Membuat Masakan Lebih Nikmat dengan Kaldu Sapi Alami

kaldu sapi
image : okezone

Kaldu sapi merupakan bumbu penting untuk membuat masakan menjadi lebih lezat dan nikmat. Apalagi untuk jenis makanan berkuah yang biasanya punya rasa gurih, kaldu sapi akan membuat sop atau soto menjadi semakin enak disantap.

Penggunaan kaldu sapi juga saya gunakan untuk memasak menu makanan si kecil. Sejak bayi Ghazy memang suka makan masakan rumah. Bahkan di usianya yang beranjak satu tahun, ia tidak lagi suka makan bubur melainkan makan nasi dengan kuah. Nah disinilah peranan kaldu sapi untuk membuat menu MPASI nya menjadi nikmat. Ghazy jadi semakin lahap menyantapnya.

Sebenarnya, bunda bisa memasak sendiri kaldu sapi homemade untuk si kecil. Hal ini lebih aman dibandingkan harus menggunakan kaldu sapi instan yang seringkali menggunakan bahan pengawet.

Cara membuat kaldu sapi di rumah cukup mudah yaitu dengan merebus tulang sapi atau iga sapi ke dalam panci berisi air mendidih.  Lalu tambahkan sayur-sayuran, seperti bawang daun, wortel, sledri, atau jenis lainnya sesuai selera. Diamkan selama beberapa jam, sisihkan lemak yang mengapung di permukaan kaldu setiap 20 menit sekali agar tidak luber dan kaldu bening.  Angkat dan saring kaldu setelah airnya sedikit menyusut, Dinginkan kaldu dan siap digunakan untuk menu masakan si kecil. Jika ingin disimpan lama untuk stok, masukkan ke dalam kantong plastik dan bekukan. Nah bisa juga bunda memasukkan kaldu kedalam cetakan batu es yang kecil-kecil. Jadi saat ingin digunakan untuk membuat MPASI tinggal mengambil satu blok kaldu sapi dan masukkan ke menu masakan. Dijamin enak dan jadi tampak lahap.

Membuat kaldu sapi sendiri punya kelemahan di proses pengerjaanya. Kita membutuhkan waktu berjam-jam untuk mendapatkan hasil kaldu yang nikmat. Jika bunda tidak memiliki banyak waktu untuk membuat kaldu homemade, maka belilah kaldu sapi alami yang tidak menggunakan bahan pengawet. Salah satu rekomendasi saya adalah Kaldu Pelezat Alami Lemonilo yang bebas dari bahan pengawet, perasa, dan pewarna buatan. Kaldu ini bisa digunakan pada setiap masakan dan memiliki kelezatan alami yang sesungguhnya untuk seluruh anggota. Kaldu Sapi Lemonilo dibuat dari bahan alami seperti garam, gula, ekstrak sapi, bawang, lada, maizena, dan kunyit. Cara menggunakannya cukup dengan menambahkan kurang lebih satu sendok teh untuk setiap masakan.

Nah dengan menggunakan kaldu sapi kita bisa membuat sup daging yang nikmat untuk seluruh anggota keluarga tak terkecuali si kecil. Yuk simak resep sup daging sapi satu ini:

resep sop daging sapi
image : vemale

Bahan-bahan:
¼ daging sapi
Wortel, Kentang dan sayuran lain sesuai selera

Bumbu kasar:
2 buah kapulaga
2 buah cengkeh
1 buah bunga pekak
1 batang seledri
2 lembar daun jeruk, buang punggung daunnya
¼ batang kayu manis (sekitar 1 cm)
pala bubuk secukupnya

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
sdt merica bubuk
¼ buah bawang bombay, cincang
1 sdt garam dan gula secukupnya
air secukupnya
kaldu daging

Cara membuat:
1. Rebus air hingga mendidih lalu masukkan daging dan masak hingga mendidih, jangan lupa buang busanya dan saring airnya.
2. Rebus lagi kuah bersama daging,
3. Tambahkan potongan sayuran dan masak hingga empuk
4. Masukkan bumbu kasar, masak hingga mendidih.
5. Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya. Setelah matang, tuang bumbu ke dalam kuah rebusan daging.
6. Masak terus hingga daging empuk, tambahkan gula dan garam  dan kaldu sapi secukupnya dan angkat jika sudah sedap.

Nah sekarang sup daging yang nikmat dengan kaldu sapi siap disajikan untuk keluarga tercinta.

5 comments

  1. Lemak makan sopnya langsung ah. Mana nahan ga ngirup kuah kaldu. Hahaha

    ReplyDelete
  2. Wah.. Bleh ga ni mbx d cba. Tapi mmg btuh waktu agak lama ya mbakk..

    ReplyDelete
  3. Saya blm pernah bikin kaldu mbak. Baru tahu nih cara membuatnya dan ternyata mudah ya.
    Saya biasanya pakai kaldu bubuk yg dibeli di warung

    ReplyDelete
  4. Belum pernah bikin kaldu sapi mbaa. Tapi suka bgt makan sup sapi. Endeussss

    ReplyDelete
  5. Waahh!! Boleh dicoba resepnya nih mama ummi...😄😄😄

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)