Follow Us @soratemplates

Friday, November 16, 2018

Resep Nasi Tumpeng Sederhana

Nasi tumpeng adalah salah satu makanan tradisional yang sering di sajikan untuk berbagai acara. Warna Kuning yang identik di nasi tumpeng merupakan lambang kemakmuran , kekayaan dan juga kerucut yang disimbolkan sebagaik gunung emas ini memang sangat identik dengan berbagai peresmian, syukuran atau pernikahan.

image : royaltumpeng.com

Cara membuat nasi tumpeng memang sedikit rumit karena membutuhkan kesabaran mengingat prosesnya yang cukup lama. Namun kita bisa membuatnya sendiri  dan berkreasi dengan ide kreatif ketika menghias nasi kuning. Umumnya membuat bentuk kerucut menggunakan cetakan yang tersedia di pasar akan tetapi untuk bentuk lain dapat disesuaikan dengan selera. Kita bisa menambah hiasan seperti anyaman yang terbuat dari kacang panjang ataupun dengan daun pisang di pinggir tumpeng kuning untuk mempercantik tampilannya. Berikut bahan dan cara membuatnya:

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Nasi Tumpeng Sederhana

Bahan Utama

3 liter beras,kemudian cuci hingga bersih
1/4 liter santan kental

Bahan bumbu

1 sdm kunyit,lalu parut, kemudian juga rebus dalam air sebanyak 50 cc air,saring hingga keluar dari ampasnya
2 lembar daun pandan, lalu bentuk menjadi simpul
1 sereh memarkan
 3 lembar daun salam
Garam secukupnya (biasanya 1 sendok makan)

Bahan Pelengkap

Perkedel, Dendeng, Sapi, Tumis ,Tempe ,Telur dadar yang diiris
Bahan Untuk Hiasan
 Kacang Panjang, Tomat, Wortel bentuk bunga di rebus, Cabe merah, Daun Pisang, Mentimun

Cara Membuat Tumpeng

1. Langkah pertama santan dan juga kunyit disatukan bersamaan dengan daun pandan, daun salam , sereh dan juga berikan garam kemudian didihkan
2. Lanjutkan dengan mengukus beras menjadi setengah matang,kukus di dalam panci
3. Kemudian tuangkan santan yang sudah mendidih hingga menyerap di dalam beras yang sudah di kukus Aduk , kemudian kukus kembali hingga matang.
4. Sedangkan untuk menghias nasi tumpeng kuning dapat disesuaikan dengan selera anda,begitupula dengan tambahan lauk pauk dan sayuran dalam penyajian.

Nah, jika kita tidak mempunyai cukup waktu untuk membuat nasi tumpeng sendiri, kita lebih baik memesan di tempat pembuat Nasi Tumpeng yang sudah dikenal.  Untuk wilayah Jakarta Selatan kita bisa pesan Nasi Tumpeng Jakarta Selatan dengan Royal Tumpeng. Pemesanan bisa dilakukan secara online dan diantar langsung.

No comments:

Post a Comment

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)