Follow Us @soratemplates

Wednesday, July 18, 2018

Daftar Menu MPASI untuk Bayi 6 Bulan

Setelah mendapatkan ASI Eksklusif selama 6 bulan , bayi perlu mendapatkan makanan tambahan. Makanan pendamping ASI disebut MPASI dan mulai diberikan padi bayi berumur 6 bulan karena proses pencernaannya yang mulai sempurna.

MPASI sangat penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi bayi. Namun perlu bunda perhatikan bahwa memberi makanan di awal momen makan pertama harus dimulai dengan tekstur yang lembut dan sedikit cair agar pencernaanya tidak terkejut. Sebaiknya bunda juga membuatkan makanan buatan sendiri untuk menjaga nutrisi dan kualitas bahan yang digunakan.


Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang bisa bunda jadikan menu MPASI untuk bayi yang berusia 6 bulan

MPASI Wortel
Wortel mempunyai rasa yang manis dan cocok dijadikan makanan pendamping ASI. Bunda bisa memberikan wortel dengan cara di jus ataupun membuatkan nya menjadi puree dengan cara di rebus ataupun di kukus terlebih dahulu. Wortel sangat baik karena mengandung Vitamin A dan mineral

MPASI Pepaya
Pepaya pun menjadi pilihan MPASi yang cocok diberikan kepada bayi 6 bulan. Buah pepaya mengandung enzim papain untuk membantu melancarkan pencernaan. Pepaya pun punya nutrisi seperti zat besi dan asam folat untuk proses perkembangan otak. Ada pula kandungan kalsium dan zink yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Bunda bisa mengerok pepaya dan menekannya dengan sendok dengan halus. Tidak perlu mencampur dengan air lagi karena pepaya sudah mengandung cukup banyak air.

MPASI Alpukat
Alpukat merupakan bahan MPASI yang sehat karena mengandung Vitamin A&C, kalsium dan magnesium. Nutrisi alpukat dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan motorik bayi. Alpukat bisa dihaluskan dengan memberi sedikit air jika terlalu kental.


Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)