Follow Us @soratemplates

Wednesday, December 12, 2018

Belajar Berhitung dengan Caterpillar Finger Painting


Anak usia dini memang cepat banget nangkap dan menghafal kalau kita sebagai orangtua rutin mengajarkan mereka hal-hal baik dan bermanfaat. Namun yang mesti diperhatikan adalah cara penyampaian materi yang tepat. Belajar melalui bermain, gitu yang selalu difokuskan dan saya pelajari saat menjadi guru PAUD di curup.

Metode belajar melalui bermain akan membuat mereka happy juga tujuan yang dicapai akan kesampaian. Nah untuk belajar berhitung, jangan dipaksakan mereka hafal angka dan berhitung. Tiap anak juga beda-beda, ada yang cepat ada yang lambat. Jadi nikmati saja, toh bakat mereka juga beda-beda. Yang penting bunda dan ayah tetap semangat menemani dan membimbing mereka.


Nah kemarin ummi dan ubay belajar berhitung dengan gambar caterpillar (ulat). Nah caranya mudah banget. Ummi menyiapkan satu lembar kertas yang agak tebal (bisa kertas manila atau karton) . Lalu digaris membentuk 10 kolom.


Tuliskan angka 1 hingga 10 dan gambarlah wajah caterpillar. Siapkan pewarna makanan. Lalu umi meminta ubay untuk menempelkan bulatan ekor sesuai angka di sampingnya. Misalnya, angka satu maka bulatan ekornya satu begitupun seterusnya.

Nah seru kan. Berhitung tapi menyenangkan.
Silahkan dicoba dirumah bunda ^_^

10 comments:

  1. Metode visual ini ya mbak,, lebih mudah dipahami kayaknya..

    ReplyDelete
  2. cara baru berhitung nih.. boleh dicoba hehe

    ReplyDelete
  3. Menyenangkan banget belajar dengan cara ini pasti ya mbak.. Nanti ku mau coba juga..

    ReplyDelete
  4. baru ngeuh kalo badan caterpillar nya sesuai sama urutan angka, hihi ^^

    ReplyDelete
  5. Maulah dicoba buat Athifah. Biar pintar juga kayak dek Ubay ya

    ReplyDelete
  6. Keratif juga ya mbk cara belajar seperti ini, anak juga pasti lebih senang dan mudah memahami

    ReplyDelete
  7. Wah,, ide bagus tuh buat variasi belajar anak. Boleh lah nanti buat anak dirumah coba. Biar gak bosan gitu.

    ReplyDelete
  8. Keren bunda mau coba nanti pas momong cucu kalo anak udah telat ni

    ReplyDelete
  9. Keren bunda mau coba nanti pas momong cucu kalo anak udah telat ni

    ReplyDelete
  10. Makin pintar aja ya dek ghazy sama abang ubay..

    ReplyDelete

seperti hujan yang membawa kehangatan, sampaikanlah rindu untuk sang Penanti :)