.

Setiap Ibu pasti ingin anak-anaknya tumbuh aktif, pintar, berakhlak baik dan ceria. Untuk itu program pendidikan yang dimulai dari rumah sangat penting. Ya, saya percaya bahwa awal pendidikan anak adalah di rumah bersama kedua orang tua mereka. Bukan hanya mendidik mereka agar menjadi anak yang pintar, tapi yang lebih penting adalah memupuk nilai lagi budi pekerti yang baik sejak dini. Anak-anak terutama dalam usia emas perlu diperkenalkan hal-hal baru agar dunia dan pengetahuan mereka berkembang. Dengan menyediakan beragam materi sesuai usia dan perkembangan diri anak akan sangat terbantu dalam membentuk kepercayaan diri  mereka menghadapi tantangan di masa depan.

Usia emas di lima tahun pertama tidak mau saya sia-siakan karena menurut penelitian 90% perkembangan otak berlangsung pada usia 5 tahun pertama dan 50% nya terjadi di usia 3 tahun pertama. Nah penting banget ya ternyata memberikan pengalaman bermakna dan kaya pengetahuan untuk Ubay dan Ghazy di usia emas mereka.

“Di periode ini sangatlah penting untuk menstimulasi rasa ingin tahu anak, memperkenalkan anak pada banyak hal, dan juga memberi asupan nutrisi yang baik dan lengkap. Namun perlu juga diingat bahwa walaupun belajar itu penting, tapi pengalaman yang menyenangkan menjadi prioritas terpenting bagi anak di masa ini. Untuk itu, sebisa  mungkin ajak anak bermain sambil belajar.” (Dr. Sofia Hartati, Magister Sains. Ketua Asosiasi Pendidikan Guru Paud)

Saya setuju sekali bahwa yang penting dari sebuah pembelajaran adalah pengalaman belajar yang menyenangkan sehingga anak-anak menyukai aktifitas belajar. Sudah cukup rasanya pembelajaran yang membosankan, menekan dan membuat anak-anak membenci kata-kata “belajar”. Saya pernah merasakan saat kecil tidak suka belajar dan berharap anak-anak saya nanti mau belajar tanpa terpaksa dan menganggap bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan.

Belajar yang menyenangkan adalah bermain sambil belajar. Sudah banyak metode pembelajaran menyenangkan yang pernah saya pelajari selama menjadi guru PAUD beberapa tahun yang lalu. Kini saya tidak lagi mengajar namun tetap semangat menerapkan metode belajar sambil bermain dengan Ubay dan Ghazy. Pembelajaran yang menyenangkan bagi keduanya adalah dengan menggunakan media pembelajaran kreatif seperti buku bergambar, menonton video, mendengarkan lagu hingga melakukan praktik belajar real.

Untuk mendukung pembelajaran di rumah yang menyenangkan saya memutuskan untuk menggunakan Kodomo Challenge sebagai patner belajar anak-anak. Karena baru berlangganan untuk bulan Juli. Paket bulanan Ubay baru akan tiba di bulan Juli, tapi Alhamdulillah Ubay sudah banyak menerima free trial kit dari Shimajiro untuk dicoba di rumah sebelum Kodomo Challenge bulan Julinya tiba. Nah sebelum saya cerita keseruan Ubay dan Ghazy bermain dengan Kodomo Challenge kita kenalan dulu yuk sama Kodomo Challenge dan Shimajiro yang lucu ini!

Apa sih kodomo challenge?


Kodomo Challenge adalah program edukasi anak prasekolah nomor 1 di Jepang. Kodomo Challenge pertama kali didirikan pada tahun 1988 di Jepang sebagai paket bulanan yang dikirimkan ke rumah. Selama 30 tahun, Kodomo Challenge terus melakukan inovasi. Tujuannya untuk menyediakan materi pembelajaran berkualitas, yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak.



Setelah diepercayai oleh lebih dari 2 juta keluarga, Kodomo Challenge akhirnya hadir untuk masyarakat Indonesia di tahun 2018bdengan menyediakan serangkaian produk kurikulum untuk menunjang perkembangan anak Indonesia. Saat ini kodomo challenge tersedia untuk Toodler dan Playgroup. Kodomo Challenge ini punya ikon yang lucu dan menggemaskan, yaitu SHIMAJIRO. Ubay dan Ghazy sudah hafal banget sama Shimajiro ini. Pokoknya shimajiro membuat belajar jadi menyenangkan loh.

Nggak akan Menyesal Memilih Kodomo Challange

Awalnya saya agak ragu saat diperkenalkan dengan Kodomo Challenge dengan harga berlangganan yang lumayan. Tapi setelah mencoba langsung trial Kit dan mendapatkan manfaat dari pembelajaran bersama Shimajiro, ternyata harganya cocok untuk keunggulan yang ditawarkan.


1. Multi Platform Learning Method
Metode pendekaan multi platform yang membuat anak lebih mengerti dimulai dari media favoritnya, baik itu DVD, buku maupun mainan.

2. Age Appropriate Curriculum
Mainan dan pembelajaran untuk anak sangat pas untuk usianya. Jadi Kodomo Challenge ini dilengkapi  dengan kurikulum dan bahan ajar yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak baik fisik maupun pikiran.

3. Learning Buddy
Shimajiro adalah karakter edukatif yang bertujuan untuk menjadi teman dan kompetitior anak dalam belajar. Misalnya nih saat Ubay tidak suka makan sayur, maka SHimajiro akan menjadi contoh dan pengertian untuk memakan sayur supaya sehat. Dengan begitu rasa ingin tahu dan mencoba anak semakin meningkat.

Pengalaman Seru Belajar dan Bermain Bersama Shimajiro


Belajar Kebiasaan Baik dengan Boneka dan Lagu


Saat Ubay dan Ghazy mendapatkan trial kit dan beberapa hadiah dari Shimajiro, mereka sangat senang. Kiriman pertama dari Shimajiro adalah boneka hallo shimajiro yang bisa dimasukan ke tangan dengan beberapa pernak pernik seperti tempat tidur, sikat gigi, tempat makanan juga beberapa makanan yang bisa dimainkan anak-anak seperti bermain peran. Ubay pun bisa sambil belajar mengenai kebiasaan hidup yang baik dan kosa kata. Dengan media permainan boneka, saya mengajarkan ubay agar sikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Senang sekali Ubay jadi bersemangat untuk menggosok giginya agar bersih dan bebas kuman. Nah permainan menggosok gigi juga semakin menyenangkan dengan menyanyikan lagu gosok gigi seperti yang ada di buku  kodomo challenge toodler edisi perkenalan.



Ayo kita meggosok gigi
Gosok… gosok… gosok.. gosok…
Buka mulutnya… aaa…
Gosok.. gosok… berkilauu…

Dalam buku shimajiro diajarkan juga untuk mencuci makan sebelum makan menggunakan sabun dan menyekanya dengan handuk. Ubay pun semangat untuk mempraktikkannya loh!

Mengetahui Banyak Hal

Salah satu buku yang dikirimkan shimajiro mengenalkan tentang kelinci yang lucu. Nah disini Ubay jadi mengetahui banyak hal tentang kelinci dan makanan kesukaannya yaitu wortel. Ubay juga jadi tahu bahwa kelinci pintar melompat dan merupakan binatang yang pemalu. Buku shimajiro ini sangat menarik dan ubay betah berlama-lama loh. bisa ciluk ba gitu kelincinya yang sedang bersembunyi.

Belajar Kosakata Makanan Sehat


Ubay semakin banyak kosakatanya sejak senang bermain bersama shimajiro. Nah dalam video di DVD Teater Shimajiro ada lagu tentang buah dan sayur loh. Disana ada kelinci, monyet,rubah dan beruang yang menunggu makanan yang dibawa oleh masinis tikus menggunakan kereta api. Ada apel, pisang, tomat dan brokoli. Ubay sudah hafal sekali dengan lagu itu dan bisa menyebutkannya dengan benar. Saat bernyanyi buah dan sayur saya jadi bisa menyelipkan nasihat untuk Ubay agar mau mengkonsumsi buah dan sayur agar kuat dan pintar seperti Shimajiro.

Shimajiro Mengajak untuk Menjadi Anak Baik

Saya sangat terkesan dengan kurikulum dalam kodomo challenge yang mengajak anak-anak untuk menjadi pribadi yang baik dan suka berbagi. Dalam buku shimajiro, ada monyet yang memakan buah pisang yang bisa dikupas, di halaman selanjutnya si monyet berbagi pisang dengan temannya. Hal sederhana tapi sangat berkesan bagi Ubay dan Ghazy. Penanaman nilai untuk saling berbagi jika ada makanan hingga kini terus dan dipraktikkan ubay kepada teman juga saudaranya.

Kemampuan sosial seperti ini menjadi sangat penting untuk diajarkan kepada anak sejak usia dini karena akan menjadi bekal mereka di masa yang akan datang. Nah kemampuan ini akan diajarkan melalui mainan edukasi, dvd juga buku bergambar seperti lime up yang bisa dipelajari oleh orang tua dalam mengarahkan anak anak.


Berolahraga dan Bergembira bersama Shimajiro

Bukan hanya mengajarkan anak untuk menjadi pintar dan baik, shimajiro juga mengajak anak agar aktif dan sehat. Beragam lagu dan tarian secara spontan mengajak Ubay dan Ghazy bergerak dan menari bersama. Gerakannya pun meningkatkan kemampuan motoriknya. Ghazy yang biasanya sering tidur-tiduran langsung spontan memanjat meja televise saat melihat shimajiro dan kawan-kawan menyanyi dan menari. Ubay juga suka sekali saat diajak bernyayi bersama teman-temannya seperti video di bawah ini


Wah seru sekali nih bermain bersama shimajiro dengan Kodomo Challenge. Anak-anak mendapatkan manfaat banyak sekaligus. Kosakata, kemam

puan sosial, kebiasaan hidup, kemampuan koginitif hingga seni semuanya adal dalam paket berlangganan shimajiro. Tidak hanya itu Shimajiro juga sering mengadakan tantangan di instagram yang suka diikuti Ubay dan Ghazy. Tantangan itu mendapatkan hadiah seperti bantal shimajiro yang empuk dan lucu ini loh. Ubay jadi semakin semangat dalam bermain sambil belajar.



Akhirnya Kodomo Challenge edisi Juli Tiba 


Bukan main senangnya Ubay dan Ghazy saat paket Kodomo Challange edisi juli tiba. Ubay sudah lama menginginkan bus tintin loh karena dia sering liat video Shimajiro.  Nah di paket juli ini ada Bus tintin beserta tiga hewan lucu.  Karena lagi promo launch set, saya dapat bonus tas dan boneka shimajiro juga.  Daripada penasaran yuk kita liat apa saja kiriman shimajiro di bulan juli ini...

Tas dan Boneka Shimajiro 


Tas berwarna merah ini imut dan lucu, pas banget dipakai untuk anak2 yang baru belajar menggunakan tas belakang. Nah uniknya boneka tangan shimajiro  bisa diletakkan dibelakang nya jadi seperti menggendong shimajiro.  Boneka tangan shimajiro ini bisa jadi media pembelanjaran untuk mengajak anak main.  Asyik banget saat melihat ghazy tertawa saat saya menirukan suara shimajiro.  Abang ubay juga bisa bermain peran menggunakan boneka shimajiro.

Buku Salam Kenal Shimajiro 


Buku shimajiro nya tebal dan colorful.  Dilengkapi dengan gambar yang menarik dan beberapa bagian bisa dibuka tutup.  Seru banget karena isi bukunya berhubungan dengan konten video juga mainan yang dikirimkan. Anak anak diajak untuk mengenal jenis jenia hewan juga ciri cirinya. Ada juga selipan pembelanjaran kebiasaan hidup yang sangat baik untuk membentuk karakter anak.

DVD Shimajiro 


Selain buku, video pun sangat menarik.  Khusus untuk ghazy yang baru berumur 1 tahun, video lebih menarik minatnya karena ada lagu dan tarian lucu yang membuat ghazy ikut bergoyang.  Ada banyak lagu disana.  Yang paling ghazy suka ada lagu bus tintin yang membawa para binatang.

Bus tintin


Akulah tintin
Tintin bus tintin
Tintin!  Tintin!
Ayo lekas naik
Berangkatlah! Tintin!


Puas banget sama mainan yang dikirimkan kodomo challange.  Bus tintin ini berwarna kuning dan lucu.  Kualitas nya juga bagus banget dan aman dimainkan anak 1 tahun ke atas.  Ada tombol on off untuk agar bus nya bisa berbunyi. Ada komponen binatang yaitu singa, gajah dan kelinci.  Setiap binatang punya dudukan.  Anak anak diajak untuk memasang hewan sesuai dudukannya.  Suara akan muncul saat komponen binatang dinaikkan atau di turunkan dari dudukan pada bus tintin. Seru sekali, saya aja senang memainkannya, apalagi ubay dan ghazy


  • Terimakasih ya Kodomo Challenge dan Shimajiro sudah menemani Belajar sambil bermain Ubay dan Ghazy menjadi lebih seru dan menyenangkan. 



Bunda sudah coba Kodomo Challenge belum?
Yuk jangan sampai ketinggalan




10 comments

  1. senengnya lihat dek Ubay belajar, penuh semangat, sambil senyum-senyum Ubaynya

    ReplyDelete
  2. kalau di rumah ada paket kodomo ini baru lengkap namanya

    ReplyDelete
  3. Wah Ubay tambah semangat sekali belajarnya yah...

    ReplyDelete
  4. Bagus banget media nya mbk. Sangat menarik. Banyak manfaatnya.

    ReplyDelete
  5. Makasih banyak ya yak, jadi ortu mesti update informasi ya

    ReplyDelete
  6. Bljar sambil bermain ya dek. Asik dan nggak membosankan..

    ReplyDelete
  7. Paket kodomo cocok banget ya mbak buat anak2, selain bermain juga bisa menambah kecerdasan juga. Anak senang, ibu pun ikut senang. Makin pintar dan soleh ya dek Ubay

    ReplyDelete
  8. Seru yaaa belajar sambil bermain dengan shimajiro

    ReplyDelete
  9. Aku juga punya free trial kitnya. Kebetulan dapet untuk usia 1 tahun. Mainan yang cocok buat usia pra sekolah yanh menyenangkan.

    ReplyDelete
  10. Wah, kodomo challengenya seru mba. Mainnya banyak & edukatif. Apalagi bukunya kok menarik sekali. Onty Intan pengen baca bukunya juga dong Ubay & Gahzy :)))

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)