Follow Us @soratemplates

Saturday, September 29, 2018

Mengenal Yaki, Monyet Hitam yang Terancam Punah


Halo pembaca happyummi.com!Sudah pernah dengar tentang Yaki nggak? Ituloh yang sering disebut sebagai monyet hitam. Mudah sekali membedakannya dengan primate lain. Seluruh tubuhnya berwarna hitam, pantas saja disebut monyet hitam.

Monyet hitam yang punya nama latin Macaca Nigra ini adalah hewan asli Sulawesi Utara. Disana monyet ini dikenal dengan ma Yaki. Ukuran badannya cukup besar. Tingganya sekitar 44-60 cm, berat badannya sekitar 7-15 kilogram. Monyet hitam suka hidup berkelompok biasanya terdiri drai 5 sampai 7 ekor. Oya, yaki memiliki beberapa ciri khas, yaitu ada jambul di kepalanya, wajahnya tidak berbulu. Moncongnya menonjol dan pantatnya berwarna merah muda.

Yaki, Suka Membuah Biji di Jalanan Hutan

Selain suka makan dedaunan, biji, bunga, umbi dan buah, Yaki juga suka makan beberapa jenis serangga juga siput, cacing dan ular. Yaki punya kantong di pipinya. Ia suka menyimpan makanan di kantong pipinya itu. Lalu sambil berjalan, ia suka mengunyah makanan dan membuang biji-biji buah di jalan yang terlewati.  Itulah sebabnya Yaki disebut sebagai binatang yang membantu penyebaran tumbuh-tumbuhan di hutan.


Saat ini Yaki sudah hampir punah. Selain kehilangan tempat tinggalnya, juga karena banyak diburu orang. Karena semakin sedikit jumlahnya, pemerintang melarang orang berburu Yaki. Wah sayang ya! Jumlahnya saat itu tak sampai 5.000 ekor. Sebagian besar Yaki tinggal di Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus, Sulawesi Utara.

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)