Follow Us @soratemplates

Saturday, September 15, 2018

Mendorong Kemampuan Koginitif Bayi 0-3 Bulan


Kemampuan menerima informasi tentang dunia sekitar akan mulai muncul sejak bayi bunda lahir ke dunia. Kemampuan ini sangat dibutuhkan karena sangat penting dalam tahap perkembangannya. Beberapa tanda munculnya kemampuan yang disebut kemampuan kognitif ini bisa dilihat walau cukup samar bagi bayi baru lahir.

Bunda bisa memperhatikan dengan seksama bahwa bayi melakukan hal kecil yang membentunya belajar tentang lingkungan baru dan memproses informasi yang baru didapatnya. Kemampuan koginitif bayi 0 sampai bulan ini mencakup:

Meresepon suara di lingkungannya

Si kecil mungkin akan berhenti bergerak dan tiba-tiba terdiam ketika ia mendengar suara baru. Ia juga bisa menunjukkan ekspresi terkejut saat mendengarkan suara yang lantang atau mendengar sesuatu yang belum pernah ia dengar.

Merespon Suara ibu

Saat di rahim suara ibu masih samar, namun berbeda saat ia dilahirkan, ia akan mendengar suara ibu dengan jelas untuk pertama kalinya. Rasanya senang sekali melihat respon nya mendengar suara ibu, biasanya bayi akan lebih tenang saat menangis jika mendengar suara ibunya. Bahkan ketika mulai membesar bayi akan cepat menoleh ketika mendengar suara ibu.

Memainkan tangan

Saat berumur 0-3 bulan, bayi senang memainkan tangannya sendiri. Ia akan terus memainkan tangannya saat tahu ia mulai bisa menggerakkan tangan. Semakin lama bayi akan makin banyak bereksplorasi dengan tangan. Mengepal, lalu akan lebih terbuka saat bertumbuh besar.

Mendorong Kemampuan Koginitif Bayi 0-3 Bulan

Setelah mengetahui kemampuan kognitif bayi 0-3 bulan, bunda bisa melakukan hal berikut ini untuk mendorong atau menstimulasi si kecil agar kemampuan kognitifnya makin berkembang dengan baik.

  1. Aktif mengajak bicara si kecil untuk mendorong perkembangan intelektualnya. Bunda bisa ceritakan mengenai benda-benda atau kegiatan yang bunda lakukan. Hindari penggunaan TV karena input yang diberikan tidak sama untuk mengajarkan cara berkomunikasi ke anak.
  2. Membacakan buku sejak hari pertama kelahirannya akan membantunya berkomunikasi dengan baik. Bunda bisa menggunakan soft book untuk menunjukkan gambar dan membantunya menggerakkan tangan agar menyentuh dan merasakan tekstur buku.
  3. Ajak si kecil bernyanyi  untuk menenangkan dan membuat nya lebih ceria. 

1 comment:

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)