Follow Us @soratemplates

Wednesday, July 18, 2018

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas


Saya pernah panik saat tiba-tiba ada darah di bibir. Darahnya nggak banyak sih cuma warna nya segar dan bibir saya juga terasa perih. Suami langsung ambil tisu dan sedikit ngomel. Katanya sih saya kebiasaan menggigit dan mengelupas kulit bibir yang kering hingga berdarah. Kejadian seperti bukan hanya sekali terjadi, setiap kondisi tubuh tidak fit dan cuaca panas bibir saya suka kering dan pecah-pecah. Agar tidak terulang lagi saya coba cari informasi mengenai cara mengatasi bibir kering dan mengelupas. Syukurlah banyak dapat masukan dari ibu juga teman-teman.


Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas


Bibir kering dan mengelupas memang harus segera diobati agar tidak menimbulkan infeksi jika terjadi luka. Bisa bahaya nih jika sudah terlalu parah, nanti akan susah sembuhnya. Ternyata untuk mengatasinya tidak sulit, saya harus memperbaiki pola hidup agar lebih sehat dan menghindari kebiasaan buruk menggigit dan mengelupas kulit bibir yang kering.

Sebelum saya kasih info mengenai cara mengatasi bibir kering dan mengelupas, kita perlu menghindari kebiasaan buruk yang bisa membuat bibir rusak berikut ini :

Menjilat dan Menggigit bibir

Biasanya kita seringkali menjilat dan menggigit bibir saat merasa bibir kita mulai kering. Harapannya sih agar bibir menjadi lembab dan bibir kering hilang. Tapi kebiasaan ini ternyata tak baik bagi kesehatan bibir loh karena air liur yang terus digosokkan ke bibir justru membuat bibir semakin kering dan akan menghilangkan kelembapan alami bibir.

Pilihan Lipstik yang Tidak Tepat

Sebagian perempuan menginginkan lipstick yang tahan lama. Padahal lipstick yang menjanjikan warna tahan lama seringkali membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Kurangi juga penggunaan lipstick matte (warna tidak mengkilap) jika kita sering mengalami bibir kering dan mengelupas.

Mengelupas kulit bibir

Nah ini yang seringkali saya lakukan. Melihat bibir mengelupas, saya suka gemas dan tergoda untuk mengelupasnya. Padahal kulit bibir mempunyai kemampuan beregenarasi dan mengelupas pada saatnya. Jadi teman-teman yuk hindari mengelupas kulit bibir yang belum benar-benar mati karena akan membuat bibir menjadi luka dan terasa perih. Biarkan kulit bibir  mengganti sel kulit mati dengan sendirinya.

Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

Setelah merubah kebiasaan buruk yang bisa merusak bibir kita perlu cara untuk mengatasi juga mengobati bibir kering dan mengelupas.

1. Rajin minum air putih

Daripada menjilat bibir sehingga ludah membuat bibir menjadi kering. Lebih baik ganti kebiasaan buruk itu dengan minum air putih secara rutin saat bibir mulai terasa kering. Kandungan baik pada air akan membuat bibir terus lembab dan segar.

2. Mengoleskan madu pada bibir

Saran ini saya dapatkan dari ibu. Katanya madu bisa membuat bibir menjadi lembab dan halus. Nah, oleskan madu setiap hari. Kalau saya biasanya sering sebelum tidur, pagi harinya bibir terasa lebih lembab dan tidak kering.

3. Olesan Tomat atau Timun Segar untuk Bibir Merah Alami


Siapa nih yang suka membuat sambal menggunakan tomat. Nah sambil memasak, teman-teman bisa mengambil seiiris tomat dan oleskan secara merata ke bibir. Selain membuat bibir kembali sehat, bibir akan tampak lebih menarik dengan warna merah alami tomat. FYI, tomat itu kaya akan Vitamin A, Vitamin C dan likopen yang sangat baik untuk kesehatan bibir.
Selain tomat, buah timun juga bagus loh karena mengandung air dan vitamin C. cukup oleskan potongan timun pada seluruh bibir sambil di tekan perlahan. Mudah-mudahan bibir akan segera bebas dari kondisi kering dan mengelupas

4. Gunakan Vaseline Petroleum Jelly Original

Jika teman-teman punya kesibukan dan tidak mau repot bisa juga oleskan Vaseline Petroleum Jelly Original secara tertur untuk membuat bibir tetap lembab.
Jika tips di atas sudah dilakukan, masalah bibir kering dan mengelupas akan segera di atasi. Kita akan semakin nyaman dan percaya diri saat beraktifitas.
Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)