Follow Us @soratemplates

Friday, October 26, 2018

Tips Memilih Mukena yang Nyaman untuk Ibadah


Bagi seorang muslimah, mukena merupakan hal wajib yang harus dimiliki untuk beribadah setiap harinya. Mukena bertujuan untuk menutupi aurat saat melaksanakan ibadah sholat. Pemilihan mukena tentulah harus mempertimbangkan aspek kenyamanan agar sholat menjadi khusuk. Saya pernah membeli beberapa jenis mukena yang cantik tapi ternyata sangat panas saat digunakan. Jadi sekarang lebih hati-hati lagi memilih mukena.

Oya ada beberapa tips yang bisa kita perhatikan saat memilih mukena.


Memilih Model yang Tepat

Tips memilih mukena yang pertama adalah menentukan model yang tepat. Tujuannya supaya ibadah terasa nyaman di segala kondisi. Saat ini, mukena terdiri dari beberapa model. Pertama, model konvensional, terdiri dari bawahan dan atasan yang diikat dengan tali atau karet. Model ini paling cocok untuk dikenakan di rumah. Kedua, model terusan, hanya satu potong mukena terusan, menyerupai gamis panjang dengan tutup kepala, paling pas dipakai saat salat di luar rumah. Ada juga model tanpa tutup kepala, terdiri dari dua potong atau satu potong layaknya mukena biasa namun bagian atasnya terbuka, tanpa tutupan kepala. Model ini pas banget untuk kamu yang sedang bepergian dan malas menata ulang hijab yang sedang dikenakan.

Pilih Bahan yang Lembut dan Bagus

Bagi saya bahan adalah hal yang sangat penting. Selain mempertimbangkan modelnya, kamu juga harus selektif dalam memilih bahannya. Bahan mukena biasanya direkomendasikan  adalah yang berbahan katun karena memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Jadi, selama kamu salat, kamu tidak akan merasa kepanasan ataupun gerah. Selain itu, bahan katun juga cukup ringan, mudah dibawa ke mana-mana.
Nah selain itu ada pula mukena prada yang merupakan mukena berkelas untuk muslimah yang fashionable. Di desain khusus dari bahan prada terbaik dengan motif yang detail, berkelas dan elegan.  Dengan bahan prada yang sangat nyaman digunakan. Di websitenya kita bisa buka, ada jual mukena prada yang cantik sekali.

Pemilihan warna dan ukuran

Mukena dibuat dengan banyak model dan warna. Untuk di rumah, sebaiknya pilihlah model dengan banyak motif dan bewarna gelap atau terang. Hal itu bertujuan agar mukena tidak cepat terlihat kotor ataupun pudar meski sering digunakan. Sebaliknya, mukena yang digunakan untuk bepergian sebaiknya berwarna lembut, seperti putih, gading, atau krem. Warna-warna lembut ini tidak akan terlihat terlalu mencolok dan bikin kamu jadi pusat perhatian. Selain itu pilih ukuran yang pas dengan postur tubuh. Jangan memaksakan diri membeli mukena yang kecil atau kebesaran agar karena motifnya yang cantik. Pastikan kalian nyaman mengenakannya.

1 comment:

  1. Mukena emang harus pilih yg nyaman ya Mbak, agar ibadah jg tenang & nyaman. Tipsnya oke banget nih...

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)