Follow Us @soratemplates

Monday, September 24, 2018

Jangan Dibuang, Ini Loh Manfaat Ampas Teh


Saya dan keluarga suka sekali minum teh. Apalagi jika cuaca sedang dingin, minum teh membuat tenggorokan lega dan memberikan efek relaksasi. Bawaannya jadi tenang dan nyaman. Ternyata manfaat teh bukan hanya sebatas untuk dikonsumsi saja. Setelah menyeduh teh, ampasnya jangan langsung di buang karena punya manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, kecantikan dan banyak lainnya. Memang sih banyak yang menganggap ampas teh sebagai sampah, tapi info berikut bisa teman-teman pelajari agar semakin yakin akan manfaat ampas teh yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Pengganti Lulur dan Masker

Saya dulu sempat heran kenapa ibu suka mendiamkan ampas teh semalaman. Ternyata ampas teh punya khasiat untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Ampas teh bisa dijadikan lulur dengan mendiamkannya semalaman.

Esoknya gosok perlahan dan balurkan ampas teh ke badan dan diamkan hingga meresap. Lakukan pijatan lembut lalu bilas hingga bersih. Kulit akan menjadi lebih bersih dan halus karena ampas teh bisa membuang kotoran dan sel-sel mati. Saya dan ibu seringkali mencobanya dan memang tubuh terasa lebih halus loh. Jadi lebih hemat kan karena tidak perlu membeli lulur lagi.

Oya selain itu, ampas teh bisa juga dijadikan sebagai masker wajah untuk mengatasi jerawat yang membandel. Cukup menggosokkan ampas teh yang telah dicampurkan sedikit air atau madu dan tepung beras dengan lembut ke area wajah lalu bilas hingga bersih. Tekstur ampas teh yang berbentuk seperti scrub akan mengangkat kotoran di wajah dan membuat kulit wajah jadi lebih bersih dan berseri.


Mengatasi Mata Lelah dan Mata Panda

Nah, jika kalian seringkali mengalami mata lelah dan mata panda karena terlalu banyak bekerja. Ampas teh bisa menjadi penyegar untuk mata. Caranya cukup mudah, dinginkan ampas teh terlebih dahulu lalu tempelkan ke bagian mata selama 15 menit. Jika dirasa takut masuk ke mata, alas dulu ampas teh nya dengan kain tipis. Mata akan terasa lebih ringan dan segar. Untuk mengurangi kantung mata lakukan ini dua kali sehari agar lebih cepat proses menghilangkan kantung matanya.

Mengobati Bisul

Saat anak saya mengalami bisul, ada yang menyarankan untuk menggunakan ampas teh. Ternyata memang benar, ampas teh bisa bermanfaat untuk meredakan bengkak bisul. Caranya kompres bisul dengan ampas teh. Tunggu sekitar 15 menit sampai ampas mongering dan lakukan secara rutin agar bisul capat menghilang.

Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kulkas dan Perangkat Masak

Siapa nih yang suka terganggu dengan bau kulkas tak sedap. Nah, gunakan saja ampas teh untuk menghilangkannya. Caranya sangat mudah, letakkan saja beberapa ampas kantung teh celup di dalam kulkas dan biarkan saja sampai bau pada kulkas menghilang dengan sendirinya.
Untuk menghilangkan bau amis  pada perangkat masak caranya adalah dengan mencuci bersih  wajan yang amis lalu merebus ampas daunt eh di dalamnya. Diamkan selama 20 menit lalu bau amis akan terserap dengan ampas teh.

Menyuburkan Tanaman

Jika kalian suka merawat dan menanam tanaman, ampas teh bisa menjadi pengganti pupuk agar tanaman tumbuh subur. Taburkan ampas teh sekitar tanaman dan dibenamkan ke dalam tanah. Cara ini sukses dipraktikkan banyak ibu-ibu di sekitar rumah saya.

Bagaimana? Banyak sekali kan manfaat ampas teh untuk keperluan kita! Jadi mulai sekarang jangan buah ampas teh celup setelah dikonsumsi ya!

2 comments:

  1. ternyata banyak banget ya manfaatnya.. boleh di coba nih

    ReplyDelete
  2. Menyuburkan tanaman juga ternyata. Tahu gitu kusebar aja di pot. Soalnya mau dipake buat mata eh malah udah kena gulanya

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)