Follow Us @soratemplates

Sunday, November 25, 2018

Selain Mudik, Ini Loh Tradisi Unik Hari Raya Idul Fitri

Idul Fitri adalah menjadi momen hari raya yang begitu dinantikan umat Islam di Indonesia. Apalagi biasanya saat idul fitri akan ada libur nasional yang cukup lama untuk bisa dimanfaatkan jadi ajang mudik dan liburan bersama keluarga.

Ya, tradisi mudik ke kampung bagi para perantau digunakan untuk silaturahmi setelah lama tak bersua dengan sanak dan saudara. Biasanya menjelang lebaran berbagai tiket kedaraan akan cepat sekali habis terjual. Meskipun harga tiket melambung tinggi, tapi hal itu tidak dipedulikan demi bisa berkumpul dengan keluarga di hari spesial.

Selain mudik ada banyak tradisi yang berbeda di hari raya Idul Fitri. Tradisi daerah ini membuat hari raya semakin meriah!

Takbir Keliling

takbir keliling (sumber : tribun news)

Wah, saya rasa tradisi ini menjadi salah satu yang paling umum ya ada di setiap daerah termasuk di daerah saya. Biasanya malam sebelum hari raya idul fitri di Indonesia ditandai dengan takbir keliling juga takbir yang digemakan di masjd-masjid. Takbir ini menjadi penanda kemenangan kita yang sudah menahan nafsu selama melaksanakan puasa. Takbir keliling biasanya diadakan untuk bekeliling kampung dengan membawa obor.

Tumbilotohe – Gorontalo

Tumbilotohe – Gorontalo (sumber : kompas)


Di gorontalo, tradisi unik idul fitri akan sangat terasa meriah dengan adanya Tumbilotohe . Nah di tradisi ini 3 hari menjelang hari raya idul fitri, warga Gorontalo akan memasang lampu minyak di depan rumahya. Adapun lampu yang dipasang disesuaikan dnegan jumlah anggota keluarga. Konon katanya ini adalah tradisi turun temurun hingga sekarang. Cantik banget ya jadinya rumah dan masjid jadi terang benderang sekampung.

Grebek Syawal


Nah ada tradisi unik yang hanya ada di Indonesia termasuk  Yogyakarta yaitu grebeg syawal. Tradisi ini menyimpan budaya yang kental dan dilakukan pada 1 Syawal dengan membawa gunungan lanang ke Masjid Gede Kraton Yogyakarta. Gunungan ini merupakan simbol sedekah sultan kepada Rakyat Yogyakarta dan nantinya akan didoakand an dibagikan kepada masyarakat.

Malam Karbit –Pontianak

malam karbit pontianak (sumber : travelingyuk.com)

Tradisi Malam Karbit adalah tradisi yang menandai Hari raya idul fitri di Pontianak pada saat malam takbiran. Warga yang tinggal di sekitar tepi sungai Kapuas akan membuat meriam karbit berukuran besar yang nantinya akan dinyalakan pada saat malam takbiran yang juga dijadiakn ajang perlombaan. Setiap kelompok yang punya meriam saling membunyikan meriam yang bisa terdengar hingga radius lebih dari 3 KM untuk selanjutnya dinilai oleh juri.

Tradisi Ngejot di Bali


Di Bali, umat muslim merayakannya dengan membarikan hidangan kepada tetangga. Hidangan tersebut dibagikan tanpa memandang latar belakang agama yang ada. Tradisi ngejot sendiri sudah berlangsung sejak lama dan dapat dijumpai di desa-desa ataupun daerah perkotaan di Bali.

Merencanakan Idul Fitri Bersama Keluarga

Tradisi unik selama lebaran jadi bikin rindu yan untuk segera pulang kampung dan mudik ke kampung halaman. Nah, tahun depan siapa nih yang berencana untuk mudik? Di tahun 2019 libur nasional dan cuti bersama akan jatuh pada tanggal 3-17 Juni. Cukup panjang untuk mudik dan liburan.

Untuk memudahkan rencana mudik idul fitri , kita baiknya mempersiapkan rencana perjalanan mulai dari sekarang dengan memanfaatkan paket tiket pesawat dan hotel yang

disediakan Traveloka. Bisa lebih menghemat bujet dengan berbagai potongan harga dan promo yang disediakan bisa sampai 20%. Nah uang sisanya bisa untuk beli oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman.



Memasan paket tiket pesawat+ hotel di Traveloka ternyata gampang dan saving time dibandingkan harus memesan secara terpisah. Oiya saat mau membayar tersedia juga beragam metode pembayaran seperti transfer & ATM, sampai kartu kredit dan PayLater.



Gimana, punya rencana liburan idul fitri nanti atau mau liburan akhir tahun ini?Yuk cek kapan hari libur nasional dan rencanakan mudik bersama keluarga. Oya jangan lpa pesan tiket pesawat + hotel di traveloka agar liburan jadi mudah, hemat dan menyenangkan.

29 comments:

  1. Kalau di beberapa daerah masih seru ya tradisi menyambut Idul Fitri. Saya belum pernah menikmati langsung tradisi seperti itu. Di sini biasa aja suasananya

    ReplyDelete
  2. Di daerah tempat tinggalku sekarang, masyarakatnya juga suka pasang lampu minya di depan rumah dan sepanjang jalan setiap perayaan hari raya Idul Fitri. Bagus deh apalagi kalau udah jelang malam gitu dibarengi suara takbir

    ReplyDelete
  3. Jadi inget Siak Riau, disana juga tiap jelang hari raya idul fitri selalu nyalain lampu minyak,wafatnya dari bekas botol minuman kaca yang sedang

    ReplyDelete
  4. Emang bener ya, Indonesia itu kaya akan tradisi. Nilai lebih yang harus dijaga.

    ReplyDelete
  5. Di daerah saya masih ada Takbir Keliling, dan saya juga masih suka ikut. Seru dan ramai. Warga begitu antusias..

    Liburan akhir tahun ini kayaknya saya masih di sekitaran Pulau Jawa saja. Pengen ke Bali tapi liburannya cuma bentar :(

    ReplyDelete
  6. kalau di daerah saya takbir keliling yang rutin diadakan saat malam lebaran Iedul Fitri

    ReplyDelete
  7. Liburan kami tidak bisa di prediksi, kak...
    Kadang saatnya orang mudik, suami malah ada deadline kerjaan.
    Semoga tahun ini bisa di rencanakan jauh-jauh hari.

    ReplyDelete
  8. Tumbilotohe sepertinya menarik. Belum pernah mampir ke Gorontalo nih. Semoga sampai sekarang masih ada yaa

    ReplyDelete
  9. Di Kepri dan Riau ada tradisi Festival Lampu Colok. Nah ini tradisi menyalakan lampu di setiap gerbang kampung dan ternyata indah banget kalau di foto.

    ReplyDelete
  10. Pake aplikasi Traveloka ini emang bisa ngapain aja ya mba. Banyak hal yang ditawarkan. Cakep deh! :)

    ReplyDelete
  11. Aku jadi kangen Ramadhan dan Iduk Fitri nih mba.. semoga kita semua diperemukan dengan Ramadhan dan Idul Fitri tahun deoan ya mba.. aamiin

    ReplyDelete
  12. Hampir setiap daerah punya tradisi unik ya menjelang idul Fitri para ulama terdahulu memang smart agar bisa menyandingkan adat dengan syariat

    ReplyDelete
  13. unik banget ini Tumbilotohe baru tahu aku tradisi ini mba :p ternyata banyak juga tradisi Idul Fitri yang belum aku tahu di daerah2 lainnya. Kalau aku sih biasanya pawai takbir keliling mba

    ReplyDelete
  14. Aduh, liat2 ini aku jd pengen idul fitri di tempat mbah di jawa. Disana tradisinya ngangenin ya. Kalo di Banjarmasin sini ga ada yg spesial banget. Heu

    ReplyDelete
  15. Aku tuh paling suka kalau ikutin pawai obor. DLu pas masih tinggal di Ambon sering lihat pemandangan ini. Skarang udah jarang. Hehhe

    ReplyDelete
  16. Ah jadi kangen ngumpul keluarga kalo baca tradisi lebaran di tiap daerah

    ReplyDelete
  17. serunyaa tradisi lebaran di nusantara kita yaah
    sukaaa, indahnya keberagaman

    ReplyDelete
  18. Wah, unik juga ya tradisi Tumbilotohe. Baru tau loh ada tradisi seperti itu. Jadi pengin melihatnya langsung di Gorontalo.

    ReplyDelete
  19. Semuanya menarik, masyaAllah kangen lebaran lagi nih jadinya Mummi
    Bismillah semoga kita masih bisa menikmati lebaran tahun depan nanti aamiin

    ReplyDelete
  20. Di wilayah tempat tinggal bunda juga ada tradisi saling bertukar dan mengantar penganan khas lebaran. Jd kangen suasana itu.

    ReplyDelete
  21. Waktu kecil, saya sering ikutan takbir keliling. Seneng banget rasanya mbk. Tapi sayang, saat ini takbir keliling sudah jarang dilakukan.

    ReplyDelete
  22. Waktu kecil, saya sering ikutan takbir keliling. Seneng banget rasanya mbk. Tapi sayang, saat ini takbir keliling sudah jarang dilakukan.

    ReplyDelete
  23. Di kampungku tiga tahun terakhir ini malam takbir paling rame dan di nanti karena ada pawai obor. Semoga idul fitri selanjutnya tetap ramai.

    ReplyDelete
  24. Keren iya kegiatannya...indahnya kebersamaan di Hari Raya Idul Fitri...

    ReplyDelete
  25. Seru ya mbak kalau bisa mudik, saya lebaran gak pernah mudik karena kebetulan keluarga besar banyakan di Jakarta. Jadi biasanya kalau mudik, diluar liburan idul fitri atau liburan anak-anak biar aman sentosa

    ReplyDelete
  26. Yang Gorontalo pasti meriah banget ya, lampu satu perumah saja kalo kompak satu kampung udah keliatan terang, apalagi ini sesuai anggota keluarga. Kalo di kampung saya cuma ada takbir keliling. Itu pun lebaran kemarin gak ada.

    ReplyDelete
  27. Aku baru tahu soal tradisi ngejot ini Mbak... Udah desember, bentar lagi tahun baru terus ramadhan dan idul fitriii

    ReplyDelete
  28. Tiap daerah punya tradisi merayakan hari rayanya masing-masing.
    Demi memeriahkan kebersamaan yang datang setahun sekali di Hari Raya Idul Fitri.

    ReplyDelete
  29. Seru juga malam karbit ya..., Mana suaranya gede sampai radius 3 km..

    Ga kebayang yang rumahnya dekat...dipaksa ikutan liat ke luar..dirumahnya. Gak kan bisa tidur...he2

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)