Follow Us @soratemplates

Wednesday, July 18, 2018

Pencegahan dan Pertolongan Kepala Terbentur Pada Anak

Anak berusia 1-2 tahun yang sudah mulai dapat berjalan sendiri mulai aktif bergerak, rentang gerak nya pun lebih luas dibandingkan bayi sehingga semakin banyak kecelakaan yang dapat terjadi. Nah untuk mencegah kecelakaan dalam kesehariannya, bunda sebaiknya menyiapkan pencegahan dan pertolongan pertama jika kecelakaan terjadi. Salah satu kasus kecelakaan yang sering terjadi pada anak adalah kepala terbentur.


Pencegahan Kepala Terbentur

1. Bentangkan tikar antiselip di kamar mandi yang mudah licin oleh air maupun sabun
2. Kecelakaan seperti ini pun mungkin terjadi jika :

  • Kepala terbentur meja saat ingin mengambil sesuatu
  • terpeleset di lantai
  • terbentur pintu
  • tersandung karpet di pintu rumah
  • tersandung batu

Pertolongan Pertama Kepala Terbentur

Bila terjadi benjol, dinginkan dengan handuk yang telah dibasahi air. Bila berdarah, tutup dan tekan luka dengan handuk kering. Bila handuk tersebut berubah kemerahan atau darah masih belum  berhenti setelah 20 menit, segera dapatkan pemeriksaan dokter. Bila anak masih tetap sehat mesikup ia terbentur, perhatikan kondusinya selama 2 hari

Panggil Ambulans Bila Terjadi Hal ini 

Segera panggil ambulans bila anak tidak menangis namun menjadi lemas, hilang kesadaran, kejang-kejang berulang kali, muntah. Jangan mengguncang-guncangkan badannya atau memanggilnya dengan suara keras. Baringkan anak ke arah samping lalu tunggu sampai ambulans datang. 

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)