Follow Us @soratemplates

Thursday, July 19, 2018

Keunggulan Mesin Cuci Frontloading dan Cara Merawatnya

Mesin cuci adalah barang yang sangat penting bagi seorang Ibu. Rutinitas pekerjaan rumah tangga dan kantor kadang membuat waktu senggang yang tersisa sangat minim. Disinilah peran mesin cuci yang membuat waktu mencuci jadi lebih singkat dan praktis. Ibu bisa memilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Ada banyak jenis mesin cuci, tapi secara umum yang dikenal masyarakat adalah mesin cuci top loading dan mesin cuci frontloading.

Mesin cuci front loading atau mesin cuci bukaan depan sudah sangat umum digunakan masyarakat di Amerika Serikat dan Eropa. Indonesia sendiri baru beberapa tahun belakangan baru diminati oleh masyarakat. Saya pun awal membeli mesin cuci tertarik memilih mesin cuci top loading karena merk yang tersedia di pasar beragam, pun harganya jauh lebih murah dibandingkan mesin cuci frontload. Namun, kini saya jadi tertarik untuk memiliki mesin cuci front loading karena banyak keunggulan yang dimilikinya.

Keunggulan Mesin Cuci Frontloading

mesin cuci frontloading

Pengoprasian Otomatis

Saat berkunjung ke rumah tante saya melihat keluarganya menggunakan mesin cuci frontload. Karena tidak tahu, saya bertanya kenapa pakaiannya dibiarkan saja dan tidak dibilas setelah dicuci. Setelah dijelaskan barulah saya tahu bahwa mesin cuci frontload dioperasikan secara otomatis. Tidak perlu susah-susah membilas dan mengganti airnya. Jadi sih tante saya menyerahkan sepenuhnya ke mesin cuci hingga tuntas dan pakaian siap dijemur. Kita cukup memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci, lalu bisa ditinggal sarapan atau melakukan pekerjaan lainnya. Saat siklus pencucian selesai, pakaian bisa langsung dijemur.

Dilengkapi Program Pencucian yang Tepat

Mesin cuci front loading juga dilengkapi dengan program khusus untuk mencuci berbagai jenis pakaian. Jadi ibu tidak perlu bingung mencuci jenis pakaian tertentu, karena ada program yang disesuaikan dengan kondisi baju seperti suhu air yang digunakan, lama perendaman, kekuatan putaran dan lain sebagainya. Program ini membuat baju lebih awet karena cara pencucian yang tepat.

Menghemat Air

Nah selain keunggulan di atas, mesin front loading juga membuat penggunaan air menjadi lebih hemat. Karena mesin cuci ini dirancang untuk mengoptimalkan volume air yang digunakan saat pencucian.

Cara Merawat Mesin Cuci Frontloading

merawat mesin cuci frontloading

Keunggulan mesin cuci frontloading sangat pas untuk Ibu yang sibuk dan ingin mencuci dengan praktis. Namun yang perlu diingat adalah rawatlah mesin cuci dengan baik mengingat harganya yang cukup mahal. Sayang kan jika harus keluar kocek untuk memperbaiki karena kelalaian kita. Merawat mesin cuci pun cukup gampang kok. Berikut tips yang bisa kita lakukan

1. Pilihlah  Deterjen yang sesuai dengan mesin cuci kita untuk menjaga keawetan mesin cuci dan mengoptimalkan tingkat kebersihan cucian. Untuk mesin cuci front loading gunakan rinso matic front load. Rinso sudah dikenal masyarakat sebagai deterjen yang bagus untuk pakaian. Jangan ambil resiko dengan menggunakan sembarang deterjen karena residu dari deterjen atau pelembut kualitas rendah bisa menjadi sumber jamur dan bau tak sedap pada mesin cuci

2. Rutinlah membersihkan laci atau tempat memasukkan deterjen pada mesin cuci. Bila perlu gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sisa-sia detergen karena tempat ini berpotensi sebagai tempat tumbuhnya bakteri dan jamur jadi harus sering dibersihkan

3. Bersihkan juga filter atau saringan kotoran karena bisa menjadi sarang bakteri yang akan mengotori pakaian yang kita cuci. Kosongkan secara berkala dan buang kotoran yang terkumpul di dalamnya.

4. Bersihkan tabung mesin cuci setiap selesai mencuci. Bakteri bisa saja menumpuk di celah-celah kecil pada tabung. Bersihkan dengan mengisi air tanpa pakaian dan putarlah mesin cuci beberapa saat. Bisa juga gunakan air panas membantu membersihkan tabung mesin cuci.

5. Untuk mencegah bau tak sedap pada mesin cuci, biarkan pintu mesin cuci sedikit terbuka untuk membiarkan udara bersirkulasi di dalam tabung. Cara ini juga membantu mencegah pertumbuhan bakteri.

Mesin cuci frontloading yang dirawat dengan baik akan membuatnya awet lebih lama dan menghemat pengeluaran Ibu. Selamat mencuci

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)