Follow Us @soratemplates

Wednesday, July 11, 2018

Bantuan Kecil Ayah untuk Ibu Pasca Melahirkan


Melahirkan adalah perjuangan luar biasa seorang ibu. Menahan sakit sejak hamil hingga proses kelahiran yang tidak mudah. Dua kali melahirkan dan merasakan sakitnya pembukaan satu hingga lengkap itu susah mau diceritakan sakitnya seperti apa. Belum lagi jika ibu terpaksa di operasi, duh pasca operasi nggak bisa ngapa-ngapain. Badan ngilu semua bahkan luka operasinya bisa sakit  hingga bertahun-tahun. Kadang ya ada trauma, tapi pas lihat anak lahir sakitnya terobati dan berganti perasaan bersyukur karena dianugerahi buah hati.

Pasca melahirkan kondisi mental ibu seringkali down. Banyak pula yang terserang baby blues yang diakibatkan proses kelahiran yang sulit. Saya pun pernah merasakannya, ingin bercerita tapi takut. Wanita memang perasa dan berharap orang terdekat yaitu suami peduli tanpa harus diminta bantuan. Apalagi bagi ibu muda yang baru pertama melahirkan, akan banyak kondisi baru yang bisa membuatnya tertekan. Teriakan anak bayi, waktu tidur yang sedikit, rumah berantakan hingga bentuk tubuh yang tidak seperti dulu lagi.

Peran ayah sangat ibu nantikan loh. Setidaknya berikan bantuan-bantuan kecil agar ia merasa punya patner saat menghadapi masa-masa sulit. Dukungan membuat ibu merasa dicintai dan lebih bersemangat untuk membersamai si kecil.

Jika ayah bingung apa saja yang bisa dilakukan, berikut ini ada beberapa ide hal-hal sederhana yang bisa dilakukan ayah untuk istri tercinta.


Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Jika biasanya urusan memasak dan mencuci dikerjakan ibu. Pasca melahirkan tubuhnya masih lemah dan butuh pemulihan. Nah, ayah bisa mengambil alih pekerjaan rumah tersebut agar ibu bisa memulihkan kesehatannya kembali. Jika dirasa memasak dan mencuci berat karena harus ke kantor, ayah bisa meminta tolong keluarga atau menyerahkan urusan mencuci ke laundry dan membeli masakan jadi di warung makan. Sederhana, tapi sangat berarti bagi ibu pasca melahirkan.

Membawanya ke Tukang Pijat

Melahirkan bikin otot-otot kaku dan badan sakit semua. Nah untuk membuat ibu nyaman dan relax, ayah bisa mengajaknya ke tukang pijat atau salon untuk di lulur. Atau bisa juga memanggil tukang pijat langganan ke rumah jadi tidak perlu khawatir meninggalkan si kecil.

Dengarkan Keluh Kesahnya

Sebagian ibu sering mengeluh sakit saat melahirkan dan setelahnya. Kadang cerita ini dianggap lebay dan terus diulang-ulang. Padahal ibu hanya cukup didengarkan dan diberi sedikit semangat juga pujian bahwa ia telah berjuang demi anak ayah. Peluk dan ucapkan terimakasih padanya. Yakinlah dia akan merasa sangat bahagia.

Temani Momen Menyusui Pertamanya

Menyusui pertama kali memang banyak dramanya. ASI nggak keluar, bayi terus menangis, keringatan, lapar dan haus adalah diantaranya. Ibu sangat senang jika ayah mendampinginya saat menyusui apalagi ikut bergadang di malam hari menemani si kecil. Bawakan ia minum dan berikan pijatan lembut di bahu dan pinggangnya yang sering pegal karena menyusui si kecil.

Ajak Ibu Jalan-Jalan Menemui Keluarga dan Temannya

Berada terus di rumah kadang membuat ibu bosan dan jenuh. Sesekali ajaklah ibu mengunjungi keluarganya atau teman-temannya agar perasaannya merasa bahagia.

Banyak lagi yang bisa dilakukan ayah untuk ibu pasca melahirkan. Setiap bantuan kecil sangat berharga, jadi jangan beratkan tangan ayah untuk memberi perhatian kepada ibu ya. Harga diri ayah tak akan jatuh, malah akan semakin dicintai oleh keluarga.


No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)